Jelasnggak

Bagaimana membuktikan Tuh@n itu Ada(bagian 9)

Posted on: July 5, 2009

Taruhan Pascal.
(The Pascal’s wager)

 

PascalPada dasarnya argument ini tidak membuktikan bahwa TuH@n itu ada, tetapi argument ini membuktikan bahwa mempercayai TuH@n adalah hal yang lebih masuk akal daripada tidak mempercayai Tuh@n.

Argument ini dikenal dengan nama Pascal’s Wager untuk mengenang ahli matematika, dan Filosoper terkenal asal perancis yang hidup di abad ke 17. 

Para saudara-saudara kita kaum atheis tidak akan pernah mengatakan secara pasti 100% bahwa TuH@n itu tidak ada. Kebanyakan dari mereka adalah agnostic. Agnostic itu dalam bahasa Yunani berarti “tidak memiliki pengetahuan”.
Seorang Agnostic adalah seorang yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai apakah TuH@n itu ada atau tidak ada.

Jika kita tidak tahu apakah TuH@n itu ada atau tidak, maka apakah langkah paling masuk akal yang akan kita ambil ?
Jika tidak ada bukti-bukti yang mendukung apakah TuH@n  itu ada atau tidak, maka langkah apa yang terbaik yang harus kita ambil ?
Betul. Kita bertaruh. Kita memilih, apakah kita harus percaya Tuh@n ada, atau sebaliknya.

Bertaruh percaya kepada TuH@n, adalah taruhan yang paling masuk akal. Karena, jika Tuh@n memang benar ada, dan anda bertaruh untuk memilih TuH@n, maka anda akan menang.
Sebaliknya, jika Tuh@n tidak ada, dan anda bertaruh untuk tidak memilih TUH@n, maka yang anda dapat adalah tidak ada.

Jadi menurut Pascal, satu-satunya taruhan yang paling mungkin dalam hal apakah Tuh@n ada atau tidak, adalah memilih untuk percaya bahwa TuH@n ada.

 ————————–

Jika kita tidak tahu tahu apa itu kebenaran, maka kita harus mencari tahu kebenaran itu.  Bayangkan, fikirkan, bertanya dan cari tahu. Bahkan jika kita tidak percaya kepada Yesus, kita masih bisa percaya akan janji Yesus : “CARILAH MAKA ENGKAU AKAN MENDAPATKANNYA”.

Marilah sama-sama kita gunakan prinsip ini. Carilah maka engkau akan mendapatkannya.

Jika anda bertanya-tanya tentang apakah atom itu ada, maka silahkan melakukan eksperiment untuk membuktikannya : Lihatlah atom menggunakan mikroskop elektron. Jika anda bertanya-tanya apakah Ratu pantai selatan itu ada, maka silahkan lakukan eksperiment dan penelitian untuk membuktikan keberadaan Ratu itu : Pergilah ke pantai selatan, gunakan kapal selam, dan camera, dan carilah.  Jika kita bertanya-tanya dalam hati mengenai apakah seekor monyet dapat diajarkan untuk berbicara seperti manusia, maka silahkan lakukan eksperimen dan penelitian untuk membuktikannya : kumpulin beberapa monyet dan latihlah mereka.

Jika anda bertanya-tanya tentang apakah atom itu ada, maka silahkan melakukan eksperiment untuk membuktikannya : Lihatlah atom menggunakan mikroskop elektron. Jika anda bertanya-tanya apakah Ratu pantai selatan itu ada, maka silahkan lakukan eksperiment dan penelitian untuk membuktikan keberadaan Ratu itu : Pergilah ke pantai selatan, gunakan kapal selam, dan camera, dan carilah.  Jika kita bertanya-tanya dalam hati mengenai apakah seekor monyet dapat diajarkan untuk berbicara seperti manusia, maka silahkan lakukan eksperimen dan penelitian untuk membuktikannya : kumpulin beberapa monyet dan latihlah mereka.

Jika kita bertanya-tanya dalam diri kita apakah Tuh@n itu benar-benar ada atau tidak, maka silahkan juga lakukan eksperimen : Berdoa!
Kita bisa berdoa meskipun kita adalah seorang agnostic atau skeptik seperti berikut ini :

Oh Tuh@n, saya tidak tahu apakah Engkau ada atau tidak ada. Saya mungkin berdoa kepada sesuatu yang tidak ada. Tapi saya mungkin juga berdoa kepada sesuatu yang nyata, yaitu engkau Tuh@n. Jika Engkau ada, izinkan saya mencari dan mendapatkan Mu. Sebab meski saya tidak tau apakah Engkau ada atau tidak ada, saya tahu bahwa saya harus jujur terhadap diri saya sendiri, dan saya harus percaya kepada kebenaran.

44 Responses to "Bagaimana membuktikan Tuh@n itu Ada(bagian 9)"

Saya sudah baca seluruh artikel anda. terimakasih, masuk akal dan logika saya, karena selama ini saya tidak pernah merasa mengenal TUHAN, benar-benar sebuah pencerahan…kira2 kalau mau jadi pengikut anda kemana? caranya bagaimana? atau saya harus ketemu anda? sekalian bisa kenal anda? terus ada ibadah yang harus dijalani kayak yang lain2 itu nggak?

Salam kenal dari manusia yang sedang terombang ambing.

sudah nonton film DOUBT belum?
kepastian itu sama menjebaknya dengan keraguan, katanya.

“i am gonna have fun upsetting you” dari sini aja kebaca kalo niat sampeyan jelek.
saya sebagai orang yang pengetahuan agamanya kurang (jelas lebih pinter sampeyan, karena paparannya…wuiihhh…kumplit-plit -terlepas benar atau salah-) , saya rasa kayaknya gak ada deh agama yang mengajarkan para pemeluknya untuk berniat jelek (ini baru niat lho) sama orang lain. inget : orang lain. tanpa memandang apapun agama yang dipeluknya. hehe.
kalo saya gak upset baca tulisan sampeyan, dan saya juga gak tau apa sampeyan merasa fun ato gak. so, salam kenal deh.

@jancuk
upsetting itu kan, bisa sekedar merepotkan atau sedikit membikin bingung dan akhirnya tertantang untuk argu. atau to defeat sb in a competition, discussion, sports game, dll. janganlah menjadi worry atau feel unhappy gara gara itu.

bagaimana? kok pertanyaannya ga dijawab ya…
apakah anda terlalu sibuk?
mohon jawaban…

Halo Jessica.

Sori, saya kelupaan.

Saya bukan nabi Jes, jadi ngga perlu mengikuti saya. he he he
Kalau kamu tanya kepada saya (seorang kristen), maka jawaban saya adalah, berdoa, undanglah Yesus ke dalam hatimu, tapi lakukan dengan penuh kesadaran dan pengharapan. Inilah yang paling penting untuk dilakukan dulu. Mintalah supaya kamu diberi petunjukNYA. Kemudian, bacalah injil. Pertama kali baca injil, pasti kamu akan merasa aneh. Jangan takut untuk mengkritik isi injil itu. Kalau ada kejanggalan, silahkan cari jawabannya . dimana saja bisa. Yesus berkata, Mintalah, maka akan diberikan, carilah, maka engkau akan mendapatkan, silahkan datang ke gereja setempat. Dimana kamu tinggal, pasti ada gereja. Kalau mau datang ke gereja katolik (sama seperti saya), ya silahkan. Lalu, jangan patah semangat jika kamu dikecewakan oleh anggota gereja dimana kamu pergi. Sebab yang kamu cari itukan TuH@n.

Hidup Orang kristen itu bagaikan jika kita melihat pertandingan sepak bola yang kita sudah tahu hasilnya. Apapun yang terjadi di pertandingan sepak bola itu, kita sudah tau hasilnya.
Semua orang kristen itu akan kembali kepada Bapa di surga, karena semua dosa mereka telah di tebus di kayu salib. Segala kesusahan dan kesulitan hidup akan dengan mudah kita lewati, karena kita sudah tahu hasil akhirnya. Iya ngga?

Gitu dulu, nanti sambung lagi…

salam.
ps.

Hidup Orang kristen itu bagaikan jika kita melihat pertandingan sepak bola yang kita sudah tahu hasilnya. Apapun yang terjadi di pertandingan sepak bola itu, kita sudah tau hasilnya.
Semua orang kristen itu akan kembali kepada Bapa di surga, karena semua dosa mereka telah di tebus di kayu salib. Segala kesusahan dan kesulitan hidup akan dengan mudah kita lewati, karena kita sudah tahu hasil akhirnya. Iya ngga?

—–>>>> kalo hasil akhir sudah diketahui, ngapain repot2 beribadah ke gereja boz??? sama aja, kalo dah tau nilai yang keluar berapa kita ga usah repot2 belajar toh pinter ato gak nilainya sama (coz dah keluar)….

Gampang jawabnya. Beribadah ke gereja untuk memuji Tuh@n. Sebagai tanda terima kasih kita dan cinta kita kepadaNYA.

dicuplik dari Concise Oxford Dictionary 10th Edition.

upset

· v. /Vp”sEt/ (upsetting; past and past part. upset)
1 make unhappy, disappointed, or worried.
2 knock over.
3 disrupt. Ø disturb the digestion of (a person’s stomach).
4 [often as noun upsetting] shorten and thicken the end or edge of (a metal bar, wheel rim, or other object).
· n. /”VpsEt/
1 a state of being upset.
2 an unexpected result or situation.
· adj.
1 /Vp”sEt/ unhappy, disappointed, or worried.
2 /”VpsEt/ (of a person’s stomach) having disturbed digestion.
– DERIVATIVES upsetter n. upsetting adj. upsettingly adv.

ya berhubung saya gak pintar2 amat, maka saya cuplik saja dari kamus. mmm…kalo saya perhatikan di film2 sih kalo ada yg bilang “she’s so upset” ataw “he’s so upset” disitu terlihat kalo orang yg dibicarakan tsb “kesel/jengkel/marah”.

jadi, pertanyaan utamanya adalah sampeyan ini sebenernya mau ngapain sih nulis di blog ini?

Yak…

(biar cepet)

he he hee he..

terima kasih pencerahannya…injil yang dibaca itu yang perjanjian yang mana ya?setau saya ada yang lama ato baru. trus yg dibaca yang mana?
Dulu waktu kecil saya sekolah diTK katholik, tapi terus SD smpe SMA negeri jadi waktu sekolah ikut agama katholik, tapi sebenarnya hanya ikut saja, ke gereja juga hampir ga pernah, soalnya lingkungan banyak orang islam dan orang tua ndak pernah ngajari ke gereja…,
ooo…jadi boleh juga ya ke gereja katholik? klo di daerah saya ada gereja kristen jawa boleh saya kesana?

@jessica

Kamu boleh baca perjanjian baru dulu. Kalau dulu saya nanya ke diri saya sendiri, apakah benar Yesus itu adalah Tuh@n. Lalu saya cari di dalam Injil (Perjanjian baru itu namanya injil, Alkitab itu adalah Perjanjian Lama + Perjanjian Baru).

Ke gereja mana saja boleh. Terserah. Tapi nanti kalau ada waktu saya akan menulis mengapa saya tertarik ke katolik. Intinya sih, di dalam katolik saya merasa lebih khusuk. Meskipun banyak yang bilang membosankan, tapi saya tidak. Saya senang mendengar suara koor yang menggema, senang keheningan, senang karena ada sahadat (dimana kita selalu mengucapkan credo tentang Tuh@n yang esa, dan Yesus yang adalah TuH@ yang menjelma menjadi manusia ), senang dengan nyanyian yang berbau latin, kadang jawa he he he dan mendayu-dayu.
Pokoknya enak lah.. (yang pasti, jidat saya ngga benjol karena kejedut lantai… he he he sori slim…)

Pertama, undang Yesus,
Baca injil, cari tau tentang Yesus.

gitu aja dulu.

@Jesicca
Saya tidak akan mengganngu anda dalam keyakinan anda, saya hanya ingin menjawab SI Jelas Nggak.
Menurut Saya didalam PB tidak akan ditemukan kata2 Yesus yang mengatakan dirinya adalah Tuhan yang Patut disembah.

Justru Yang mengatakan adalah orang2 yang tidak Se Jaman dengan Yesus,,,
Paulus adalah bukan Murid Yesus.
Paulus dkk adalah justru yang memburu murid Yesus karena para murid yang langsung mendapat pengajaran dari Yesus lah yang mendapatkan pengajaran bahwa Allah satu2nya Tuhan Yang Benar.
Ironisnya mereka mati terbunuh oleh para pencetus trinitas yang mempertuhankan Yesus.

Bung Jelas Nggak …. Apa anda sependapat dengan saya?

Salam

@Jesica
Anda ingin membaca tentang perang Salib?

http://masyono9.wordpress.com/2009/06/22/perang-salib-islam-dalam-peperangan/

@masyono.

