Jelasnggak

Apa Guna dan Untuk Siapa kah Ayat ini ?

Posted on: February 14, 2010

Al Maidah (5) :116   berbunyi,

Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib-gaib”

Seorang teman muslim pernah berkata bahwa ayat tersebut adalah ditujukan kepada kristen aliran maryam. Benarkah demikian adanya ?

Kristen aliran maryam adalah pemeluk kristen yang meng-anggap maryam (maria) sebagai TuH@n, selain Bapa dan Yesus.

Sekarang, apakah para pengikut aliran maryam masih ada ?  Jika sudah tidak ada lagi, berarti ayat itu adalah ayat yang tak berguna lagi pada waktu sekarang.

11 Responses to "Apa Guna dan Untuk Siapa kah Ayat ini ?"

…niru ma dewo….

… watching …

@ JE,

Tapi poligami masih kekal…mungkin ayat2 yg enak-enakan bagi mereka, itu masih kekal?

JEL….OOOO. JEL—–OOOOO

“Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?” . Ayat ini maksudnya manusia===>jadikanlah manusia sebagai Tuhan selain Allah?. sampai detik ini masih ada manusia yang diTuhankan.

kata aku dan ibuku merupakan setali 3 uang. Anggap aja Tuhan Maryam udah gak ada, tapi Anaknya Maryam yang jadi Tuhan Yesus masih ada.

menurutmu seandainya manusia sudah tidak lagi pada membunuh, masihkah perlu ada hukum dilarang membunuh???

maaf ya mas dewo, mas parhobass dan mas cosmic, kebetulan lagi buka, eh untuk thread ini sudah ada komentarnya…. bukan bermaksud melangkahi yang sedang ‘watching’

Bang wedul, ini perasaan saya aja atau bagaimana ya? kok sepertinya penjelasannya agak kurang2 nyambung….
dalam kalimat itu bukankah ada tanda “..”

dalam EYD tanda petik digunakan untuk;
Mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan dan naskah atau bahan tertulis lain. Contoh:
“Saya belum siap,” kata Mira, “tunggu sebentar!”
Saya adalah sebagai kata ganti Mira

nah sedangkan dalam ayat tersebut
“Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”
Bukankah kata aku sebagai kata ganti Isa? mengapa tiba2 digeneralisasi menjadi kata ganti manusia?
Mungkin bang wedul bisa menjelaskan kepada saya…

ADA2 AJA KAMU, tanda petik itu mengapit kalimat dialog, baik langsung atau tidak langsung.

Kalimat itu sebenarnya bukan hanya tertuju ke Isa atau Maryam tetapi semua makhluk. Isa atau Maryam hanya mewakili dari sejumlah makhluk yang telah diTuhankan

oh begitu mas wedul?
Maafkan saya kalau kurang begitu mengerti bahasa indonesia.

Mas Wedul,
Kalau Allah mengetahui apa yang ada dalam diri putra Maryam, apakah hal itu termasuk perkara ghaib? Maafkan saya kalo terlau bodoh dalam hal itu.

salam

Ayat tersebut bisa saja ditujukan pada semua makhluk, tapi yang paling mengena adalah pada penganut Marianisme (–>bidat).

Kalau dikenakan pada orang Kristen, paling-paling dijawab “So what? Lha wong kami ndak pernah menyembah Maria”

Maaf ya saya nyampuk.Bukan bererti bila kaum meryamis udah nggak ada makanya ayat itu nggak relevan.Ada atau nggak ada kita nggak bisa tau kan?Orangnya munkin nggak Tapi,pemikirannya tetap ada lo!Pengajaran ayat tetap kekal lo sampai kiamat.”Al ‘ibrah bi ‘umuumil lafzh laa bi khusuusis sabab”-Pengajaran drpd ayat di ambil drp lafaznya yg umum bukan dgn sebab yg khusus.Harap maklum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yang nggak Seneng Poligami :

  • 198,551 orang
%d bloggers like this: