Jelasnggak

Martir Pertama di Indonesia : Romo Sandjaya

Posted on: October 6, 2010

Sandjaja dilahirkan di desa Sedan, Muntilan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, pada tanggal 20 Mei 1914. Ayahnya bernama Willem Kromosendjojo, bekerja sebagai pembantu perawat di sebuah klinik Katolik yang dipimpin oleh missionaris Yesuit di Muntilan. Ibunya bernama Richarda Kasijah, dari keluarga katolik yang baik. Sandjaja mempunyai dua kakak perempuan dan seorang kakak laki-laki. Salah satu dari kakak perempuannya menjadi suster Fransiskan.

Sejak masa kanak-kanak Sandjaja sangat terkenal disekolahnya karena kepandaiannya. Dia masuk di SD Katholik yang dipimpin oleh para Bruder. Karena kecerdasannya, maka tidak mengherankan bahwa beliau lebih suka belajar dari pada bermain dalam hari-hari senggangnya. Beliau seorang yang berkepribadian sederhana, rendah hati, jujur dan terbuka terhadap satu sama lain. Beliau sangat suka memperhatikan hidup doanya, rajin mengikuti misa harian di gereja, dan sering mengunjungi gua Maria di Desa Sendangsono, untuk berdoa dan berefleksi. Ketertarikannya untuk menjadi imam berkembang ketika beliau masih di SD.

Beliau diterima di seminari setelah dia lulus dari SMA. Beliau hidup dalam kesucian yang luar biasa selama di seminari. Beliau ditahbiskan sebagai imam diosesan pada tanggal 13 Januari 1943 di Muntilan. Setelah pentahbisannya, beliau terpilih sebagai pastor paroki di Muntilan. Beliau mendapat banyak kesulitan karena situasi perang, namun demikian beliau sangat kuat dan percaya akan penyelenggaraan Ilahi, dan dengan alasan itulah beliau dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik sebagai pastor paroki yang sangat bijaksana dan disukai oleh seluruh umat paroki Muntilan. Untuk beberapa kali bangunan Gereja dirusak oleh tentara perang yang tidak senang dengan karya missi. Walau begitu, beliau tetap tabah dan disemangati oleh umat parokinya untuk memperbaiki dan membangun kembali gereja mereka. Bagi umat parokinya, beliau selalu menunjukan kesederhanaannya, bijaksana dan memperhatikan sesama dalam seluruh hidupnya sebagai seorang pastor paroki. Meskipun banyak kesulitan, beliau dapat menjaga hubungan baik dengan pemerintah resmi.

Selama penjajahan Jepang tahun 1942 – 1945, banyak gereja yang dirusak dan kekayaan mereka dirampas. Dalam situasi seperti itu, Sandjaja harus melarikan diri dan bersembunyi di desa-desa untuk keselamatan sampai keadaan membaik. Selanjutnya, beliau dapat kembali ke parokinya untuk membangun kembali gerejanya. Kemudian, beliau mendapat tugas baru untuk mengajar di Seminari Tinggi di Yogyakarta, dan untuk membantu paroki tetangga di Magelang. Pada tahun 1948 beliau terpilih sebagai guru dan Rektor di Seminari Menengah di Muntilan. Beliau selalu menunjukkan sikap kesediaannya untuk membantu Gereja dimanapun dan bagaimanapun kondisinya, dan beliau melakukannya dengan baik.

Pada tanggal 20 Desember 1948, beliau menyelamatkan hidup teman imamnya dan seminaris dalam Seminarinya dengan menyerahkan dirinya kepada kelompok Muslim ekstrimis yang tidak menyukai umat Kristen dan para missionaris. Pemuda kauman Muntilan merampok dan membakar sebagian dari komplek persekolahan di Muntilan. Delapan pemuda itu yang belakangan diketahui berasal dari kelompok orang-orang Hisbullah itu menculik imam dan frater. Dia adalah Romo Sandjaja, Pr dan Frater Herman A. Bouwens, SJ.

Bersama seorang seminaris Yesuit dari Belanda itu mereka disiksa dengan kejam, lalu dibunuh secara keji oleh pembrontak Muslim di lapangan terbuka di daerah pinggiran Muntilan. Jenazahnya bergelimpangan di sawah antara desa Kembaran dan Patosan. Dengan cepat Bapak Willem dan anaknya, Yohanes Redja pergi ke tempat tersebut. Mereka menyaksikan jenazah Frater Bouwens telanjang bulat dan hidungnya disumbat dengan kayu runcing. Mukanya rusak berlumuran darah, sementara badannya biru memar bekas pukulan-pukulan hebat. Romo Sandjaja hanya mengenakan kaos dalam. Kedua kakinya dari bawah hingga ke atas penuh luka-luka kecil bekas tusukan upet (puntung api) Bahu dan badannya membiru bekas pukulan. Tengkuk dan dahinya berlubang tertembus peluru pistol. Sangat mengerikan!

Berat sekali penganiayaan bengis yang dilakukan oleh gerombolan yang tidak bertanggung jawab terhadap pencinta Tuhan ini. Jenazah mereka disapu dengan handuk kemudian dikubur di situ juga. Makamnya tidak dalam. Pemakaman ini dilakukan sekedar untuk menghilangkan jejak saja. Dua rohaniwan itu menjadi korban fanatisme yang sempit. Jenazah keduanya lalu dimakamkan kembali secara besar-besaran pada tanggal 5 Agustus 1950 di Kerkhop Muntilan. Dengan khidmat peti-peti mayat diusung oleh pramuka dan anggota-anggota Angkatan Udara dan dimakamkan di tempat pendiri Gereja di antara orang Jawa, yaitu Romo van Lith yang sudah beristirahat sejak tahun 1926.

Beliau menjadi salah satu martir pertama yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Bagi kita, Sandjaja telah menjadi symbol ketabahan, kesucian, kesederhanaan, kesetiaan dan Kasih abadi Kristus Tuhan Kita.

Sumber : ekaristi.org

99 Responses to "Martir Pertama di Indonesia : Romo Sandjaya"

Pagi cah….

Pagi..

sudah baca kisah martir di atas..?

kejam juga penganiaya itu yaa..

ck..ck..ck

Hkbp bekasi sebentar lagi… (ah mudah2an tidak)

Salam.

janganlah sampai penatua sihombing jadi martyr, hanya agar gereja HKBP bisa berdiri teguh di ciketing
semoga Tuhan segera menyadarkan hati orang2 yang selalu mengutamakan kekerasan dalam mewujudkan niatnya yang penuh kejahatan, karena mereka sesungguhnya diinisasi oleh sang iblis.

ya benar mr esek-esek !
iblis bercangcut , prikitiew!!!!!!!!

Sedih sekali membaca kisah Romo Sandjaya. Dulu saya pernah mendengar cerita kemartirannya. Dan juga kesucian & pengabdian Romo Sandjaya yang begitu dalam kepada Tuhan.

Sayang sekali masih saja ada orang barbar yang demikian kejinya.

GBU

Benar-benar bengis bro..!

duch!!!!!!kachian-kachian, mas romo candanya!!!!! ckckckckck

Kasihannn…!
upil d lobang hidungpun d korek2…

cangcut butut dipake-pake, prikitiew!!!!!!!

BOROK di jidat d tutup-tutupi,d biarin membusuk lagi…

wah beng, ane ibadah ga pake jidat. ga tahu deh kalau elo ibadahnye pake jidat dijedut2in ampe item borokan:mrgreen:

@ upil sok cerdas

kepahlawanan ente cuma sebesar upil,,tapi dengan bangganya anda korek2,ampe dalem..borok d wajah anda,di tutupi,entu liat portugis dn belande,bawa2 pendeta ente sebagai tipu muslihat…busuknya ampe sekarang orang indon bodoh2 kaya ente..

ie, ente ibadahnya sambil liatin otongnya jesus…..ngomong2 panjang otong jesus berapa ya???
prikitiew!!!!!!!!

Seseorang itu hanya akan menjadi syahid atau martir jika perjuangannya adalah berlandaskan kebenaran.Dalam kasus Romo Sandjaya oleh karena perjuangannya adalah tidak berlandaskan kebenaran maka dia tidak dikira martir.Itu hanya dikatakan si zalim yg dianiaya oleh orang zalim yg lain.Kejahatan yg dilakukan oleh muslim terhadapnya juga adalah kejahatan yg dilakukan oleh muslim bukan oleh Islam karena jelas oknum yg melakukan hal tersebut kepadanya adalah orang yg berjuang di dalam keadaan jahil tentang ajaran Islam sehingga mereka terlepas hadis ini
yang mana Rasulullah saw sabda
: “Jika kalian menemukan musuh
kalian maka bunuhlah, namun janganlah kalian membakarnya dengan api,
sebab tidak boleh membunuh dengan api kecuali pemilik api neraka.” (HR.BUkhari).Hadis lain ,Tidak boleh menyayat, memotong-motong, ataupun mencincang tubuh
orang yang terbunuh. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh
Imran bin Hushain, beliau RadhiaLlahu ‘anhu berkata : “RasuluLlah
memerintahkan kita bersedekah dan melarang memotong-motong tubuh orang
yang terbunuh.” (HR Abu Dawud dengan sanad yang shahih)
Kemudian ada hadis yg menyebut Daripada Hanzalah al-Katib r.a berkata: “Kami telah berperang bersama Rasulullah s.a.w, maka kami telah melalui di (tempat) perempuan yang dibunuh yang dikerumuni oleh orang ramai lalu mereka berpecah (disebabkan kedatangan Rasulullah s.a.w) maka (Rasulullah s.a.w) bersabda: “Mengapa perempuan ini dibunuh dan siapa yang membunuhnya?”, kemudian (Rasulullah s.a.w) berkata kepada seorang lelaki: “Pergilah kamu kepada Khalid bin Walid dan katakanlah kepadanya bahawa sesungguhnya Rasulullah s.a.w menyuruh kamu dengan berkata: “Janganlah kamu membunuh zuriat (wanita-wanita dan anak-anak kecil) dan ‘a’siif’ (pekerja yang dibayar upah)”. -Hadis riwayat Ibnu Majah (no.2832).

Perkataan “A’siif” bermaksud para pekerja yang dibayar upah bagi sesuatu pekerjaan dan juga para petani dan para pekerja pembinaan. Bahkan ada hadis yg melarang membunuh pendeta yaitu

Pada saat Rasulullah SAW dan pengikutnya menaklukkan Persia dan Romawi, kaum muslimin tidak membunuh bangsa-bangsa yang ditaklukkan itu meskipun mereka kaum musyrik. Kaum muslim tidak membunuh atau menyerang siapa pun kecuali mereka yang berdiri untuk bertempur menghadang pasukan kaum muslimin. Jadi tidak setiap orang kafir harus dibunuh, karena tidak ada izin untuk membunuh setiap orang kafir. Hukuman bagi orang kafir ada di akhirat kelak.

Allah Ta’ala berfirman:

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan Berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil.

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. dan Barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Mumtahanah (60): 8-9)
Ketika perang Mut’ah melawan orang-orang kafir, Nabi berpesan kepada para sahabat : “Jangan membunuh wanita, anak-anak, orang tua, dan jangan mengganggu pendeta-pendeta yang sedang beribadah, dan jangan merusak pepohonan.”
Di dalam islam terdapat ribuan contoh martir yg sebenarnya dalam mempertahankan agama dan tanahair.Salah satunya apa yg telah terjadi di Bosnia Herzegovina tidak lama dulu.

Bagi mengenang jasa2 para pejuang Bosnia berikut saya copas kisah sebagian dari mereka yg telah gugur dalam mempertahankan kebenaran.
1)Abdullah As Syaibani Syahid dalam operasi Black Lion, Mei 1995 pada umur 19 tahun-

Mujahid ini begitu muda, ia baru berusia 19 tahun. Ia seorang yang periang dan berakhlak baik. Saat operasi berlangsung, Abdullah Shaybani dan seorang mujahid lainnya, Abu Muslim al-Yamani, berlari menyerang bersama dengan terpisah beberapa meter. Kemudian keduanya terkena tembakan dan terkapar dalam keadaan luka. Abu Muslim merasakan kesakitan, namun ia tidak berteriak dan hanya mengerang. Abdullah Shaybani yang terkapar tidak jauh darinya menoleh ke arahnya dan berkata, �Harapkan pahala dari Allah, lupakan rasa sakitmu.�

Para mujahidin lainnya kemudian membawa mereka ke rumah sakit, dan alhamdulillah Abu-Muslim pulih dengan cepat. Namun Abdullah Shaybani menderita luka yang lebih parah dan setelah beberapa hari Allah mengangkatnya sebagai seorang syahid. Saat kematiannya, muncul aroma harum yang memenuhi ruangan tersebut. Hal ini disaksikan oleh orang-orang di sana. Inilah bukti Allah menerimanya sebagai seorang syahid, dan inilah tanda dari Allah bagi para mujahidin lainnya, bahwa mereka melangkah di atas jalan kebenaran.

Berkata Rasulullah SAW : Demi Dia yang memegang jiwaku, tidak ada seorang pun yang terluka di jalan Allah, dan Allah paling tahu siapa yang terluka di jalanNya, kecuali dia akan datang pada hari Kiamat dengan luka-lukanya, darahnya akan mengalir keluar dan berwarna merah dan mengeluarkan wangi seperti wanginya misk (kesturi). (HR Muslim).
2)Abu Abdullah al-Libyi, dari Libya. Komandan regu Black Lion. Syahid pada Mei 1995

Komandan operasi Black Lion adalah Abu-Abdullah al-Libyi. Ia datang dari Libya tidak lama setelah perang Bosnia pecah. Sebelumnya ia adalah seorang pengemudi tank di Angkatan Darat Libya. Abu Abdullah menghabiskan tiga tahun berjihad di Bosnia, sebagian besar waktunya dihabiskan di garis depan.

Jika engkau melihatnya, engkau akan tahu bahwa dia begitu pemalu. Bahkan jika engkau duduk berhadapan dengannya, ia tidak berani menatap wajahmu. Jika engkau duduk bersamanya untuk makan, ia tidak mau menjamah makanannya sebelum ada orang lain yang memulai, bahkan meskipun ia sangat lapar. Namun ia begitu berani menghadapi orang-orang kafir. Ia biasa menjadi orang yang pertama mencapai bunker musuh.

Kami melihatnya sebagai perwujudan salah satu ayat dalam al-Qur�an, ketika Allah menjelaskan ciri-ciri orang-orang beriman �asyidda�u alal kuffar ruhamaau bainahum�, keras dan berani menghadapi orang-orang kafir, lemah lembut dan penyayang kepada sesama orang beriman.