Kristiani itu sudah mengakui bahwa perang salib, pembunuhan galileo, inkuisi dst adalah salah dan tidak sesuai dengan ajaran kristen itu sendiri.

Demikian juga Yahudi, telah membuang hukum rajam mereka..

ngga tau ya kamu..?

Kapan dong Muslim membuang ajaran yang memperbolehkan kawin dengan anak mantu, poligami, dan pembunuhan non muslim…?

Kapan dong muslim mengakui bahwa ajaran itu salah….?

Ngga bisa kann…? Karena muslim telah terlanjur ngaku bahwa ajaran mereka datang dari langit….. ngga mungkin salah…. ngga mungkin dihilangkan…… jadi yaaaaaa….. mau tidak mau harus dibiarkan… dan dipertahankan sampai mati….nah.. kalau orang seperti kita mengkritik, muslim ngga akan bisa membelanya dengan jawaban yang rasional,,,…. mereka menjawab dengan menuduh menghujat islam…

kan gitu…

Ali sina benar lagi…

salam

@jelasnggak : Murid TKku yang manis, artikelmu ini terlalu normatip. Pertama : Tidak kamu jelaskan menangnya dimana. Konsep Pascal Wager itu bukan pasti menang anak manis. Dari sisi yang percaya Tuhan : kalo Tuhan ada untung, kalo Tuhan tidak ada nggak rugi dan nggak untung. Di sisi lain dari sisi atheis kalo Tuhan ada , dia rugi kalo nggak ada ya sama nggak rugi dan nggak untung, maka pasang taruhannya pada percaya Tuhan. Tetapi untuk penajaman artikelmu biar nggak terlalu malu-maluin kalo berhadapan sama atheis beneran. Mestinya kamu bahas juga bantahan dari atheis terhadap Pascal Wager.

Ada beberapa hal yang perlu dilihat dalam Pascal Wager :

1. Menurut atheis Daeng Fatah temenku yang narcis itu. hi hi hi. Tuhan yang dipercayai manusia itu ada banyak. Ada ribuan deh pokoknya, jadi kalo asumsinya tiap umat beragama percaya dengan Tuhannya masing2, probabilitas kemenangan juga sangat kecil sebenarnya kalo dilihat dari Pascal Wager.

2. Mengaitkan iman dengan taruhan sebenarnya juga aneh. Masak Tuhan bisa ditipu dengan model menang-menangan kayak gicu. Manusia beriman bukan karena iman tetapi sekedar taruhan. Kalo anggap saja ada agama yang pemeluknya banyak apakah sedemikian mudahnya seseorang pindah agama gara-gara itu.

Saya lumayan setuju kamu pada artikel ini . Nggak usah sok gaya ya saya katakan pada artikel ini lho. Yang lain ya urusan lain lagi.

Tetapi karena Pascal Wager adalah argumentasi yang kebesaran gaya dari sisi umat beragama tetapi dengan berat hati saya katakan sudah sangat basi bila argumentasi ini dihadapkan dengan atheis beneran, bagusnya kamu elaborasi tulisanmu lebih dalem sedikit , biar nggak cuma kelihatan retorika tapi nggak ada isinya. Hi hi hi.

Salam jell
GBU

ntar gue jawab…

njenengan iki naru napung wae isone..

@lovepassword.

1.TuH@n ada banyak atau tidak itu irrelevant.
Kan taruhannya adalah ADA atau TIDAK ADA Tuh@n.

2. Saya-nya tu laa liit.. sori.. omongan kamu ngga jelas

3. Coba panggil ateis di sini gih.. pengin nyoba ..

bisa terangin kenapa ada perjanjian lama dan perjanjian baru?

ntar mo beli bukunya…

@jessica.

Perjanjian lama itu isinya kebanyakan mengenai perjalanan hidup bangsa Yahudi. Semuanya ada di situ. Dari mulai kisah adam dan hawa, sampai kelahiran Yesus. Sedangkan Perjanjian baru itu isinya mengenai Yesus. Semua ajaran yesus, kisah yesus, dst. tertulis di PB. Kenapa ada PL dan PB..? Semenjak Yesus datang ke dunia, maka Perjanjian antara TuH@n dengan umat manusia diperbaharui. Dalam PL, untuk Tuh@n memberikan cara kepada manusia bagaimana caranya agar bisa kembali kepada Tuh@n. Ini dikenal dengan hukum taurat. Kitab yang banyak memuat perjanjian lama itu adalah kitab imamat (plus yg lain – saya lupa). Di dalam kitab itu dituliskan bahwa untuk bisa bersatu dengan Tuh@n, maka manusia harus melaksanakan hukum dari A – Z. Nah, di dalam perjanjian baru, Tuh@n memberikan OPTION bagi manusia. Caranya gampang. Dengan percaya kepada Yesus saja.