Abu Abdullah tidak bersuara keras, tidak banyak bicara namun selalu melakukan tugasnya. Karena itu para mujahidin mencintainya, meskipun ia seorang yang pendiam. Saya teringat pada sebuah Hadits :

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: �Apabila Allah mencintai seorang hamba-Nya, Ia memberi tahu Jibril bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai Fulan, dan menyuruh Jibril untuk mencintainya, maka Jibrilpun mencintainya. Jibril lalu memberi tahu penghuni langit bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai Fulan dan menyuruh mereka juga untuk mencintainya, maka penghuni langitpun mencintainya. Kemudian ia diterima di atas bumi.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Semua mujahid mencintainya. Mujahid ini, ia melakukan misi reconnaissance (pengintaian) yang memakan waktu selama tujuh bulan. Ia melakukan pemetaan dan pengintaian pada sebuah daerah bergunung-gunung sepanjang tiga kilometer. Daerah ini benar-benar sangat strategis, terlebih lagi bagi para tentara Serbia.

(Catatan : Daerah yang dimaksud adalah pegunungan Vlasic di Bosnia bagian utara. Pada perang dunia ke II, pasukan Hitler berupaya untuk merebut gunung ini dari tangan Serbia selama lima tahun lamanya, namun selalu gagal. Begitu pula dalam perang Bosnia, upaya pasukan Angkatan Bersenjata Bosnia selama tiga tahun untuk merebut daerah ini selalu gagal. Pada tanggal 10 September 1995, mujahidin asing dan pasukan Angkatan Bersenjata Bosnia melakukan operasi militer bersama untuk merebut daerah ini dengan nama sandi Operation Badr.)

Abu Abdullah menghabiskan tujuh bulan mengintai dan memetakan daerah ini. Ia melakukannya pada malam dan siang hari, dalam cuaca seperti apapun. Ia selalu pergi sendirian, dan mematikan radionya. Ia mendekati bunker Serbia, kadang-kadang begitu dekat hingga para tentara Serbia membuang sampah pada Abu Abdullah tanpa menyadari nya.

Karena itu Abu Abdullah mengenal tiga kilometer tersebut seperti telapak tangannya sendiri. Maka setelah pengintaian selama tujuh bulan, misi penyerangan dilakukan. Alhamdulillah, Allah memberikan kami kemenangan dan ketiga gunung itu jatuh dalam waktu hanya enam menit (!). Banyak tentara Serbia tewas dan kami mendapatkan banyak senjata.

Setelah misi ini selesai dan kemenangan telah jelas berada di tangan mujahidin, tiba-tiba sebuah peluru sniper (penembak jitu) Serbia mengenai Abu Abdullah al-Libyi, dan ia pun syahid.

3)Abu Abdullah ash-Sharqi, syahid di pegunungan Vlasic, Bosnia, pada hari Jumat pagi setelah malam Lailatul Qadr, tanggal 25 Ramadhan, 1995.

Ia mempunyai seorang saudara laki-laki yang syahid di Afghanistan. Abu Abdullah datang ke Bosnia pada tahun 1994. Ikut ambil bagian dalam operasi untuk merebut gunung tertinggi di Bosnia, pegunungan Vlasic, pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Selama sembilan jam ia berjalan bersama para mujahidin lainnya menempuh jalan yang ditutupi salju tebal dalam keadaan berpuasa. Para mujahidin menawarkannya makanan dan ia mengambilnya, hanya untuk dimasukkan ke dalam sakunya. Hal ini ia lakukan agar tidak ada yang mengetahui bahwa ia sebenarnya sedang berpuasa, karena ia kuatir Amir (komandan) akan menyuruhnya berbuka. Banyak mujahidin yang hadir pada malam itu meyakini bahwa malam itu adalah malam Lailatul Qadr.

Malam itu Abu Abdullah bermimpi melihat dirinya syahid akibat sebuah peluru di tenggorokannya setelah ia menewaskan dua tentara Serbia. Dalam operasi keesokan harinya, mujahidin memperoleh kemenangan dan berpikir semua bunker musuh telah direbut. Tiba-tiba mereka menemukan sebuah bunker musuh yang selama ini menembaki mereka. Saat mereka mendekati bunker tersebut, para mujahidin menemukan dua orang Serbia tergeletak mati di lantai.

Di samping mereka terbaring Abu-Abdullah ash-Sharqi, dalam keadaan syahid dengan satu buah peluru menembus tenggorokannya. Saat itu Abu Abdullah mengenakan sorban yang ia lilitkan pada lehernya. Rupanya peluru tersebut menembus sorban dan leher Abu Abdullah, dan membawa kain sorban di bagian depan hingga menembus leher Abu Abdullah, namun jenazah Abu Abdullah tidak berdarah sama sekali.

Abu Abdullah adalah satu-satunya mujahidin yang syahid dalam operasi tersebut.

4)Abu Ali, dari Kuwait. Syahid dalam operasi melawan Kroasia di Travnik, Bosnia, pada tahun 1993.

Seorang letnan satu pada Angkatan Udara Kuwait, namun ia adalah seorang yang berakhlak baik dan sering melakukan dakwah. Ia dicintai oleh para mujahidin Arab dan Bosnia. Suatu hari ia ditangkap oleh tentara Kroasia bersama Abu Sahar al-Ha�illi (juga telah syahid) di Travnik, namun ia tetap bersabar dalam penyiksaan. Salah satu mujahidin yang ditangkap bersamanya menyarankan bahwa jika ia menangis atau menunjukkan kesakitan, maka para penyiksa akan mengakhiri siksaannya. Abu Ali menjawab,

“Tidak, Insya Allah saya tidak akan menangis.”

Saat ia tertangkap oleh musuh, Angkatan Udara Kuwait memecatnya. Saat Abu Ali mendengar berita ini, ia hanya mengucapkan,

“Alhamdulillah”.

Beberapa bulan kemudian, ia dibebaskan dalam pertukaran tawanan dan kemudian ia ikut dalam sebuah operasi melawan tentara Kroasia. Saat itu ia melintasi sebuah tanah yang ditanami ranjau, dimana salah satu ranjau meledak hingga menghancurkan kakinya, hingga Abu Ali syahid sambil berteriak, “Allahu Akbar, Allahu Akbar!”

5)Abu Bakr Al-Liby, dari Libya. Syahid pada tahun 1995.

Seorang mujahid menuturkan :

�Seorang saudara yang dicintai oleh para mujahidin, ia bertugas dengan ikhlas tanpa ganjalan di hatinya. Suatu hari ia melakukan tugas jaga. Allah mentakdirkan, pada saat itu sebuah roket musuh menghantam tanah di sampingnya dan meledak. Beberapa serpihan roket tersebut menembus lehernya dan ia syahid sekitar sepuluh atau lima belas menit kemudian. Para mujahidin kemudian menguburkannya. Namun pada saat itu mereka tidak mengetahui arah kiblat, sehingga mereka menguburkan Abu Bakr ke arah yang salah. Setelah berlalu satu bulan, syeikh kami berkata,�Kita harus menggali kuburnya dan menguburkannya ke arah yang benar.�

Kemudian kami menggali kuburannya kembali. Tanah di Bosnia keadaannya sama dengan keadaan tanah di Inggris, bahkan lebih becek. Saat kami mendapatkan jenazahnya, kami dapati jenazahnya masih utuh, tidak membusuk, tidak mengeluarkan bau dan bahkan darah masih mengalir dari luka yang ada di lehernya.

Ini adalah sebuah hal yang mengherankan karena saya sudah pernah melihat mayat-mayat orang-orang Serbia, yang baru satu jam mati sudah mengeluarkan bau hingga kami menjauhinya. Setelah satu hari mayat-mayat itu berubah warna menjadi hitam. Seorang kulit putih berubah menjadi hitam! Seminggu kemudian bau busuknya semakin keras � itu keadaan mayat-mayat yang berada di atas tanah, sedangkan saudaraku ini berada dalam tanah selama satu bulan dan jenazahnya tetap utuh.�

�Barangsiapa yang mati dalam keadaan ribath di jalan Allah, maka akan dialirkan kepadanya amal-amal shalehnya yang dulu ia kerjakan, dan dialirkan pula rezeki kepadanya, dan diamankan dari pertanyaan kubur, serta akan dibangkitkan Allah pada hari kiamat dalam keadaan aman selamat dari ketakutan yang amat dahsyat.� (Hadits Riwayat Ibnu Majah dan Thabrani)

6)Abu Bakr Al-Liby, dari Libya. Syahid pada tahun 1995.

Seorang mujahid menuturkan :

�Seorang saudara yang dicintai oleh para mujahidin, ia bertugas dengan ikhlas tanpa ganjalan di hatinya. Suatu hari ia melakukan tugas jaga. Allah mentakdirkan, pada saat itu sebuah roket musuh menghantam tanah di sampingnya dan meledak. Beberapa serpihan roket tersebut menembus lehernya dan ia syahid sekitar sepuluh atau lima belas menit kemudian. Para mujahidin kemudian menguburkannya. Namun pada saat itu mereka tidak mengetahui arah kiblat, sehingga mereka menguburkan Abu Bakr ke arah yang salah. Setelah berlalu satu bulan, syeikh kami berkata,�Kita harus menggali kuburnya dan menguburkannya ke arah yang benar.�

Kemudian kami menggali kuburannya kembali. Tanah di Bosnia keadaannya sama dengan keadaan tanah di Inggris, bahkan lebih becek. Saat kami mendapatkan jenazahnya, kami dapati jenazahnya masih utuh, tidak membusuk, tidak mengeluarkan bau dan bahkan darah masih mengalir dari luka yang ada di lehernya.

Ini adalah sebuah hal yang mengherankan karena saya sudah pernah melihat mayat-mayat orang-orang Serbia, yang baru satu jam mati sudah mengeluarkan bau hingga kami menjauhinya. Setelah satu hari mayat-mayat itu berubah warna menjadi hitam. Seorang kulit putih berubah menjadi hitam! Seminggu kemudian bau busuknya semakin keras � itu keadaan mayat-mayat yang berada di atas tanah, sedangkan saudaraku ini berada dalam tanah selama satu bulan dan jenazahnya tetap utuh.�

�Barangsiapa yang mati dalam keadaan ribath di jalan Allah, maka akan dialirkan kepadanya amal-amal shalehnya yang dulu ia kerjakan, dan dialirkan pula rezeki kepadanya, dan diamankan dari pertanyaan kubur, serta akan dibangkitkan Allah pada hari kiamat dalam keadaan aman selamat dari ketakutan yang amat dahsyat.� (Hadits Riwayat Ibnu Majah dan Thabrani)
7)Abu Hammam An-Najdi, berasal dari Saudi Arabia. Komandan Base Camp �Lion�s Den� (Sarang Singa) di garis depan. Syahid di Zepce, 14 Desember 1995 dalam penyerangan oleh militer Kroasia ketika gencatan senjata, saat dalam perjalanan dari markas mujahidin di Zenica menuju Camp Lion’s Den di Zavidovic. Berumur 24 tahun. Kisah dari orang pertama.
Abu Hammam adalah seorang lulusan universitas di Saudi Arabia, seorang yang terpelajar dan mampu berbahasa Inggris dengan baik. Ia masuk ke Bosnia pada musim panas 1994 bersama Abu Ziyaad An-Najdi (semoga Allah meridhainya). Ia bergaul dengan baik dengan semua mujahid yang ada, membuat setiap mujahidin merasa dihargai, sehingga tidak lama kemudian ia diangkat menjadi Amir (komandan) base camp yang berada di garis depan.

Ia bekerja sangat keras untuk melayani saudara-saudaranya di jalan Allah dan berusaha untuk memudahkan segala hal bagi mereka. Jika para mujahid bertemu dengannya, mereka tidak melihat sosok seorang komandan atau amir, namun seorang teman yang enak diajak berbicara dan berbagi, bahkan tentang masalah sehari-hari sekalipun. Inilah sifatnya yang membuatnya dicintai para mujahidin. Ialah komandan yang memerintahkan misi rescue untuk mencari Abu Mujahid Al-Brittani, mujahid asal Inggris yang syahid dalam operasi Badar di Bosnia.

Pada hari itu, 14 Desember 1995, ia bersama empat mujahidin lainnya disergap oleh militer Kroasia di Zepce. Abu Hammam syahid karena tembakan jarak dekat (point-blank) di kepalanya, bersama empat mujahidin yang bersamanya. Abu Hammam dan temannya, Abu Ziyaad, tiba di negeri Bosnia bersama-sama dan meninggalkannya bersama-sama. Kami memohon pada Allah (SWT) agar mereka berkumpul bersama pula di jannah yang abadi di sisi Rabb Yang Maha Agung.

8)Abu Maryam al-Afghani, dari Afghanistan. Syahid di Illyash, 1992

Seorang mujahid sejak jihad Afghanistan, ia datang ke Bosnia pada tahun 1992. Semua mujahidin Arab dan Bosnia yang melihat Abu Maryam berkata, “Inilah seorang (yang akan) syahid��

Suatu hari ia duduk bersama Abu Qutayfah al-Afghani, Abul Harith al-Bahraini, Abu Muassa alKassoori dan Abu Maidh al-Muhajir. Abu Maidh bertanya pada Abu Maryam:

“Siapa yang akan mengurus anak perempuanmu bila engkau mati?”

Abu Maryam menjawab dengan yakin, “Allah yang akan mengurusnya.� Kemudian ia menunjuk ke arah langit, dan berkata, “Allah, Allah,” kemudian ia menangis. Kemudian keempat mujahidin lainnya ikut menangis bersamanya.

Ia bertawakkal pada Allah SWT. Ia dikenal berakhlak baik, sering berpuasa dan tidak banyak berbicara. Abu Maryam syahid dalam operasi Illyash pada tahun 1992.

Istrinya, Ummi Maryam yang berasal dari Jerman gembira mendengar kabar tersebut. Ia seorang wanita mujahid, dengan sabar menerima kematian suaminya. Suatu hari saudara laki-laki Abu Maryam berniat untuk menikahinya. Ummi Maryam berkata, “Siapapun yang menikahi aku harus memenuhi satu syarat, yaitu ia akan tinggal bersamaku selama lima belas hari kemudian ia pergi melakukan Jihad.”

Saudara Abu Maryam kemudian mengurungkan niatnya. Saudara perempuan Ummi Maryam, yang masih non muslim, terketuk melihat kesabaran saudaranya hingga kemudian ia memutuskan menjadi seorang muslimah. Saat ini alhamdulillah, ia telah menikah dan suaminya pun pergi berjihad.

9)Abu Muaz Al-Kuwaiti (Adil Al-Ghanim), berasal dari Kuwait. Komandan Mujahidin Asing. Syahid dalam operasi Miracle pada tanggal 21 Juli 1995, sebuah operasi militer yang dilakukan untuk merebut kembali wilayah Muslim yang dirampas tentara Serbia. Berumur akhir dua puluh. Kisah dari orang pertama.

Abu Muaz adalah anak seorang gubernur di Kuwait. Ia juga seorang atlet nasional Kuwait. Ia memegang rekor nasional Kuwait dan pernah mengikuti Olimpiade. Abu Muaz mengikuti jihad di Afghanistan selama enam tahun. Dalam masa itu, setiap beberapa bulan ia kembali ke Kuwait untuk menggalang dana dan kesadaran kaum muslimin tentang Jihad di Afghanistan. Ia berkeliling ke masjid-masjid di Kuwait, dan berdiri memberikan ceramah seusai shalat berjamaah, untuk mengingatkan mereka tentang kewajiban membantu saudara-saudara seiman di Afghanistan.

Abu Muaz tiba di Bosnia pada 04 Mei 1994 dan segera dipercaya menjadi komandan mujahidin asing, karena pengalaman militer dan organisasinya selama jihad di Afghanistan. Ia seorang mujahid yang sangat tawadhu. Dalam Operation Miracle di bulan Juli 1995, karena posisinya yang senior, Abu Muaz tidak ditempatkan dalam regu penyerbu. Hal ini membuatnya sangat sedih.

Setelah operasi ini selesai, Abu Muaz pergi ke puncak gunung dan mengkonsolidasi pasukannya. Ia kemudian terkena tembakan di kakinya dan gugur sebagai syuhada. Empat hari kemudian, seorang mujahid yang berasal dari Madinah Al-Munawarrah yang juga berjihad di Bosnia melihatnya di dalam mimpi. Ia melihat Abu-Muaz kembali ke masjid di dalam kamp mujahidin di garis depan.

Mujahid itu menuturkan, “Saya melihat Abu-Muaz bertemu dengan para mujahidin, semua orang tampak gembira bertemu kembali dengannya. Tampak kaki bagian atasnya dibalut, tepat dimana ia tertembak. Saya merasa kesal, bagaimana mungkin ia berada di sini jika ia seharusnya syahid? Maka saya dekati dia, kemudian saya bersalaman dengannya dan bertanya,

‘Abu-Muaz, mengapa engkau di sini? Apakah engkau syahid atau tidak?�

Ia berpaling dan tidak mengatakan apa-apa. Kemudian, saat tidak ada yang melihatnya, ia segera menuju ke pintu keluar masjid. Saya tahu dia akan keluar dan pergi, jadi saya menunggunya di pintu keluar masjid. Ia meninggalkan masjid dan pergi keluar. Kemudian saya melihat sebuah lempengan di bawahnya yang mengangkatnya naik ke arah langit. Saya kemudian mengejarnya, menangkap kakinya dan berkata,

‘Abu-Muaz! Saya mohon beritahu saya apa yang terjadi! mengapa engkau di sini? Apakah engkausyahid atau tidak?� Ia menjawab, ‘Ya, saya syahid.’

Saya bertanya padanya, ‘Seperti apa mati syahid itu?�Ia menjawab, ‘Pada hari operasi itu, sebuah jendela terbuka di langit menuju surga dan semuamujahidin yang akan syahid pada hari itu pergi melalui jendela itu langsung menuju surga.�

Saya kemudian bertanya, ‘Bagaimana rasanya mati syahid?’

Ia menjawab,�Engkau tidak merasakan apapun. Begitu engkau mati, muncul dua gadis cantik berambut pirang yang mengantar engkau ke surga.� Aku bertanya, ‘Seperti apa surga itu?’Abu-Muaz menjawab, ‘Bukan cuma satu surga, tapi banyak surga! ‘

Saya bertanya lagi, ‘Bagaimana dengan kenikmatan dan kesenangannya?�Ia menjawab, ‘Setiap hari dan di setiap tempat.’Abu-Muaz kemudian berkata, �Sekarang lepaskanlah aku.’Maka saya kemudian bertanya pada Abu-Muaz, �Satu pertanyaan terakhir, dapatkah engkau

memberitahu saya, apakah saya akan mati syahid?�

Abu-Muaz mengatakan, ‘Saya tidak dapat mengatakannya padamu’

Maka saya kemudian bertanya, �Dapatkah engkau memberitahu saya, dengan datang dalam mimpiku beberapa hari sebelum saya mati?’ dan Abu-Muaz menjawab, ‘Saya akan mencoba. Sekarang lepaskanlah saya.’

Seorang mujahid lainnya yang mengenal Abu Muaz dengan dekat menceritakan: “Ia seorang yang sangat kaya di Kuwait, namun masih mengingat kewajibannya terhadap Jihad. Ia menghabiskan enam tahun di Afghanistan dan setelah perang Afghanistan selesai, ia datang ke Bosnia. Saudaraku ini berbicara sangat singkat, namun jika ia bicara, ia akan memberikan pelajaran tentang Islam dan berita akan apa yang terjadi di Bosnia. Dan bila ia berbicara, ia membuatmu merasa senang. Bahkan jika berita itu berita yang paling buruk sekalipun, ia membuatmu merasa senang mendengarnya. Karena akhlak baiknya dan pengalaman organisasionalnya, para ikhwan mujahidin memilihnya menjadi komandan seksi mujahidin asing.

Sebuah nikmat yang Allah berikan padanya adalah tafsir mimpi. Para mujahidin biasa bertanya tentang mimpi mereka padanya dan ia akan menjelaskan artinya, dan sangat sering penjelasannya sesuai dengan kenyataan. Saudaraku ini bekerja siang dan malam untuk Islam dan saudara-saudara mujahidin lainnya. Dan pada operasi Miracle Allah mengambilnya sebagai seorang syahid. ”

Ketika masih hidup, Abu Muaz pernah bercanda, �Jika saya mati, jika Allah menerima saya sebagai syuhada, ambillah gambar wajah saya dari kiri ke kanan, agar orang-orang dapat melihat apakah ini wajah seorang Arab atau bukan!� Ia mengatakan ini untuk menjawab orang-orang yang membantah adanya kehadiran mujahidin asing di Bosnia. Nyawanya meninggalkan tubuhnya dengan sebuah senyum khas di wajahnya dan video kamera mengambil gambar wajahnya dari berbagai sudut, sebagai bukti akan dua hal: (i) bahwa ini adalah seorang mujahid asing yang bukan berasal dari Bosnia dan (ii) untuk menunjukkan bahwa sebagian mujahidin syahid dengan senyum di wajah mereka.

Semoga Allah menjadikan engkau tetap tersenyum, wahai Abu Muaz, dan mengangkatmu bersama barisan para Nabi dan para mujahidin yang syahid sebelummu. Amin.

�Sesungguhnya tetesan darah yang pertama kali tercucur dari salah seorang di antara kalian, menjadi sebab dihapuskannya dosa-dosanya oleh Allah, sebagaimana Dia merontokkan dedaunan dari dahan pepohonan, dan dua orang bidadari bergegas menyongsongnya, serta mengusap debu yang menempel di wajahnya, keduanya berkata,�Selamat datang bagimu.� Dan dia pun menjawab,�Selamat datang bagi kalian berdua.� (Hadits Riwayat al-Bazzar dan Thabrani) �Dari Abu Hurairah ra, dia berkata : disebutkan perihal orang yang mati syahid dari Nabi SAW, beliau berkata : Bumi tidak Bumi tidak akan kering dari darah syahid sehingga dua orang istri bergegas menyongsongnya, seolah-olah mereka seperti dua ekor burung yang baru disapih dalam sarangnya di suatu bumi, dan di tangan mereka masing-masing daripadanya ada pakaian yang nilainya lebih baik daripada dunia dan seisinya.� (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

@ilham

perang yang dimenangkan oleh kekhalifahan itu benar apa tidak?

salam

tidak jelas saya apa maksudnya.

@ilham

konon ada beberapa perang yang dimenangkan sejak jaman nabimu sampai ke khalifahan.. dst sampai ottoman…

namanya perang pasti ada pertumbahan darah dan pemaksaan…

nah menurutmu perang itu di hadapan allah Anda benar apa tidak?

salam

Ada yg benar dan ada yg tidak.Karena para khalifah terutama yg hidup pada masa yg jauh dari jaman Nabi dan para sahabat, ramai yg menyimpang dari ajaran Islam dan kehendak al quran yg sebenar.

@ilham

kalau perang yang dipimpin oleh nabimu bagaimana? apakah semuanya benar?

kata Anda:

Ada yg benar dan ada yg tidak.Karena para khalifah terutama yg hidup pada masa yg jauh dari jaman Nabi dan para sahabat, ramai yg menyimpang dari ajaran Islam dan kehendak al quran yg sebenar.

pertanyaan saya, apakah masa yang jauh itu menjadi patokan utama?

salam

intinya yah agama mas @ilham ini isinya perang perang dan perang. bunuh bunuh dan bunuh. sadis cuy.
bagi mereka: mencintai tuhan=membunuh sesama manusia–>insya allah masuk surga (insya allah lho, bukan pasti masuk)
ente kaga perhatiin apa, dari semua agama di dunia cuman agama ente nyang hobi perang. Kristen, Budha, semuanya menekankan cinta kasih. subhanallah.
ckckckck.:mrgreen:

orang yg beriman dan beramal saleh dikatakan insya allah masuk surga.Sungguhpun insya allah tapi insya allah di sini dengan makna pasti karena masuknya orang yg beriman dan beramal saleh itu adalah janji daripada Allah.Janji daripada Allah adalah pasti.Cuma disebut insya allah di sisi kita manusia karena beradab terhadap perkara-perkara ghaib.Soalnya adakah kita pasti bahawa iman dan amal saleh kita benar-benar diterima Allah.Makanya walaupun udah iman dan amal saleh seorang Islam diajar supaya tidak angkuh dan sombong dengan amal2nya.Masih tetap jangan melupakan belas kurnia Tuhan supaya kalau ada yg kurang dalam amal kita harap Tuhan mengampuni.
Soal cintakasih semua agama menganjurkan termasuk islam.Tapi cintakasih itu tidak mutlak.Ada tempat-tempatnya cintakasih itu ditujukan.Masak musuh Tuhan dikasihi.Masak setan dikasihi.Masak orang kayak Firaun dikasihi.Ajaran yg benar tidak membolehkan mengasihi makhluk-makhluk seperti yg disebutkan itu.Fahamkan betul-betul firman Allah ini;
Allah Ta’ala berfirman:

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan Berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil.

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. dan Barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Mumtahanah (60): 8-9).
Dari sinilah para ulama mebagikan orang-orang kafir itu ada yg zimmi dan ada yg harbi.
Sejarah telah membuktikan orang-orang yahudi hanya punya tempat yg aman utk lari daripada penyembelihan-penyembelihan orang-orang kristian setelah berdirinya empayar Islam khususnya kerajaan Islam Andalusia karena Kerajaan Islam menjamin kebebasan beragama.Nabi Muhammad sendiri memberi makan kepada orang Yahudi yg buta.Sayidina Umar khalifah islam kedua sendiri pernah mengecualikan seorang yahudi dari membayar jizyah malah memberi sara hidup dan tempat kediaman kepada yahudi itu karena dia telah uzur dan tua.Seorang hakim bernama Syuraih telah memutuskan bahawa Sayidina Ali khalifah Islam yg keempat tidak berhak menuntut baju perangnya yg diambil oleh seorang Yahudi karena baginda gagal mendatangkan saksi yg mengatakan baju itu kepunyaannya.Kalau anda belajar sejarah madinah,madinah itu asalnya bernama Yathrib lalu Nabi Muhammad menukarnya kepada nama madinah karena nama Yathrib tidak disukai nabi karena mempunyai konotasi keganasan karena Yathrib berarti ‘memukul’.Sayidina Ali menantu baginda pernah hendak menamakan anak lelakinya Harb(perang) lalu dilarang nabi dan baginda menamakannya Hasan(si baik).Kemudian anak keduanya juga hendak dinamakan Harb.Sekali lagi dilarang nabi lalu baginda menamakannya Husain(si baik junior).Kalau anda belajar sejarah yg benar banyak contoh-contoh bahawa nabi dan umat Islam cintakan kedamaian dan mengasihi orang lain termasuk non muslim.Perang yg berlaku di dalam sejarah Islam bahkan di zaman sekarang pun pada hakikatnya merupakan perang yg dipaksakan ke atas Islam sehingga umat Islam tidak punya pilihan lain.Misalnya di Bosnia umat Islam dibunuh beramai-ramai oleh pengganas kristian.Di Lubnan orang Islam dibunuh beramai-ramai oleh pengganas kristian Falangist Maronite.Di Palestin umat Islam dibunuh beramai-ramai oleh Yahudi Israel.Di Iraq org Islam dibunuh oleh pengganas kristian Amerika.Di Afghanistan umat Islam dibunuh oleh pengganas kristian Amerika.Di Kasymir umat Islam dibunuh beramai-ramai oleh pengganas Hindu.Umat Islam cuma mempertahankan diri.Mungkin sebahagiannya menggunakan pendekatan yg salah seperti serangan bom ditempat2 awam.Tapi kalau anda ada sedikit perasaan empati terhadap nasib umat Islam anda pasti tidak boleh menyalahkan mereka seratus peratus bahawa siapa pun pasti cenderung utk hilang pertimbangan sekiranya melihat sanak saudara dibunuh di hadapan mata sendiri.Anak-anak dibunuh di hadapan mata anda sendiri.Ibu bapa anda dibunuh di hadapan mata anda sendiri.Istri anda dan kerabat perempuan anda dirogol dihadapan mata anda sendiri.Sekiranya tidak dimulain umat islam tidak akan mengganggu orang lain bahkan haram hukumnya di dalam islam.

Malahan nabi sendiri pernah bersabda tiga perkara tidak boleh dibeda-bedakan sama muslim atau kafir yaitu:
1)berbuat ihsan wajib dilakukan samada ke atas muslim atau kafir.
2)Amanah wajib dipelihara samada amanah dari orang Islam atau orang kafir.
3)Menunaikan janji.Wajib ditunaikan samada janji yg dibuat ke atas orang Islam atau orang kafir.

lu mr bego, asal jeplak aja ngomong, yg tukang bunuh ama perang tuh kroni lu tuh!! cinta kasih embel gedes! urus tuh *** yesus!!! ****** tau!!!

@kawan burit

iblis sudah menjadi tuhan Anda…

ye iblisnya yg disalib ye! prikitiew!!!

**** = Kolor
**** = Bau

kasihaaaan warga kristen ini, mereka cemburu sama muhamad karna jago berperang, mereka kecewa tuhannya mr josos itu gay dan lemah syahwat, dan mati memalukan disalib hanya pakai cangcut doang!!!
halleluya your fuckin’ mother.
ckckckckck

selamat menikmati api neraka, saudara. jangan lupa sebut nama muhammad tiga kali kalau sudah sampai di sana… yah kali-kali aja dia bisa datang nolongin kamu. tapi saya ragu…karena dia sendiri aja belum tentu masuk surga.

hahaha, nereka embel gedes tai lu! neraka hanya diperuntukan orang2 bodoh kaya ente dan kroni lu (status aja cerdas, pola pikir oon !), ok dech biar masuk surga gw sebut aja josos, josos, josos, kan katanya josos masuk surga, prikitiew,
eh, oyoy josos diganti dong udh bulugan tuh!!!! xixixixixi
salam :
halleluya your fuckin’ mother!!!!!!!