Begitulah salah satu alasan kenapa ada PB dan PL

salam

percaya yesus sebagai Tuhan ato nabi?karena dalam “Bagaimana membuktikan TuH@n itu ada(Bagian 8)” kalimat terakhir -Semua orang mengagumi Yesus (bukan sebagai orang gila, melainkan sebagai seorang nabi)-
berarti yesus nabi ya?

percaya yesus sebagai Tuhan ato nabi?

Dua-duanya.

makanya, baca injil dulu, biar ngerti…

salam

@jelasnggak

terimakasih artikelnya, benar2 menjawab Tuhan ada atau tidak.
terus terang saya menantikan tulisan anda mengapa memilih katolik.
terimakasih

buku injilnya tebel…tulisannya bahasa indonesia biasa, ndak ada yang menarik…jadi males mbacanya…maaf ya..bye..bye injil

@jessica

Sebut saja Dia Nabi, Neng, supaya menarik.
Sebutan Tuhan pun tidak menjamin keselamatan.
Sebutan lainnya masih cukup banyak, Guru, Pelayan dll.

Sing penting tau dulu pekerjaan-Nya,
Hayati kebenaran pekerjaan-Nya itu,
Itu udah lumayan menarik, kali!

Salam Damai!

@jelasnggak : Hi Hi hi, Nih kubahas topik yang sama . INTIP ya :

http://lovepassword.blogspot.com/2009/07/ateis-menjawab-gambit-pascal.html

“ADA” atau tidak ada tuhan, the live must go on. Kayaknya kita satu iman, yakni golongan kafir. Kafir juga termasuk golongan orang yang beriman lho, tetapi cara berimannya tentu beda dengan orang yang beragama.

Dimana perbedaanya? ya kalau golongan kafir percaya/beriman bahwa “sesungguhnya tak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki PENGETAHUAN tentang tuhan. Yang ada hanyalah sekadar KEYAKINAN”.
Hanya tuhan yang TAHU tentang tuhan. Jika ada manusia yang mengaku TAHU tentang tuhan, berarti orang tersebut gila, edan, sinting.

Sedangkan orang yang beragama percaya bahwa nabi mereka adalah utusan tuhan yang telah diberi mandat penuh oleh-Nya untuk menyampaikan semua perintah-perintah-Nya melalui bisikan ghoib/wahyu.

Nah, saya kira golongan orang kafir menolak mentah-mentah konsep wahyu tuhan yang dikaitkan dengan kenabian seseorang. Bagi kafirisme, WAHYU ADALAH SUMBER KEBOHONGAN atas nama tuhan. Sedangkan bagi orang yang beriman/beragama menempatkan wahyu adalah sumber KEBENARN ABSOLUTE yang datangnya dari Awloh.

Nah, kapan ketemunya? ya gak bakalan ketemu, wong yang satu ngalor yang satu ngidul. Bedanya lagi, kafirisme tidak pernah ingin membunuhi orang yang beriman/beragama sekalipun orang-orang beragama sangat antipati dan sangat membeci terhadap golongan kaum kafir, ITU PENDAPAT SAYA PRIBADI LHO, GAK TAHU SAYA KALAU ADA GOLONGAN KAFIR YANG LAIN YANG BERNAFSU UNTUK MEMBUNUH KAUM BERIMAN.

Tak jelas memang siapa sesungguhnya yang membenci golongan kafir, nabinya atau tuhannya. Mungkin karena nabi JENGKEL. KESEL , NGAMBEK DAN kesulitan dalam menghadapi kaum kafir, maka nabi mewadulkan –walah apa iki yo, maksudnya mengandakke tepatnya mengadu– kepada tuhannya, maka nabi serta merta mendapat bisikan ghoib “ya udah kalau mereka merintangi perjuanganmu bunuh ajalah., gitu aja repot. Catat ini aku –maksudnya awloh– yang bilang” he…he…he… aku ngarang dewe lucu ya?