@ Parhobass
Peperangan yg dipimpin oleh nabi Muhammad semuanya benar.
Tentang pertanyaan , apakah masa yang jauh(dari zaman) itu menjadi patokan utama?
Ya, merupakan faktor utama.

@ilham

dasarnya apa?
toh perang nabi dan perang khalifah juga sama, itu ada berbabau penjajahan, pemaksaa, yang bahkan UUD 45 sangat keras mengatakan bahwa penjajahn di muka bumi harus dihanguskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan…

jika jarak yang jauh itu menjadi point utama, bagaimana dengan usaham ottoman mengkompilasi Al Quran?, bukankah itu jarak yang jauh juga? apa dasarnya menjadi diterima benar, sementara perangnya tidak diterima sebagai benar?

salam

Perang yg dilakukan oleh nabi sesuai dengan tuntutan Al Quran iaitu murni untuk:
1)mempertahankan kebebasan agama
2)mempertahankan diri
3)menegakkan keadilan.
Perang yg dilakukan oleh para pemerintah dalam period-period akhir kerajaan Islam kadang-kadang mempunyai tujuan yg tidak Qurani seperti:
1)Meluaskan wilayah
2)Mengambil harta rampasan—sungguhpun Al Quran menghalalkan harta rampasan perang namun itu bukan tujuan.
3)Mendapatkan upeti.Upeti hanyalah tanda bagi ketinggian agama Islam dan tanda bahawa negeri yg membayar upeti itu mengaku berdamai dengan Islam.Tetapi pemerintah dalam period-period terakhir menjadikan upeti sebagai sumber mengumpulkan kekayaan.
Jarak yg jauh dari zaman kenabian merupakan faktor utama namun bukan satu-satunya faktor.Nyatanya amalan Islam sudah bercampur baur antara yg hak dan yg batil.Yg menjadi dasar dalam menentukan samada sesuatu itu sesuai menurut perintah Allah atau tidak adalah Al Quran dan sunnah nabi.Jika amalan itu sesuai menurut Al Quran dan sunnah nabi maka ianya adalah diterima tidak mengira pada zaman apa pun ia berlaku.Jika menyalahi Al Quran dan sunnah nabi maka dengan sendirinya amalan itu kita tolak.Pada zaman khalifah Umar bin Abdul Aziz yaitu khalifah ke lapan dinasti umayyah baginda telah menghentikan semua perluasan kuasa karena baginda berpendapat usaha perluasan kuas yg dilakukan oleh kahlifah-khalifa yg terdahulu lebih kepada mengumpulkan kekayaan dan wilayah.

@ilham

1. satu point Anda adalah mempertahankan diri,..
apa dasarnya perang yang disebut mempertahankan diri adalah perang yang benar?

2. Jika perang kekhalifahan tidak benar, lalu apakah bisa dikatakan islam sekarang sudah tidak benar? karena jelas warisan islam sekarang adalah dari kekhalifahan itu..

3. jika jarak yang jauh itu menjadi point utama, bagaimana dengan usaham ottoman mengkompilasi Al Quran?, bukankah itu jarak yang jauh juga? apa dasarnya menjadi diterima benar, sementara perangnya tidak diterima sebagai benar?

salam

Anda kata:
1. satu point Anda adalah mempertahankan diri,..
apa dasarnya perang yang disebut mempertahankan diri adalah perang yang benar?
Tanggapan saya:
Dasarnya adalah :
1)Firman Allah di dalam surah Al Baqarah :
190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
192.Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
193.Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.
Kesemua ayayt-ayat di atas menunjukkan peperangan dalam Islam diizinkan hanyalah utk mempertahankan diri dan wajib diberhentikan apabila musuh bersedia untuk berdamai atau menghentikan permusuhan.Oleh itu peperangan dalam Islam dikira benar selama syarat-syarat tersebut yang dalam Al Quran diikuti.
2)Mempertahankan diri adalah fitrah yg semulajadi bagi setiap manusia.Oleh itu menurut undang-undang manapun membunuh adalah salah tapi jika utk mempertahankan diri maka ia adalah benar.
Anda kata:
2. Jika perang kekhalifahan tidak benar, lalu apakah bisa dikatakan islam sekarang sudah tidak benar? karena jelas warisan islam sekarang adalah dari kekhalifahan itu..
Tanggapan saya:
Mesti dibedakan antara Islam dan amalan para khalifah.Tidak semestinya amalan para khalifah tersebut sesuai dan bersetuju dengan al Quran dan hadis nabi.Seperti yang saya katakan, jika amalan mereka menepati dengan kehendak Al Quran dan hadis maka kita terima.Jika tidak sesuai maka kita tolak.Warisan Islam adalah dilihat berdasarkan kepada Al Quran ,hadis bukan kepada amalan para khalifah atau orang-orang tertentu.
Anda kata:
3. jika jarak yang jauh itu menjadi point utama, bagaimana dengan usaham ottoman mengkompilasi Al Quran?, bukankah itu jarak yang jauh juga? apa dasarnya menjadi diterima benar, sementara perangnya tidak diterima sebagai benar?
Tanggapan saya:
Sepertinya anda salah informasi.Usaha mengkompilasikan Al Quran tidak dilakukan pada zaman kerajaan ottoman.Usaha mengkompilasikan Al Quran dilakukan pada zaman Sayidina Uthman khalifah Islam yg ketiga.

@Ilham

1. mempertahankan diri,.. ngga ubahnya kayak binatang buas dong, kalau ia membunuh manusia maka itu dapat diterima, karena teritorinya sedang diganggu…

tapi ngga apa2lah, kalau memang itu iman Anda, saya ngga bisa ngomong apa2.

tapi dimana hubungannya dengan mati shayit jika dipandang dari mempertahankan diri?

2. Jadi dari semua keterangan itu, siapa yang disebut Islam?

3. Utsman menyatukan (menunggalkan) Al Quran, Kekaisaran Ottoman adalah buah karya dari usaha meneruskan ajaran hasil kompilasi Utsman… bagi saya itu mata rantai yang tidak bisa lepas….
pertanyaan, bagaimana Ottoman yakin ajaran yang ia pegang dari hasil kompilasi Al Quran bisa dikatakan benar dngan jarak yang jauh?, kalau itu belum bisa diterima, bagaimana Utsman yakin AL Quran yang ia kumpulkan/tunggalkan adalah yang benar?

salam

maaf ya, dari kemarin saya baca2,argumen dari pihal muslim banyak yg emosian, tak kendali, kurang sopan, argumen tak ada bukti, , tak baik lho. jujur lah kalau ga ngerti ya jujur aja

@ Parhobass
Anda kata:
1. mempertahankan diri,.. ngga ubahnya kayak binatang buas dong, kalau ia membunuh manusia maka itu dapat diterima, karena teritorinya sedang diganggu…
Tanggapan saya:
Di dalam Islam manusia diberi dua pilihan samada mahu memperlakukan orang yg menyerangnya dengan kemaafan atau membalas sebagaimana penyerang itu membuat aniaya.Firman Allah:
Dan kalau kamu mengadakan pembalasan, balaslah seperti yang mereka lakukan terhadap kamu. Tetapi kalau kamu tabah hati, itulah yang paling baik bagi mereka yang berhati tabah (sabar). Dan hendaklah kau tabahkan hatimu, dan ketabahan hatimu itu hanyalah dengan berpegang kepada Tuhan. Jangan pula engkau bersedih hati terhadap mereka, jangan engkau bersesak dada menghadapi apa yang mereka rencanakan itu.” (Qur’an, 16: 126 – 127)
Di dalam ayat diatas seseorang mempunyai dua pilihan apabila dianiaya.Yaitu dia boleh membalas perbuatan orang yg menganiayanya atau dia boleh bersabar dan memaafkan.Jika dia ingin membalas perbuatan orang yg menganiayanya itu maka ayat di atas menganjurkan supaya dia membalasnya sekadar dia dianiaya.Tetapi jika dia bertabah hati dan memaafkan orang yg menganiayanya maka maka menurut Al Quran itulah yg lebih baik.
Sebab ayat ini diturunkan adalah dalam peristiwa peperangan uhud pada tahun 2 hijrah.Dalam peperangan tersebut orang-orang Islam mengalami kekalahan sehingga paman nabi sendiri yaitu Sayidina Hamzah terkorban di dalam keadaan jenazahnya dipotong-potong.Hal ini menyebabkan nabi Muhammad merasa sangat dukacita.Lalu Allah turunkan ayat tersebut yg menyatakan bahawa nabi mempunyai dua pilihan samada mahu membalas perbuatan orang-orang kafir itu pada suatu hari nanti atau memaafkan.Jika nabi mahu membalas maka baginda hendaklah membalas sekadar baginda dianiaya sahaja.Tetapi dihujung ayat Allah menyatakan bahawa jika nabi memaafkan maka itu adalah lebih baik lalu nabi membuat keputusan utk memaafkan.Sejarah menyebutkan peribadi yg membunuh Sayidina Hamzah itu adalah seorang hamba yg bernama Wahsyi atas upahan Hindun istri kepada Abu Sufyan.Selepas pembukaan kota makkah kedua orang ini telah bertemu nabi utk memohon kemaafan lalu nabi memaafkan mereka dan keduanya akhirnya memeluk Islam.
Kesimpulannya di dalam Islam kita diberi dua pilihan samada membalas atau memaafkan.Jika memilih utk membalas maka balasan itu hendaklah seimbang dengan penganiayaan orang kepada kita.Tetapi jika kita memaafkan maka itu adalah lebih baik.Oleh itu dalam Islam hukumnya adalah fleksibel.Seseorang dibolehkan memilih mana yg sesuai dengan keimanannya.Di dalam kristian seseorang tidak dapat memilih dan tidak diberi hak utk mempertahankan diri.Saya tanya ke anda jika seseorang yg jahat mau membunuh anda dengan cara yg zalim, apa yg anda perlu buat?Dalam kristian tidak ada pilihan melainkan seseorang akan terpaksa melanggar hukum agamanya sendiri demi utk mempertahankan diri dan menegakkan keadilan.
Anda kata:
tapi dimana hubungannya dengan mati shayit jika dipandang dari mempertahankan diri?
Tanggapan saya:
Apabila seseorang itu terbunuh karena memperthankan diri maka tindakannya mempertahankan diri itu adalah dalam ruang lingkup perkara-perkara yg dibenarkan oleh Allah maka kematiannya adalah dikira syahid karena kematiannya adalah karena menegakkan keadilan yg dibenarkan agama.
Rasulullah s.a.w. bersabda:

من قتل دون ماله فهو شهيد

Maksudnya: Sesiapa yang dibunuh kerana mempertahankan hartanya maka dia mati syahid. [Hadith riwayat Al-Bukhari, Muslim dan At-Tirmizi]

Dalam Sunan An-Nasa’ie ada menyebut dengan lebih jelas iaitu:

Rasulullah s.a.w. bersabda:

من قاتل دون ماله فقتل فهو شهيد

Maksudnya:

“Sesiapa yang berperang dalam mempertahankan hartanya lalu dibunuh, maka dia mati syahid”.

[Hadith riwayat An-Nasa’i dalam Sunannya pada kitab Tahrim Ad-Dam]

Dalam sunan Abi Daud juga ada menyebut hadith yang lebih terperinci:

Rasulullah s.a.w. bersabda:

من قتل دون ماله فهو شهيد ومن قتل دون أهله أو دون دمه أو دون دينه فهو شهيد

Maksudnya: “Barangsiapa yang dibunuh kerana mempertahankan hartanya, maka dia mati syahid. Barangsiapa yang mati dibunuh kerana mempertahankan ahli keluarganya, atau kerana mempertahankan darahnya atau mempertahankan agamanya, maka dia mati syahid”. [Hadith ini turut diriwayatkan oleh Imam At-Tirmizi dan sebagainya]

Hadith ini memberi gambaran andai seseorang itu mati kerana mempertahankan harta, ahli keluarga, darahnya atau agamanya, maka dia dikira sebagai mati syahid. Mati mempertahankan tanah air termasuk dalam mempertahankan ahli keluarga, harta dan malah agama juga.

Sekurang-kurangnya, dalam hadith sebelum ini, dibunuh kerana mempertahankan “harta” pun dikira mati syahid, bagaimana pula kerana mempertahankan “tanah air” yang merupakan antara harta yang lebih besar dan rumah utama bagi ahli keluarga. Ini kerana, mempertahankan harta dan sebagainya boleh dilakukan dengan niat kerana Allah s.w.t., kerana Allah s.w.t.-lah yang menyuruh umat Islam mempertahankan hak dan ahli keluarga mereka, dan sebagainya.

Adapun niat yang dicela dalam berperang adalah seseorang itu berperang untuk mendapatkan harta kekayaan atau untuk mendapat kemasyhuran (riya’/ujub/takabbur/dll).

Hal ini berdasarkan hadith dalam Sahih Al-Bukhari:

عن أبي موسى رضي الله عنه قال جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال الرجل يقاتل للمغنم والرجل يقاتل للذكر والرجل يقاتل ليرى مكانه فمن في سبيل الله قال من قاتل لتكون كلمة الله هي العليا فهو في سبيل الله

Maksudnya:

Daripada Abu Musa ra. bahawasanya seorang lelaki datang kepada Rasulullah s.a.w. lalu berkata:

“Seseorang itu berperang kerana inginkan harta rampasan perang, dan seorang lagi berperang untuk dikenang (disebut sebagai pejuang/Sum’ah) sedangkan seorang lagi berperang kerana ingin dilihat kedudukannya (riya’). Maka siapakah (daripada mereka) yang berperang di jalan Allah?”

Rasulullah s.a.w. menjawab:

“Orang yang berperang untuk menegakkan kalimah Allah sebagai yang tertinggi adalah orang yang berada di jalan Allah”.

Dalam hadith ini menolak niat untuk “menunjuk-nunjuk, sombong, berkepetingan duniawi dan sebagainya” dalam berperang. ADapun mati mempertahankan hak individu seperti harta dan mempertahankan keluarga dinilai sebagai syahid berdasarkan hadith2 yang telah disebutkan dan banyak lagi. Maka, mati dalam mempertahankan tanah air juga termasuk dalam mati syahid berdasarkan petunjuk2 daripada hadith ini.
Anda kata:
2. Jadi dari semua keterangan itu, siapa yang disebut Islam?
Tanggapan saya:
Saya contohkan begini :dalam Islam sembahyang itu hukumnya wajib.Pada zaman nabi dahulu semua orang Islam rajin dan tekun bersembahyang.Setelah masa berlalu dan manusia jenerasi akhir hidup di dalam zaman yg jauh dari zaman kenabian semangat mengamalkan agama mulai luntur sehingga ramai orang Islam yg meninggalkan sembahyang atau meringan-ringankannya.Kewajiban sembahyang itu sendiri tetap tidak berubah Cuma semangat mengamalkan oleh umat Islam itu mulai luntur karena faktor jauhnya merka dari zaman kenabian.Saya tidak kata ajaran Islam berubah dengan berlalunya masa tapi yg berubah di sini ialah semangat mengamalkan Islam sehingga ramai umat Islam yg mencampur adukkan amalan mereka dengan perkara yg bertentangan dengan ajaran Islam walupun mereka tahu perbuatan mereka menyalahi agama.
Anda kata:
3. Utsman menyatukan (menunggalkan) Al Quran, Kekaisaran Ottoman adalah buah karya dari usaha meneruskan ajaran hasil kompilasi Utsman… bagi saya itu mata rantai yang tidak bisa lepas….
pertanyaan, bagaimana Ottoman yakin ajaran yang ia pegang dari hasil kompilasi Al Quran bisa dikatakan benar dngan jarak yang jauh?, kalau itu belum bisa diterima, bagaimana Utsman yakin AL Quran yang ia kumpulkan/tunggalkan adalah yang benar?
Tanggapan saya:
Yang tersebut itu tidak menjadi masalah karena Al Quran telah dihafaz secara mutawattir(oleh bilangan ramai) sejak Nabi Muhammad sehingga sekarang dengan bersambung jenerasi.Di zaman nabi sendiri jumlah para sahabat adalah diperkiran seramai 124000 orang yg kesemuanya menghafaz Al Quran.Ramai juga yg mengahfaz keseluruhan Al Quran seperti Sayidina Ali ,Abu Hurairah,Abdullah bin Masud,Ubay bin Kaab,Zaid bin Tsabit,Ibnu Abbas, Sayyidah Aisyah dan lain-lain.Dan bilangan ini sentiasa bertambah dari satu jenerasi ke satu jenerasi karena secara logic jika stiap sahabat itu mempunyai 10 orang murid tentu bilangan hafiz di kalangan murid-murid mereka yg berjumlah 8 orang itu bertambah menjadi 80 orang.Bayangkan pada zaman kerajaan ottoman entah berapa juta agaknya hafiz yg wujud pada masa itu.Sebarang kesilapan pasti akan dapat dikesan dengan spontan oleh hafiz-hafiz yg ramai itu.Apalagi disampin hafiz-hafiz yg ramai itu Al Quran juga disalin dan dipelihara dalam bentuk naskah dan tulisan.Itulah sebabnya sehingga hari ini umat Islam diseluruh dunia masih berkongsi hanya satu versi Al Quran yg sama.Jarak yg jauh tidak menjadi masalah karena:
1)Ia hanya berpengaruh keatas sikap peribadi umat islam saja dan tidak berpengaruh keatas batang tubuh Al Quran.
2)Al Quran sendiri telah dibukukan dalam bentuk naskah dan naskah –naskah tersebut sentiasa mengalami penggadaan dari zaman ke zaman.
3)Bilang penghafaz-penghafaz sentiasa bertambah dari semasa ke semasa.
Dengan adanya tiga perkara di atas adalah mustahil Al Quran yg sebenar akan hilang dari umat Islam.

@ilham

1. Ok, terimakasih atas jawaban Anda, dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa memang allah Anda berbeda dengan ALLAH Israel,… ALLAH Israel mengajarkan maafkan musuhmu, kasihi musuhmu, intinya kira2 begitu… di dalam mempertahankan kasih itulah terkadang kita secara tubuh mati.. itu disebut SYUHADA sejati…

2. Jadi jarak yang jauh itu telah melunturkan ajaran Islam yang benar… so menurut Anda umunya Islam di Indonesia adalah moderat, dibanding Islam yang di Pakistan,..(sample saja tentunya),… menurut Anda,… di antara dua main stream Islam ini mana yang tidak luntur?

3. rentang Utsman sampai ottoman paling tidak ada satu Quran, tetapi rentang Muhammad sampau Utsman ada berbagai pelafasan, ada berbadai tulisan,… yang saya tanya bagaimana ottoman yakin yang ditunggalkan oleh utsman itu adalah yang benar, berhubung jarak antara ottoman-nabi Anda sangat jauh…dan utsmanpun meski masih tergolong dekat dengan nabi tetapi ia juga tidak memiliki nabi sebagai saksi bahya yang ia tunggalkan itu adalah yang benar bukan?…

salam

@Parhobass
Anda kata:
1. Ok, terimakasih atas jawaban Anda, dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa memang allah Anda berbeda dengan ALLAH Israel,… ALLAH Israel mengajarkan maafkan musuhmu, kasihi musuhmu, intinya kira2 begitu… di dalam mempertahankan kasih itulah terkadang kita secara tubuh mati.. itu disebut SYUHADA sejati…
Tanggapan saya:
Di dalam hal ini ada hadis nabi yg menyebut barangsiapa yg melihat satu kejahatan maka hendaklah dia cegah dengan tangannya.Sekiranya tidak mampu hendaklah dia mencegah dengan lidahnya.Sekiranya tidak mampu maka hendaklah dia benci di dalam hatinya.Jadi apabila musuh mahu menganiayai dan kita mampu melawannya ketika itu wajib kita melawannya karena ketika itu musuh hendak melakukan kejahatan yg kebetulannya kejahatan itu hendak dilakukan ke atas kita.Kita melawan musuh bukan karena kita benci dengan batang tubuh musuh itu tapi karena kita benci dengan perbuatan jahatnya.Maaf ya maaf.Tapi perbuatan jahat tidak boleh dibiarkan yg kadang-kadang perlu menggunakan kekerasan utk menghentikan kejahatan tersebut.Rasulullah saw pernah bersabda bantulah saudara mu ketika ia dizalimi atau menzalimi.Lalu ditanya bagaiman mahu membantu orang yg berbuat zalim.Nabi menjawab yaitu dengan mencegahnya dari meklakukan kezaliman maka itu adalah berarti kita telah menolongnya.
Perjuangan (peperangan) untuk menghentikan kuasa-kuasa yang bersifat penindas dan peruntuh adalah amat perlu kerana sekiranya kemungkaran tidak dihancurkan dengan kekerasan tetapi dibiarkan berleluasa melakukan kejahatan maka semua kebaikan, kemuliaan dan ketakwaan kepada Allah akan turut musnah. Jika dibiarkan akan menggalakkan lagi kezaliman kekacauan dan huru hara.Allah yg benar ialah Allah yg tidak suka dengan kekacauan ,kezaliman dan huru hara.

Anda kata:
2. Jadi jarak yang jauh itu telah melunturkan ajaran Islam yang benar… so menurut Anda umunya Islam di Indonesia adalah moderat, dibanding Islam yang di Pakistan,..(sample saja tentunya),… menurut Anda,… di antara dua main stream Islam ini mana yang tidak luntur?
Tanggapan saya:
Sepertinya anda tidak memperhatikan keterangan saya dengan baik.Jadi saya ingin membetulkan.Saya tidak kata jarak yg jauh melunturkan ajaran Islam.Yang saya kata jarak yg jauh melunturkan semangat dalam mengamalkan Islam.Tentang dua main stream Islam yg anda sebutkan itu,bagi saya tidak menjadi masalah karena apa yg penting sejauh mana seseorang itu berkomitmen di dalam menuruti ajaran Al Quran dan hadis.Ajaran Islam aslinya yg dibawa oleh nabi Muhammad sudah cukup liberal dan moderat.Apa yg membedakan hanyalah tafsiran terhadap nas-nas agama.Tafsiran yg berbeda ini kesemuanya diterima asalkan dibuat menurut kaedah –kaedah penafsiran yg diakui.Secara kasarnya ada tiga kaedah penafsiran di dalam menafsirkan Al Quran:
1)Tafsirul Quran bil Quran yaitu menafsirkan Al Quran dengan melihat kepada ayat-ayat lain didalam Al Quran.Sekiranya tidak ditemui beralih pula kepada yg kedua yaitu
2)Tafsirul Quran bissunnah yaitu Al Quran ditafsirkan berdasarkan kepada sunnah/amalan/perkataan nabi Muhammad.Sekiranya tidak diperolehi maka beralih kepada yg ketiga yaitu
3)Tafsirul Quran billughah Arabiah yaitu menafsirkan Al Quran berdasarkan kepada bahasa Arab.Autoriti bahasa Arab dalam menafsirkan Al Quran ialah karena Al Quran itu sendiri diturunkan dalam bahasa Arab.Oleh karena Bahasa Arab itu sendiri kadang-kadang dalam satu kalimah mempunyai banyak arti maka wajar jika terjadi perbedaan penafsiran Al Quran itu di kalangan orang-orang Islam.Dan sesama Islam tidak boleh menyalahkan antara satu sama lain karena nabi sendiri mengatakan perbedaan pendapat di kalangan umatku adalah satu rahmat.
Intinya apa saja tafsiran jika di dapati dilakukan berdasarkan hujjah Al Quran,sunnah dan bahasa Arab walaupun berbeda-beda tetapi jika dilakukan dengan niat yg baik utk mengamalkan Al Quran menurut apa yg diyakini benar maka semuanya diterima di sisi Islam.
Anda kata:
3. rentang Utsman sampai ottoman paling tidak ada satu Quran, tetapi rentang Muhammad sampau Utsman ada berbagai pelafasan, ada berbadai tulisan,… yang saya tanya bagaimana ottoman yakin yang ditunggalkan oleh utsman itu adalah yang benar, berhubung jarak antara ottoman-nabi Anda sangat jauh…dan utsmanpun meski masih tergolong dekat dengan nabi tetapi ia juga tidak memiliki nabi sebagai saksi bahya yang ia tunggalkan itu adalah yang benar bukan?…
Tanggapan saya:
Seperti yg saya katakan sebelumnya.Al Quran telah dihafaz secara mutawattir oleh penghafaz-penghafaz yg ramai dari sejak zaman nabi.Oleh itu mustahil penghafaz yg ramai itu akan membuat kesilapan secara bersama.Di samping itu Al Quran dalam bentuk yg bertulis juga ada Cuma keadaannya terpisah-pisah dalam belum disatukan.Tentang berbagai lafaz dan tulisan Al Quran itu tidak mengindikasikan adanya Al Quran yg berbeda-beda karena perbedaan itu hanyalah perbedaan dalam ragam bacaan sahaja bukan perbedaan makna.Contoh:Di dalam surah Al Fatihah lafaz maaliki yaumiddin boleh dibaca maliki yaumiddin dengan ma sebutan yg lebih pendek.Boleh juga dibaca mulku yaumiddin.Lafaz ghairil maghdhuubi alaihim boleh dibaca ghairil maghdhubi alaihum.Dalam surah Addhuhaa lafaz waddhuhaa boleh dibaca waddhuhaa dan boleh juga dibaca waddhuhe.Di dalam surah Hud lafaz majraaha boleh dibaca majraaha dan boleh dibaca majrehaa.Di dalam surah al hujrat lafaz bi’ sal- ismul fussuq boleh juga dibaca dengan bi’salismul fusuuq.Penyebutan huruf raa yg berbaris atas boleh dibaca tebal dan boleh dibaca nipis.Bacaan panjang bagi kalimah yg mengandungi hukum mad munfasil boleh dibaca panjang dengan dua harkat dan boleh dibaca panjang dengan empat harkat.Jadi perbedaan-perbedaan itu hanyalah dari segi lafaz dan nabi sewaktu hidup mengizinkan orang-orang Arab membaca mengikut telor lidah masing-masing suku.Ragam-ragam bacaan tersebut tidak mendatangkan kesan kepada makna Al Quran itu sendiri.Apa yg dilakukan oleh Utsman hanyalah menyatukan Al Quran dalam bentuk tulisan dan dalam masa yg sama baginda tidak melarang utk orang ramai dari membaca Al; Quran mengikut bacaan yg disenangi masing-masing.Semasa pengumpulan yg beliau lakukan itu ramai sahabat-sahabat nabi yg terkemuka dan menghafaz Al Quran masih hidup dan Al Quran yg telan disalin itu telah pun disemak sebelum dikeluarkan.Setelah disatukan semua Al Quran yg bertulis dalam bentuknya yg terpisah-pisah dan terpecah-pecah dibakar karena memlihara keteraturan Al Quran supaya tidak mendatangkan kekeliruan kepada orang ramai kelak.Keputusan tersebut telah ijmak oleh sekelian sahabat-sahabat nabi yg masih hidup termasuklah Sayidina Ali,Abdullah bin Masud,Ubay bin Kaab dan Sayyidah Aisyah.Oleh itu Al Quran yg dikumpulkan oleh Utsman itu telah mencapai darjat yakin dan keadaan itu berterusanlah sehingga hari ini di mana belum ada mana-mana pihak yg mengeluarkan Al Quran yg berlainan dari yg dikeluarkan pada zaman Utsman.

@ilham

1. Kata Anda kita melawan musuh bukan karena benci batang tubuhnya, tetapi karena benci perbuatan jahatnya, pertanyaannya adalah batang tubuh itu adalah tempat perbuatan jahat itu dilakukan,…dan itu terlihat dari kebiasaan agama Anda untuk terlihat baik di dalam batang tubuhnya…contohnya berpakaian ini dan itu, di sunat khitan, puasa, dan lain sebagainya yang tampak oleh mata dan daging…Kejahatan memang harus diberantas, tetapi cara penyelesaiannya itu jelas sudah membedakan antara ALLAH Israel dengan allah Anda.
ALLAH Israel berkata percayalah kepada ALLAH, maka kita akan menjadi kasih, karena ALLAH adalah kasih, sehingga jika semua orang menjadi kasih maka kejahatan akan hilang, tetapi sayangnya tidak semua percaya kepada ALLAH, sementara allah Anda melayakkan kekerasan untuk menghancurkan kejahatan, maka tidak jarang akan ada bunuh diri, d.l.l,… tetap dari sini dapat dikatakan bahwa ALLAH Israel berbeda dengan allah Anda…

2. Saya simak koq sobat. Bentuk Islam Indonesia yang umumnya moderat dibanding di Pakistan yang keras (sebagai contoh saja tentunya) salah satu akibatnya adalah cara hidup Islam itu sendiri… nah termasuk di dalam “semangat” mengamalkan agama…semangat bagian tafsir tertentu akan membimbing ke gaya moderat, dan semangat bagian tafsir tertentu akan membawa ke pada gaya yang keras, d.l.l, pertanyannya adalah….diantara dua mainstream itu yang mana yang sudah luntur? yang moderat atau yang keras?, tafsir siapa yang sudah luntur?, dan mungkin pertanyaan yang lebih dalam lagi adalah darimana Anda tahu bahwa sesuatu telah luntur di dalam Islam itu sendiri? apa dasarnya?