Itu tambahan penjelasan dari saya, satu lagi yang ingin saya tanyakan, menurut anda apa sih yang dimaksud dengan “ADA” itu? sebab kan tidak mungkin sesuatu yang tidak ada kita katakan ada, ini namanya bohong. Sebaliknya tidak mungkin yang ada kita katakan tidak ada, ini juga sami mawon ngapusi.

Dengan demikian bilakah kita bisa berkata ADA? apa syarat-syaratnya supaya kita bisa berkata ADA? apakah ada harus berujud? bagaimana yang tidak berujud? bisakah dikatakan ADA? yang tidak berujud misalnya IDEA. Bagaimanakah kita bisa mengatakan bahwa idea itu ada? padahal dia tidak berujud? Juga termasuk disini adalah TUHAN, mengapa kita bisa berkata tuhan itu ADA?

Sekali lagi apa yang disebut ADA itu? thank u, mohon cepat direspon ya?

Wah susah juga kalau disuruh mendefinisikan apa itu ada mas..

Saya taunya cuman begini :

Ada itu lawannya dari tiada.
Ada itu ada, karena adanya tiada.
Jika tiada tidak ada, tidak mungkin ada itu ada.
Supaya ada itu ada, tiada juga harus ada.

Tambahan.

Ada itu tidak selalu harus ada (secara fisik kasat mata).
Kadang tiada pun bisa disebut ada.

Ada kadang ada ujudnya
Ada kadang tiada berujud, contohnya idea itu tadi.

Kita bisa berkata Tuh@n itu ada karena kita memiliki idea,
yang meski tiada ujud, tapi tetap ada.

yeaghh…

.
.
ada-ada saja.

Saya sangat menyakini adanya Tuhan
Tuhan saya ada sebelum terciptanya alam semesta , jagat raya dan seluruh makhluk karena Tuhanlah yang saya yakini telah menciptakan semuanya,pencipta tentulah terdahulu dari semua ciptaannya,
Tuhan saya kekal abadi ,tidak pernah berubah apalagi hancur atau hilang karena saya yakin Tuhanlah yang telah mengatur,memperbaharui,mengubah dan menghancurkan semua makhluk hidup maupun makhluk mati,pengubah dan penghancur tidak mungkin hancur dan berubah.
Tuhan saya mempunyai wujud yang berbeda , wujud Tuhan saya tidak mungkin bisa dibandingkan,disamakan,dibayangkan atau diserupakan dengan wujud semua makhluk ciptaannya,wujud pencipta tentulah sangat berbeda dengan wujud ciptaannya,
Tuhan saya sempurna tidak cacat dan mulia,kesempurnaan dan kemuliaan Tuhan saya tidak mungkin bisa dihinakan oleh makhluk ciptaannya,pencipta tentulah lebih mulia dan berkuasa atas semua makluk ciptaannya.
Tuhan saya tidak memerlukan tempat ,ruang dan waktu karena Tuhan saya tidak terikat ,Tuhan saya bebas tanpa beban,Tuhan sayalah yang telah menciptakan tempat,ruang dan waktu tentulah pencipta tidak akan tersiksa dengan semua hasil ciptaannya.
Tuhan saya satu,karena Tuhan saya maha segala – galanya,Tuhan saya tidak membutuhkan teman,saudara, ataupun kekuatan lain yang sama dengan yang dimilikinya,tidaklah bisa dikatakan maha pencipta bila ada saingan yang lain yang setara dalam penciptaan.
Tuhan saya sangat dibutuhkan semua makhluknya dan bukan sebaliknya.
Walau saya tidak mampu melihat wujud Tuhan saya dengan mata kepala tapi hati saya menyakininya.
Saya yakin Tuhan selalu memperhatikan dan menjaga saya setiap saat.
Saya yakin konsep Ketuhanan yang diyakini Islam.

@ hamba,

Tuhan saya tidak memerlukan tempat ,ruang dan waktu karena Tuhan saya tidak terikat ,

>> Jadi sembahyangnya jangan ke batu sana. Juga, sembahyangnya jangan pake2 waktu segala…

@CB

sholat arahnya ke Baitullah dan sholat ada waktunya.
baik sholat wajib dan sunnah ada waktunya.

Sholat ke arah kiblat itu menandakan keseragaman arah, itu melambangkan satu tujuan, satu barisan, satu Tuhan

ada waktunya itu melambangkan kedilsiplinan, ketegasan.

jadi kalau saya katakan engkau tidak punya tujuan hidup, kedisiplinan dan ketegasan, itu wajar2 saja.

@ Filar Biru,

Wah ini jawapan dari muslim pinter…nah yg pinter2 aja (termasuk lovepassword & Putri) saya tidak perlu ajakin ke FK, yang tolol bin bebal saja spt ibeng & Lambok…

@ Ibeng dan Lambok,

Ayuh ke FK.com nter saya jadikan kalian lebih baik dari Muhammad, bagaimana? How pathetic…

@ Comix boy

kamu kata;
Tuhan saya tdk membutuhkan ruang dan waktu,karna tuhan saya tidak terikat.
Tuhan tidak terikat ruang dan waktu ???,
tapi terikat perjanjian bodoh dngn Adam dn anak cucu nya,dngn mengorbankan yesus bin kalam..!
bagaimana kamu bisa mengajar saya, agar lebih pintar dari Muhammad ?
sedang Tuhan kamu masih lebih pintar saya, apalagi loe anak buahnya tuhan..!

ha.. tdk terikat ruang dan waktu

@ Ibeng,

Anda tidak menjawab apa2.

Tidak seperti Filar Biru, anda muslim yang tolol yg tidak tau apa2 tapi ngomong sebesar mulut singa, cuma sangat disayang, anda tidak punya taring…

Hahaha…how pathetic, orang nanya solat dijawab Adam…stupid idiot moslem!!!

@ Comic boy

Tidak membutuhkan tempat,maksudnya apa ya ?
itu si kalam ngapain aja ngelayap d pasar dan berjemur d tiang..!

@ Comet boy

Setiap muslim dan mengerjakan sholat 5 waktu,maka akan memberikan jawaban yng sama,jika ada yng menanyakan tujuan sholat.
Lah..! kamu sendirg ko’ yng sesumbar, akan mengajari saya agar lebih pintar dari Muhammad..?
sedangkan tuhan yng kamu yakini bertindak ‘BODOH’, dengan menyorbankan si kalam alias yesus..
Bapa macam apakah tuhanmu yng mempekerjakan si-anak sebagai tumbal, hingga harus menderita d tiang j-e-m-u-r-a-n..?

@ Ibeng,

Hey muslim idiot, kok ngomongnya ngga karuan, saya tidak menanyakan tujuan solat, mengerti? Menjawab aja ngga nyambung…tapi sibuk dengan urusan agama orang lain…how pathetic!!!

@ Comet boy

orang bijak adalah;

Bila kita melakukan sesuatu tentu kita harus tau tujuannya bukan !!
orang islam sholat bukan asal sholat,tapi ada maksuk and tujuaannya neng..!
ada yng ingin d puji mertua dll..
lah kamu yng sok2an cinta kasih, buktinya mana ?
apa solusi mu untk mengatasi pergaulan bebas kaya d erofah yng mayoritas kresten itu ?
lah,,! Tuhan kamu ko’ yang gak jelas2 amat berkunjung,cuma Cari mampus d tiang..!
loe yang goblok sok’ pinter ko’ , pake’ sesumbar mau ngajari aku agar lebih pintar dari Muhammad.?
Saya tanya ya,yesus apanya Tuhan ?
kalau aku bilang Tuhanmu berkunjung,kamu marah..!
memang susah..

yang terikat waktu itu manusia,yang diwajibkan sholat lima waktu bukan Tuhan tapi muslim. sholat menghadap ka’bah membuktikan manusialah yang terikat dengan tempat dan sejarah.

Betul bung cosmis, jadi ibadah minggu sudah gak perlu lagi, pokoknya suka2 jemaat gitu kan?

Hidup Paus Cosmic….hip hip hureeeeey……

hihihihihiihih……
soalnya kalo gak minggu ga libur boz…
coz ibadahe nunggu nek libur, nek gak sibuk…

iya bung, semakin lama semakin gak jelas aturan mereka, semua di trabas seenaknya, ya emang benar bahwa ayat yg ditulis seenak udelnya sendiri sesuai pikiran mereka masing-masing membuat mereka semakin jauh tersesat.

Leave a Reply

Yang nggak Seneng Poligami :

  • 198,551 orang