3. Kita ambil contoh antara orang Aceh dan Batak, untuk melafaskan aksara A itu jelas sudah berbeda, demikian jugalah yang terjadi ketika Utsman mendapati bahwa telah banyak pelafasan Quran, bahkan yang tertulis juga demikian, sehinga ia telah menebas leher orang2 yang menentang proyek penunggalan Al Quran… sampai peristiwa politik pecahnya sunni dan syiah, tidak dapat dipungkiri masalah satu ini… dan akhirnya ottoman menerima penuh utsman, dan seterusnya mayoritas Islam di dunia sekarang ini…. jadi masih belum terjawab, bagaimana utsman yakin, bagaimana ottoman yakin, dan bagaimana Anda yakin bahwa Quran yang Anda baca sekarang adalah Quran yang tidak luntur?…

salam

@ parhobass
yakinnya gini mas,,, sebagai manusia yng percaya Tuhan,, Cuma Alquran usmanilah yng menyakinkan saya kalau kitab itu masih murni dari Tuhan..
anda sudah d jelasin bagaimana sejarah alquran d turunkan hingga d bukukan,anda gak percaya juga.
lalu bagaimana anda sendiri bisa percaya alkitab yng sejarahnya tdk jelas…

@ibeng

caranya?
sebab Anda tidak mempunyai pembanding…

A dan B, Anda katakan A yang benar karena Anda bisa bandingkan dengan B,… nyatanya sekarang tidak ada B

salam
Note:
Ada satu hal yang tidak dimiliki oleh iman Anda untuk mengecek kebenaran, yaitu ROH…

@ parhobass
sebagai pembandingnya,injil dan taurat..yng saya yakini bersumber dari Allah yang sekarang sudah tdk murni lagi,alias campur aduk..
saya punya Roh,kalo’ gk dah roh gak hidup dong saya…
mesin juga punya Roh,, mungkin bedanya gk bisa nyari makan sendiri kalee…

@Ibeng

1. Bagaimana Anda tahu Alkitab (Injil+taurat+Zabur+surat nabi-nabi) tidak asli lagi?

2. bagaimana Anda tahu Al Quran yang sekarang yang benar?

3. Jika Anda memiliki ROH, lalu kenapa Anda tidak percaya bahwa Kristus telah datang sebagai manusia?, itu artinya Anda pendusta…antikristus…

4. Mesin juga punya Roh?…. sepertinya memang agama Anda tidak mengenal ALLAH…

@ parhobass
1 sejarah pembukuannya tdk jelas,dari siapa oleh siapa ke siapa ?
2 tidak ada satupun yng hafal alkitab…
3 banyak kontradiktif, antara ayat yng satu dngn yng lainnya(tidak perlu saya kasih contohlaah)
lalu bagaimana anda meyakini sesuatu yng tdk jelas sumbernya..
sedangkan Alquran,ada tertulis kisah kejadian dari awal hingga akhir yng layak untuk d renungkan tentang PENCIPTA-AN.
soal Roh kita beda tafsir… kalo menurut saya Roh itu energi kehidupan saya,bukan Allah..
tanpa materi/tubuh roh tdk punya bentuk…
kekuatan listrik itu Roh,bisa berpindah ke berbagai materi.
andapun bisa membuat Roh,, cuma bahan dasarnya anda boleh pinjam cume ati2 kalo kagak tau caranya dn salah pasang,bisa gawat buat anda.

@ parhobass
1 sejarah pembukuannya tdk jelas,dari siapa oleh siapa ke siapa ?
2 tidak ada satupun yng hafal alkitab…
3 banyak kontradiktif, antara ayat yng satu dngn yng lainnya(tidak perlu saya kasih contohlaah)
4 kelakuan tuhan yng anda yakini antara bapak dan anak berbeda tapi satu,(tidak sama tapi anda anggap serupa)
5 saya menyakini sumber awalnya dari Allah,jadi….ingatmas campur aduk yang benar dn tdk.
lalu bagaimana anda meyakini sesuatu yng tdk jelas sumbernya..
sedangkan Alquran,ada tertulis kisah kejadian dari awal hingga akhir yng layak untuk d renungkan tentang PENCIPTA-AN.
soal Roh kita beda tafsir… kalo menurut saya Roh itu energi kehidupan saya,bukan Allah..
tanpa materi/tubuh roh tdk punya bentuk…
kekuatan listrik itu Roh,bisa berpindah ke berbagai materi.
andapun bisa membuat Roh,, cuma bahan dasarnya anda boleh pinjam cume ati2 kalo kagak tau caranya dn salah pasang,bisa gawat buat anda.!
Maaf agak ngaco dikit soal Roh,tapi layak untuk anda renungkan…

@Ibeng

1. Anda tidak membaca maka tidak paham…

2. Apa gunanya menghafal Alkitab kalau tidak dilakukan?,…pertanyaan saya dari 1000 pengahafal Al Quran apa untung yang mereka peroleh? apa perbedaannya dari orang yang tdak hapal quran? apakah ANda juga hafal seluruhnya?

3. Kata Anda kontradiktif, nyatanya tidak. Jangan menyerah kalau Anda tidak mengerti, itu intinya.

lanjutan lain:
1. Kisah kejadian awal bagaimana? apakah di Quran ada kisah kejadian awal dari penciptaan alam semesta?… apakah di Quran ada dikisahkan bagaimana Quran dikompilasi oleh utsman?… pertanyaan saya belum ANda jawab, bagaimana Anda yakin dan percaya bahwa hasil kompilasi utsman adalah yang benar…

2. Tentang ROH, itu bukan masalah beda tafsir kawan,… memang agama Anda tidak mengenal ROH, sehingga dapat dipastikan tidak mengenal ALLAH…allah Anda jelas sudah berbeda, bukan ALLAH, tetapi allah lain, tuhan lain…dan tidak usah berteori banyak tentang ROH, sebab kalau Anda beriman kepada Quran tentu Anda paham bahwa hanya sedikit rahasia yang diberitahukan oleh allah ANda kepada penganutnya bukan?… semakin banyak ngomong masalah ROH semakin ketahuan betapa Anda tidak mengenal ALLAH…Yang Anda sembah bukan ALLAH…

@ parhoobas

2 dngn banyknya penghafal, masih adakah kemungkinan kesalahan dalam penulisan..?
Soal ujud Tuhan seperti apa,dari apa.. itu tidak penting… yng penting adalah,bagaimana Allah menerapkan hukum2Nya d alam semesta ini,untk alam dn untk kita.
adakah dalam kitab lain yng menjelaskan mengapa alam ini dn anda d ciptakan dn d beri kesempatan hidup d bumi ? silahkan beri alasan dngn keyakinan anda.
Ada apa dngn usman ? perbuatan usman yng membakar tulisan2 yng sepotong2 d pelepah kurma,d kulit unta,untk menghindari kekacauan penulisan di kemudìan hari,tktnya seperti alkitab yng kacau.
perbuatan usmanpun d saksikan oleh sahabat2 pnghapal alquran dn terpercaya dari jaman Muhammad..

@Ibeng

kenapa hanya nomor 2 yang ANda jawab, ada juga pertanyaan di nomor lainnya hhehehe…

2. memang banyak penghafal kawan, tetapi dari sekian penghapal itu ternyata ada jenis pelafasan yang lain yang dulunya ditunggalkan oleh Utsman, yang ada sekarang adalah hasil karya Utsman…pertanyaan awal adalah bagaimana utsman yakin yang ia tunggalkan itu adalah yang benar, sementara yang lain tidak?…. contoh nyatanya bagaimana orang yakin Sunni yang benar ketimbang Shiah?…

quran pertama tertulis pada pelepah daun, tulang, dll, artinya quran yang sekarang sudah tidak asli lagi, … karena sudah tertulis di kertas…

Anda misalkan orang jawa maka ketika ketemu aksasa A, akan berbeda dengan saya yang lidah Sumatera, apakah masih sama pelafasan antara penghafal sumatera dengan penghafal jawa?, nah itu juga terjadi pada saat Ustman….

pernyataan Anda tentang kitab mana yang menceritakan tentang sesembahan yang membiarkan manusia hidup di dunia ini sangat tidak relevan, anda tahu agama batak Kuno,.. agama batak kuno berkata secara detail bagaimana manusia dapat terjadi,… jadi jgn terlalu gegabah dengan hal2 yang lahiriah kawan…

saya minta satu bukti dari Anda dari dulu…
berikan salah satu bukti tertinggi bahwa allah Anda mengasihi Anda…satu saja yang unik..

Kesabaran dlm menghadapi kesulitan.
ingat mas,, hidup d bumi ini ujian buat d kehidupan nnti..
lalu apa yng kamu dptkan atas kematian tuhanmu d tiang salib yng dpt d buktikan d bumi ini ?
adakah makanan gratis dari tuhanmu ?

Kesabaran dlm menghadapi kesulitan.
ingat mas,, hidup d bumi ini ujian buat d kehidupan nnti..
lalu apa yng kamu dptkan atas kematian tuhanmu d tiang salib yng dpt d buktikan d bumi ini ?
adakah makanan gratis dari tuhanmu ?
Allah saya menjanjikan kenikmatan.
lalu apa yng tuhanmu janjikan atas penderitaan tuhanmu dan penderitaanmu, kalau d kehidupan nnti cuma mnjadi roh gentayangan.
apa yang kamu dptkan nnti setelah mati ?

@ibeng

jangan ngaco langsung lari ke topik lain mas ibeng, biasakan bertata krama di dalam diskusi..

jawab yang ini:
1. Kisah kejadian awal bagaimana? apakah di Quran ada kisah kejadian awal dari penciptaan alam semesta?… apakah di Quran ada dikisahkan bagaimana Quran dikompilasi oleh utsman?… pertanyaan saya belum ANda jawab, bagaimana Anda yakin dan percaya bahwa hasil kompilasi utsman adalah yang benar…

@ parhobass
yakinnya gini mas,,, sebagai manusia yng percaya Tuhan,, Cuma Alquran usmanilah yng menyakinkan saya kalau kitab itu masih murni dari Tuhan..
anda sudah d jelasin bagaimana sejarah alquran d turunkan hingga d bukukan,anda gak percaya juga.
lalu bagaimana anda sendiri bisa percaya alkitab yng sejarahnya tdk jelas…??

alquran itu sangat sulit untuk dipercaya dan diyakini kebenarannya. bagaimana tidak, alquran ditulis hanya berdasarkan perintah dan ucapan seorang muhammad. bagaimana anda bisa yakin kalau apa yang diucapkan muhammad itu 100% murni datangnya dari tuhan? selalu ada kemungkinan kalau muhammad menuliskan quran berdasarkan kehendak dan keinginan hatinya saja, untuk memuluskan niat jahatnya (perang, mengambil istri orang, kawin muda, dsb dsb).

@ hem cerdas
apa yng d ceritakan alquranlah yng layak d renungi bagi mereka yng percaya Tuhan…
soal kawin muda mass,,, liat aje orang sunde ame padang atau batak.
perang itu sudah d jelaskan alasannya,,kondisinya memang kondisi perang..
jadi harus ada pengkondisian untk menciptakan kedamaian..
Bukan memberikan korban/tumbal yng mengakibatkan kebodohan and penjajahan.

jangan mengalihkan pembicaraan, saya nggak ngomong soal orang sunda padang atau batak. yang saya tekankan muhammad menggunakan quran supaya bisa kawin dengan anak umur 9 tahun, yang bahkan belum mengalami menstruasi sama sekali.
soal perang,.. ini juga aneh, masa allah swt menggunakan perang untuk menciptakan kedamaian? masa allah swt menonton manusia-manusia ciptaannnya berperang, saling bunuh, bahkan mengirim nabi supaya jadi panglima komando. kalau allah swt benar2 tuhan yang sejati, mestinya dia punya kuasa untuk menciptakan kedamaian tanpa melalui perang. jelas2 quran cuma ‘pelumas’ untuk memuluskan niat-niat muhammad untuk jadi penguasa di zaman itu. parahnya lagi di zaman modern ini, di mana agama lain berlomba-lomba mengembangkan cinta kasih dan anti kekerasan, anda justru mau termakan omongan muhammad yg primitif ttg perang dan kekerasan.

@ hem cerdas

gak ada tuh d alquran Muhammad mengawini wanita 9 tahun..
cinta kasih seperti apa maksud anda ?
ape kepada kaum gay atau para lesby atau kepada para pemabuk, dngn alasan kasih sayang sah-sah aja ngegamparin ente, batasannya dmana dik kasih sayang itu ?
Jangan cuma asal ngomong doang nak..!

@ hem cerdas

gak ada tuh d alquran Muhammad mengawini wanita 9 tahun..
cinta kasih seperti apa maksud anda ?
ape kepada kaum gay atau para lesby atau kepada para pemabuk, dngn alasan kasih sayang sah-sah aja ngegamparin ente, batasannya dmana dik kasih sayang itu ?
Jangan cuma asal ngomong doang nak..!
kamu juga sering perang sama kakak kamu,gara2 rebutan mainan…karna bapak kamu cinta kasih, apakah tindakan bapakmu menyerahkan dirinya untuk d jadikan mainan,agar kamu jangan rebutan ?

Matius 10:16 “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Ayat Matius ini memberi pesan agar Kristen cerdik seperti ULAR. Berikut sedikit gambaran ULAR versi Alkitab:

Kejadian:
3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”
3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.”
3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati,

Dari Kitab Kejadian dikabarkan bahwa Ular ialah binatang licik yang mengakibatkan Adam beserta Hawa memakan buah di surga, sehingga mereka terusir dari sorga dan muncullah dosa waris versi Paulus.

Dengan kata lain seperti ular ialah licik dan pembohong seperti ular. Terlebih lagi Paulus menyuport tindakan berbohong demi memuliakan nama KEMULIAAN TUHAN versinya sendiri:

“Tapi jika kemulian Allah semakin berlimpah oleh dustaku, mengapa aku diadili sebagai orang berdosa ? (Roma 3:7)

Jadi jangan heran jika umat Kristen melakukan tindakan serendah apapun semata-mata demi mencapai tujuan.

” PANTESAN “

@burit
kata Anda:

Jadi jangan heran jika umat Kristen melakukan tindakan serendah apapun semata-mata demi mencapai tujuan.

coba cek diri Anda,
demi menunjukkan keimanan ANda, Anda bercakap2 kotor dan menghina YESUS…

Anda itu manusia beragama tetapi ngomong kayak setan… allah Anda setan…

Re: TOKOH-TOKOH KRISTEN YANG MENYIMPULKAN BAHWA “AJARAN KRISTEN TIDAK MEMPUNYAI BUKTI YG KUAT/AKURAT
Islam is the our religi Today at 2:56 am

.Yhowshua wrote:
hamba tuhan hajar aswad si batu hitam alias auloh wts jimat si momet pembela si momet pedophil wrote:

1. Uskup Agung Prof. Jenkins, pemimpin Gereja tertinggi ke empat di Inggris, yg tidak takut kehilangan jabatannya dengan menyatakan :“Kebangkitan Yesus dari kubur sesungguhnya tidak pernah terjadi”.

2. Jhon Alegro, anggota tim pencari Naskah Laut Mati ( The Dead Sea Scrools ) dipecat karena mengemukakan naskah yg dinggap rawan & dapat mengguncangkan keimanan umat Kristen.

3. Rev. Dr. Charles Francis Potter,yang membuktikan dari Naskah Laut Mati bahwa Roh Kudus sebagai OKNUM yang disembah, tidak dikenal di zaman Yesus.

4. Dr. Robert W. Funks,Profesor Ilmu Perjanjian Baru di Universitas Harvard bersama 74 pakar Alkitab lainnya yang dihujat umat Kristen Amerika & Dunia karena membuktikan bahwa hanya 18% ucapan Yesus didalam Bibel yang dianggap asli.

5. Dr. Barbara Thierings, Guru Besar Universitas Sidney Australia yang dihujat umat Kristen Australia karena dari hasil penelitianyya selama 20 tahun tehadap Naskah Laut Mati, memenemukan bahwa Yesus tidak mati ditiang salib.

6. Prof. Davis Freedrich Strauss, yang dipecat seumur hidup sebagai Guru Besar Agama Kristen karena menyatakan bahwa kitab penjanjian baru Kristen adalah fakta dongeng & khayalan belaka.

Lagi stres ya mas?
Lha wong lagi diskusi apa kok tiba2 nyerocos apa.
Hihihi… tipikal skali.

enggk sih dul emanuil, cuma comment2 aja tentang, bodohnya kalian kristen itu
doa dulu ah :
atas nama pa’e, bu’ne dan rok jesus…bulug!!!

hahahaha, parhobussway anda ini kurang ajar dan calon kualat di sumpahin om jesus lu!!! ya kok berani-beraninya menghujat bapak’ke om jesus adalah setan, ckckckckck
dasar pemuja kolor ijo, prikitiew!!!!!!

@burit

kalau Anda percaya ALLAH, dan memanggilNYA BAPA, tentu Anda tidak akan berkata2 kotor tentang YESUS….

nyatanya, Anda orang beragama yang bertuhankan setan…

terbukti dari bahasa kamu yang tidak bermoral…

hahaha, dul parhobasway, dasar oon Allah kok dipanggil Bapa, mang bapa’mu apa, bicara moral so tau lu!!! kristen jual islam beli!!!!
salam buat kolor ijo, ye !!!!

@burit

allah kamu setan, makanya bahasanya hanya jual-beli, bunuh dan lain2…

allah kamu setan, maka ngga ngerti tatakrama..

porhobasway!!!! tuhan kok porno, pake kolor doang, bulug lagi,xixixixi

@burit

otakmu yang porno, otak setan, makanya baca buah dada, paha d.l.l, otakmu langsung ngeresss…

hahhaha, bukan sikolor ijo, yg ngeres, buktinya pake kolor doang di depan umum??? xixixixi

@burit

IA dihukum sampai ditelanjangi

daripada
ada pemuka agama, si Puji misalnya
allahnya mengajarkan tentang anti maksiat tapi anak kecil diembat

atau nabi Anda, anti maksiat katanya, tapi istrinya ngga karuan banyaknya..

piye kang?
makanya allah kamu itu setan…

husss!!! Bapa’ke om jesus disumpahin lagi, kualat lu ama om jesus, xixixixi
makanya om jesus suruh ke on clinic, biar enggak lemah syahwat, jadi enggak malu kalu mau kawin,xixixixi

@burit

allah kamu setan,
makanya pikirannya ngeres saja,
anti maksiat tapi doyan wanita-wanita juga…
allah Anda anti maksiat tapi nyedian 72 bidadari buat kamu di sorga….

legalisasi, munafik…

hahahha, munafik nih yeee!!!!, kayanya ente itu idem ama om jesus ya???
ente lemah syahwat ye??? pantes!!! benci banget orang lain yg bisa kawin, xixixixi, rupanye sama ama tuhannya,lemah syahwat, xixixii lagi ah!!!

@burit

itulah bukti munafiknya allah kamu,
ngajarin kamu anti maksiat,.. tetapi doyan sama wanita-wanita,…

ngajarain kamu untuk setia, tetapi nyedian 72 bidadari buat kamu

ngajarin kamu untuk menyayangi tetapi 2 wanita kamu nikahi..

allah kamu setan…

@burit

BapaNYA YESUS tidak mengajarkan kemunafikan…

bukti lain kamu menyembah allah setan…

@burit

kalau Anda jumatan tadi.. berarti sia2 maknanya, sebab setelah itu selesai, Anda sah untuk berkata2 dengan tidak bermoral…

allah setan kamu sembah, munafik

@burit

kamu menyembah setan…

kisah-kisah aneh di bibel

paulus menyampaikan:

HAKIM-HAKIM 19:

PERBUATAN NODA DI GIBEA

1 Terjadilah pada zaman itu, ketika tidak ada raja di
Israel, bahwa di balik pegunungan Efraim ada seorang Lewi
tinggal sebagai pendatang. Ia mengambil seorang gundik dari
Betlehem-Yehuda. 2 Tetapi gundiknya itu berlaku serong
terhadap dia dan pergi dari padanya ke rumah ayahnya di
Betlehem-Yehuda, lalu tinggal di sana empat bulan lamanya. 3
Berkemaslah suaminya itu, lalu pergi menyusul perempuan itu
untuk membujuk dia dan membawanya kembali, bersama-sama dia
bujangnya dan sepasang keledai. Ketika perempuan muda itu
membawa dia masuk ke rumah ayahnya, dan ketika ayah itu
melihat dia. maka bersukacitalah ia mendapatkannya. 4
Mertuanya, ayah perempuan muda itu tidak membiarkan dia
pergi, sehingga ia tinggal tiga hari lamanya pada ayah itu;
mereka makan, minum dan bermalam di sana. 5 Tetapi pada hari
yang keempat, ketika mereka bangun pagi-pagi dan ketika
orang Lewi itu berkemas untuk pergi, berkatalah ayah
perempuan muda itu kepada menantunya: “Segarkanlah dirimu
dahulu dengan sekerat roti, kemudian bolehlah kamu pergi.” 6
Jadi duduklah mereka, lalu makan dan minumlah keduanya
bersama-sama. Kata ayah perempuan muda itu kepada laki-laki
itu: “Baiklah putuskan untuk tinggal bermalam dan biarlah
hatimu gembira.” 7 Tetapi ketika orang itu bangun untuk
pergi juga, mertuanya itu mendesaknya, sehingga ia tinggal
pula di sana bermalam. 8 Pada hari yang kelima, ketika ia
bangun pagi-pagi untuk pergi, berkatalah ayah perempuan muda
itu: “Mari, segarkanlah dirimu dahulu, dan tinggallah
sebentar lagi, sampai matahari surut.” Lalu makanlah mereka
keduanya. 9 Ketika orang itu bangun untuk pergi, bersama
dengan gundiknya dan bujangnya, berkatalah mertuanya, ayah
perempuan muda itu, kepadanya: “Lihatlah, matahari telah
mulai turun menjelang petang, baiklah tinggal bermalam,
lihat matahari hampir terbenam tinggallah di sini bermalam
dan biarlah hatimu gembira; maka besok kamu dapat bangun
pagi-pagi untuk berjalan dan pulang ke rumahmu. 10 Tetapi
orang itu tidak mau tinggal bermalam, ia berkemas, lalu
pergi. Demikian sampailab ia di daerah yang berhadapan
dengan Yebus – itulah Yerusalem -, bersama-sama dengan dia
ada sepasang keledai yang berpelana dan gundiknya juga.

11 Ketika mereka dekat ke Yebus dan ketika matahari telah
sangat rendah, berkatalah bujang itu kepada tuannya:
“Marilah kita singgah di kota orang Yebus ini dan bermalam
di situ.” 12 Tetapi tuannya menjawabnya: “Kita tidak akan
singgah di kota asing yang bukan kepunyaan orang Israel,
tetapi kita akan berjalan terus sampai ke Gibea.” 13 Lagi
katanya kepada bujangnya: “Marilah kita berjalan sampai ke
salah satu tempat yang di sana dan bermalam di Gibea atau di
Rama.” 14 Lalu berjalanlah mereka melanjutkan perjalanannya,
dan matahari terbenam, ketika mereka dekat Gibea kepunyaan
suku Benyamin. 15 Sebab itu singgahlah mereka di Gibea, lalu
masuk untuk bermalam di situ, dan setelah sampai, duduklah
mereka di tanah lapang kota. Tetapi tidak ada seorangpun
yang mengajak mereka ke rumah untuk bermalam.

16 “Tetapi datanglah pada malam itu seorang tua, yang pulang
dari pekerjaannya di ladang. Orang itu berasal dari
pegunungan Efraim dan tinggal di Gibea sebagai pendatang,
tetapi penduduk tempat itu adalah orang Benyamin. 17 Ketika
ia mengangkat mukanya dan melihat orang yang dalam
perjalanan itu di tanah lapang kota, berkatalah orang tua
itu: “Ke manakah engkau pergi dan dari manakah engkau
datang?” 18 Jawabnya kepadanya: “Kami sedang dalam
perjalanan dari Betlehem-Yehuda ke balik pegunungan Efraim.
Dari sanalah aku berasal; aku tadinya pergi ke
Betlehem-Yehuda dan sekarang sedang berjalan pulang ke
rumab. Tetapi tidak ada orang yang mengajak aku ke rumahnya,
19 walaupun ada padaku jerami dan makanan untuk keledai kami
pula roti dan anggur untuk aku sendiri, untuk hambamu
perempuan ini dan untuk bujang yang bersama-sama dengan
hambamu ini; kami tidak kekurangan sesuatu.” 20 Lalu
berkatalah orang tua itu: “Jangan kuatir! Segala yang engkau
perlukan biarlah aku yang menanggung, tetapi janganlah
engkau bermalam di tanah lapang kota ini.” 21 Sesudah itu
dibawanyalah dia masuk ke rumahnya, lalu keledai-keledai
diberinya makan; maka merekapun membasuh kaki, makan dan
minum.

22 Tetapi sementara mereka menggembirakan hatinya, datanglah
orang-orang kota itu, orang-orang dursila, mengepung rumah
itu. Mereka menggedor-gedor pintu sambil berkata kepada
orang tua, pemilik rumah itu: “Bawalah ke luar orang yang
datang ke rumahmu itu, supaya kami pakai dia.” 23 Lalu
keluarlah pemilik rumah itu menemui mereka dan berkata
kepada mereka: “Tidak, saudara-saudaraku, janganlah kiranya
berbuat jahat, karena orang ini telah masuk ke rumahku,
janganlah kamu berbuat noda. 24 Tetapi ada anakku perempuan,
yang masih perawan, dan juga gundik orang itu, baiklah
kubawa keduanya ke luar, perkosalah mereka dan perbuatlah
dengan mereka apa yang kamu pandang baik, tetapi terhadap
orang ini janganlah kamu berbuat noda.” 25 Tetapi
orang-orang itu tidak mau mendengarkan perkataannya. Lalu
orang Lewi itu menangkap gundiknya dan membawanya kepada
mereka ke luar, kemudian mereka bersetubuh dengan perempuan
itu dan semalam-malaman itu mereka mempermainkannya, sampai
pagi. Barulah pada waktu fajar menyingsing mereka melepaskan
perempuan itu. 26 Menjelang pagi perempuan itu datang
kembali, tetapi ia jatuh rebah di depan pintu rumah orang
itu, tempat tuannya bermalam, dan ia tergeletak di sana
sampai fajar.

27 Pada waktu tuannya bangun pagi-pagi, dibukanya pintu
rumah dan pergi ke luar untuk melanjutkan perjalanannya,
tetapi tampaklah perempuan itu, gundiknya, tergeletak di
depan pintu rumah dengan tangannya pada ambang pintu. 28
Berkatalah ia kepada perempuan itu: “Bangunlah, marilah kita
pergi.” Tetapi tidak ada jawabnya. Lalu diangkatnyalah mayat
itu ke atas keledai berkemaslah ia, kemudian pergi ke tempat
kediamannya. 29 Sesampai di rumah, diambilnyalah pisau,
dipegangnyalah mayat gundiknya, dipotong-potongnya menurut
tulang-tulangnya menjadi dua belas potongan, lalu dikirimnya
ke seluruh daerah orang Israel. 30 Dan setiap orang yang
melihatnya, berkata: “Hal yang demikian belum pernah terjadi
dan belum pernah terlihat sejak orang Israel berangkat
keluar dari tanah Mesir sampai sekarang. Perhatikanlah itu,
pertimbangkanlah, lalu berbicaralah!”

ALKITAB, LAI 1994 (halaman 301-303)

” hAAAAAAAAAAA!!!!!!”

Rupanya Yesus ini mahluk cabul yg kerjaannya mengintai pantat cewek yg make
> rok mini
>
> WAS..WAS..WASPADALAH !!! WASPADALAH…..
>
> Wahyu 16:15 “Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang
> berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan
> dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”

@ Parhobass
Anda kata:
1. Kata Anda kita melawan musuh bukan karena benci batang tubuhnya, tetapi karena benci perbuatan jahatnya, pertanyaannya adalah batang tubuh itu adalah tempat perbuatan jahat itu dilakukan,…dan itu terlihat dari kebiasaan agama Anda untuk terlihat baik di dalam batang tubuhnya…contohnya berpakaian ini dan itu, di sunat khitan, puasa, dan lain sebagainya yang tampak oleh mata dan daging…Kejahatan memang harus diberantas, tetapi cara penyelesaiannya itu jelas sudah membedakan antara ALLAH Israel dengan allah Anda.
ALLAH Israel berkata percayalah kepada ALLAH, maka kita akan menjadi kasih, karena ALLAH adalah kasih, sehingga jika semua orang menjadi kasih maka kejahatan akan hilang, tetapi sayangnya tidak semua percaya kepada ALLAH, sementara allah Anda melayakkan kekerasan untuk menghancurkan kejahatan, maka tidak jarang akan ada bunuh diri, d.l.l,… tetap dari sini dapat dikatakan bahwa ALLAH Israel berbeda dengan allah Anda…
Tanggapan saya:
Saya tidak memaksudkan kekerasan itu satu-satunya sarana bagi menolak kejahatan .Kekrasan,hukum hukuman itu adalah sarana terakhir.Di dalam Islam ada banyak sarana seperti dakwah dan pendidikan.Ajakan yg lemah lembut.Jika tidak mau juga barulah dilakukan dengan kekerasan supaya tertolaknya bahaya dan kerusakan ke atas diri orang yg lain yg tidak bersalah. ‘Allah’ anda tidak realistik.Udah tau manusia antaranya ada yg tidak mau beriman lalu dipukul ratakan dengan kasih sayang.Tentu orang-orang jahat pada seronok semua..Makanya masalah tidak selesai.Maka Islam itu menyelesaikan masalah.Masalah individu dan masyarakat.Caranya berperingkat-peringkat.Dengan lemah lembut dahulu.Kemudian jika tetap juga melakukan kejahatan barulah disusuli dengan tindakan yg lebih keras seimbang dengan berat ringannya kesalahan itu.Makanya Islam lebih lengkap.Dalam Islam ada kasih disamping itu ada juga keadilan.Dalam kristian Cuma ada kasih tapi tidak ada keadilan.Karena keadilan tidak ada,ujung-ujungnya kasih pun tidak ada.Mana bisa dalam masyarakat utk hidup dalam kasih kalau orang-orang yg ingkar bertindak melakukan kejahatan semaunya.
Anda kata:
2. Saya simak koq sobat. Bentuk Islam Indonesia yang umumnya moderat dibanding di Pakistan yang keras (sebagai contoh saja tentunya) salah satu akibatnya adalah cara hidup Islam itu sendiri… nah termasuk di dalam “semangat” mengamalkan agama…semangat bagian tafsir tertentu akan membimbing ke gaya moderat, dan semangat bagian tafsir tertentu akan membawa ke pada gaya yang keras, d.l.l, pertanyannya adalah….diantara dua mainstream itu yang mana yang sudah luntur? yang moderat atau yang keras?, tafsir siapa yang sudah luntur?, dan mungkin pertanyaan yang lebih dalam lagi adalah darimana Anda tahu bahwa sesuatu telah luntur di dalam Islam itu sendiri? apa dasarnya?
Tanggapan saya:
Saya udah katakan dalam mentafsir Quran ada dasarnya.Dasarnya adalah Al Quran,hadis nabi dan bahasa Arab.Semangat atau tidak semangat tidak termasuk dalam dasar menafsir.Biar setinggi apa pun semangat seseorang Islam itu atau ulama itu jika tafsirannya tidak mendasarkan kepada Al Quran,tidak mendasarkan kepada hadis nabi,tidak mendasarkan kepada bahasa Arab,maka tafsirannya akan tertolak.Coba anda bagi contoh spesifik tafsiran Al Quran yg anda kira berdasarkan kepada semangat atau tafsiran yg dibuat oleh orang islam yg berbeda dan perbedaan itu akibat dari perbedaan semangat.Saya kira tidak ada dan saya belum menemukan tafsir yg anda maksudkan itu.
Anda kata:
3. Kita ambil contoh antara orang Aceh dan Batak, untuk melafaskan aksara A itu jelas sudah berbeda, demikian jugalah yang terjadi ketika Utsman mendapati bahwa telah banyak pelafasan Quran, bahkan yang tertulis juga demikian, sehinga ia telah menebas leher orang2 yang menentang proyek penunggalan Al Quran… sampai peristiwa politik pecahnya sunni dan syiah, tidak dapat dipungkiri masalah satu ini… dan akhirnya ottoman menerima penuh utsman, dan seterusnya mayoritas Islam di dunia sekarang ini…. jadi masih belum terjawab, bagaimana utsman yakin, bagaimana ottoman yakin, dan bagaimana Anda yakin bahwa Quran yang Anda baca sekarang adalah Quran yang tidak luntur?…
Tanggapan saya:
Anda mendebat saya berdasarkan kepada informasi yg salah.Proyek penunggalan Ustman telah disepakati oleh orang-orang yg hidup sezaman dan tidak ada satu oknum pun yg menentang.Kekhalifahan Ustman dipertikai dalam tempoh 12 tahun terakhir pemerintahan baginda tersebab hasutan oleh musuh-musuh Islam ketika itu.Secara kebetulan Sayidina Ustman melantik pegawai-pegawai dan gabnor-gabnor dari kerabatnya sendiri karena baginda merasakan lebih mudah berurusan terhadap pegawai-pegawainya jika mereka adalah dari kerabatnya sendiri.Tapi ini telah disalahpahamkan oleh sebagian rakyat bahawa Ustman mengamalkan kronisme dan nepotisme sehingga sebahagian rakyat tidak berpuashati.Kesempatan ini telah diambil oleh musuh-musuh Islam utk menjalankan hasutan sehingga mereka yg tidak berpuashati itu menentang pucuk pimpinan baginda.Ketika rumah baginda dikepung pemberontak para pemberontak telah menahan bekalan air sehingga baginda dan keluarga kehausan.Tentera-tentera dan para sahabat yg setia dengan baginda telah mengawal rumah baginda tetapi baginda sendiri menyuruh pulang karena baginda tidak mau berlaku pertumpahan darah karena baginda masih percaya masalah boleh diselesaikan secara aman.Salah satu ciri kekhususan yg ada pada sayidina Ustman ialah baginda seorang yg lemah lembut dan berjiwa pemaaf,penyantun dan pemalu.Tetapi karena hasutan musuh-musuh Islam dan beredarnya surat-surat palsu menyebabkan keadaan tidak terkawal.Para pemberontak telah memecah masuk rumah baginda dan menetak baginda dengan pedang ketika baginda sedang membaca Al Quran.Sewaktu baginda akan dibunuh baginda telah berkata kepada Muhammad bin Abu Bakar(anak kepada syidina Abu Bakar khalifah Islam yg pertama) yg berada paling hadapan dalam gerombolan pemberontak itu “sekiranya bapamu masih hidup pasti dia akan merasa kesal dan sedih dengan sikapmu ini”.Kata-kata itu menyebabkan Muhammad bin Abu Bakar menangis lalu meninggalkan tempat tersebut karena sedar bahawa para pemberontak berada dijalan yg salah.Akhirnya baginda dibunuh oleh A bdul Rahman Al ghafiqie.Kalaulah Sayidina Ustman mau,pasti pemberontak tersebut tidak akan ada seorang pun yg selamat.Malah sebelum peristiwa itu terjadi sepupu baginda Muawiyah bin Abu Sufian yg sewaktu itu menjadi gabnor di Syam mencadangkan akan membawa balatentra yg besar dari Syam utk menghapuskan pemberontakan tersebut tetapi baginda melarangnya karena tidak mau berlaku pertumpahan darah.Kesimpulannya kejadian yg terjadi di zaman sayidina Ustman itu tidak ada kena mengena dengan usha baginda menkompilasikan Al Quran karena tentang itu telah ijmak sekalian umat Islam menyetujui usaha yg dilakukannya.Kejadian tersebut adalah disebabkan oleh hasutan dari musuh-musuh dalam selimut yaitu musuh-musuh yg berpura-pura memeluk Islam dengan tujuan merusakkan islam dari dalam dengan memperbesar-besarkan isu kronisme dan nepotisme.Tentang bagaimana saya yakin bahawa Al Quran yg ada sekarang persis asli seperti yg diturunkan oleh Allah udah saya kemukakan dahulu bahawa Al Quran telah dihafaz secara mutawattir oleh penghafaz-penghafaz yg ramai dari sejak rasulullah saw masih hidup yg tidak memungkinkan adanya pemalsuan dan kesilapan tanpa dikesan.Kenyataan itu juga dapat dilihat sehingga ke hari ini dimana semua umat islam dari berbagai mazhab menggunakan Al Quran yg sama.Al Quran yg dibakar oleh Utsman selepas pembukuan dibuat adalah al quran yg bentuknya terpisah-pisah dan terpotong-potong dan pembakaran itu dibuat utk memelihara orang Islam daripada kekeliruan dibelakang hari.Al Quran yg tidak lengkap dan terpotong-potong itu sudah tidak diperlukan lagi karena sudah ada Al Quran yg lengkap dan usaha membakar adalah diperlukan bagi menjaga kekeliruan di belakang hari.Keabsahan Al Quran yg telah dibukukan itu juga tidak boleh dipertikaikan laggi karena telah menjalani proses penyemakan dari sahabat –sahabat besar dan penghafaz-penghafaz Al Quran pada zaman itu.Kalaulah memang ada versi Al Quran yg berlainan pembakaran tentu tidak dapat menghilangkannya karena daripada jumlah ratusan ribu sahabat-sahabat nabi itu tentu ada yg menghapalnya kalaulah versi Al Quran yg berlainan itu memang ada.Anda bayangkan nabi wafat dengan meninggalkan 124000 sahabat yg pernah mendengar bacaan Al Quran bahkan menghafaznya.Mustahil kesemua 124000 para sahabat nabi itu akan mendiamkan diri kalaulah versi lain al Quran itu memang benar-benar ada.Jadi keaslian al quran adalah mutawattir dan bertaraf yakin karena pembuktian kebenaran akan sesuatu berdasarkan kemutawatiran adalah bersifat mutlak.Sementara kaedah yg anda pakai yaitu dengan cara pembandingan adalah kaedah yg bukan saja tidak mutlak malah tidak relevan karena apabila kita membandingkan tentu kita membandingkan dua yg berbeda.Jadi gimana anda menetukan yg satu lebih benar dari yg lain.Jika yg dibanding adalah sama maka tidak adalah arti bagi sebuah pembandingan malah itulah yg dinamakan kemutawatiran.Anda mengatakan utk mengecek kebenaran dengan roh.Ini pun keliru karena penilaian roh tidak mempunyai ukuran yg standard.Jadi keabsahannya adalah meragukan,bersifat andaian dan agak-agak.

@Parhobas

………..kesimpulan bahwa memang allah Anda berbeda dengan ALLAH Israel,… ALLAH Israel mengajarkan maafkan musuhmu, kasihi musuhmu, intinya kira2 begitu… di dalam mempertahankan kasih itulah terkadang kita secara tubuh mati.. itu disebut SYUHADA sejati…

Tanya :
Yakin cuma ayat itu yang ada di alkitab, wong yesus aja pernah ngamuk2 dan marah nendang2in lapak PKL waktu Bait Allah dijadikan tempat jualan, kek dah mati otaknya ente buat mikir.

Usman cuma menyetandarkan pengucapan,kebetulan yng d sepakati dialeg suku quraish.
saya bilang apa,orang betawi bilang ape, kalau anda ?
Alquran d firmankan dngn gaya bahasa tulisan.

To Anjarwati Jasmin a.k.a. Burit Yesus.

Terpaksa kamu saya blacklist.

Tulisanmu selain ngga nyambung, kotor, dan ngga berbobot.

Kasihan deh loe.

.
.

Salam

bhahahahaha…..di blok ini ada maling teriak maling.

yoi bro micek, licik banget sijelasnggak, gw rasa udh panas kali otaknya ama si burit yesus!

loh kok licik sih.

Saya kan bicara kenyataan.
Si burit itu bisanya cuma ngomong ngga nyambung, dan jorok. Udah gitu mending ada isinya.

Salam.

Permisi saudara/i Jelasnggak, tolong blog anda ini dinonaktifkan saja, anda menyudutkan agama islam yg anda sendiri hanya melihat islam dari kejadian-kejadian secara kriminal (pengeboman, pembunuhan, dll), anda tau, islam tdk pernah mengajarkan kekerasan apalagi pembunuhan, bisa saja mengaku-ngaku islam, mungkin bisa jadi dia beragama non islam yg disusupkan untuk menjatuhkan islam, kemudian dia melakukan kriminal, karna islam sangat mudah dipelajari

Apa anda suka jika agama anda diposisikan seperti Islam?

dan apakah ada gunanya untuk anda dan apakah anda akan menjadi mulia dipandangan umat beragama lainnya khususnya diagama kristen sendiri jika anda menghina Islam khususnya Nabi Muhamad dengan tuduhan-tuduhan seperti yg anda dan kawan-kawan anda katakan?

Kalo anda seorang kristiani yg baik, anda dan kawan-kawan anda tidak akan bicara hinaan kpd islam khususnya kpd Nabi Muhamad seperti diatas, yg anda sendiri tidak tau kebenarannya, yg anda hanya tau dari cerita/buku yg anda baca, dan kejadian itu berabad-abad yg lalu

Anda yakin dengan agama anda, saya dan yg seiman yakin dengan islam, bukankah lebih damai?

kalo ingin membahas agama tolong yg bijak, jangan seperti diblog anda ini, bukankah setiap agama itu pada dasarnya diciptakan untuk membuat kedamaian?

tolong secepatnya di nonaktifkan saja ini bersifat SARA! anda tau blog anda ini bisa menjurus kekriminal dan bisa dikasuskan,
tekhnologi komputer sudah maju akan dengan sangat mudah melacak keberadaan blog ini

salam

Ya kalau mau di kasuskan… ya silahkan di kasuskan saja lah.

jelasnggak, sy kasian liat anda dan temen anda, sya curiga anda ini mungkin mau ngadu domba, mungkin anda ini non kristiani? sy banyak berteman dgn kristiani sy juga berteman dengan beberapa orang martir (romo) ditempat saya, mereka sangat kasih kepada sesama umat beragama.
Anda ini hanya akan menyiksa hati anda sendiri, krn comment anda tidak mempengaruhi islam.

Yaaah…. apalagi saya.

selain kasihan, saya juga heran.

Lha wong kita ngomong berdasar FAKTA,… ehh… kamu malahan nuduh kita sedang mengadu domba.

Kamu bisa tunjukkan tulisan saya yang dimana yg mengandung unsur adu domba.

Jangan gitu dong.

Hati boleh emosi, kepala harus tetap dingin.

(jangan ikut2an FPI)

Salam.

Jelasnggakjelas:
sepertinya km puas dgn apa yg kalian tulis tentang islam dn nabi muhhamd ya???
yah sudh !!! selamat dech!!!
kl sy sih enggk heran dengan tingkah umat kristen, krn memang sudh tertulis di Alquran.
oh ya pesen sy cb buat judul2 yg lebih prontal dong tentang islam, biar seru debatnya
jangan cm muhhamad itu tukang perang, poligami, islam itu teroris,dll
gimana untuk kawan2 islam setuju enggak!!
abis bosen tulisannya nih melulu kurang extrem!!, bila perlu buat blog2 baru yg dahsyat, jelasnggak 1-tak terhingga, jd gampang liatnya.
salam kenal ya om jelasnggak.

nih, jelasnggak provokator gratisan, kasian jesus makin merana ditiang salib liat kelakuan kamu yg seperti iblis berambut.
umat islam : sabar aja ya!!!

perkataan2 dari @burit sangat mencerminkan ajaran agamanya yang rahmatan lil alamin:mrgreen:😆

Betul kata mas lovepassword, kamu memang anak kecil yng sedang belajar ngoceh..!

jelasnggak:
jangan marah dong!!! katanya harus kepala dingin??
bang ibeng kan cuma tanya, kasian kodoknya dibawa2 kn dia enggak salah.
salam ya

Tidak ada yang boleh masuk rumah,kecuali melalui aku.
rumah-rumah gue,terserah gue-kan..!
yng jelas,,, AKU bukan RUMAH, biar AKU di dalam RUMAH maupun d luar RUMAH..!

SIAPAKAH AKU ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yang nggak Seneng Poligami :

  • 198,551 orang
%d bloggers like this: