Jelasnggak

Dosa Waris

Halaman ini di buat khusus untuk teman muslim yang ingin bertanya tentang dosa warisan dalam kekristenan.

Posting dan pertanyaan dibatasi hanya mengenai dosa waris.

Posting yang keluar dari topik akan di moderasi.

Terima kasih.

163 Responses to "Dosa Waris"

pertamax…..
nah gitu dong om jel yg ganteng.
disini aku bukan ngajak debat tapi diriku yg bodoh ini ingin belajar dari dirimu yg pintar.
begini om jel….
apakah benar penyaliban yesus itu utk menebus dosa??dosa waris aja apa semua dosa??

trimakasih sebelumnya.

@IPO.

Dosa waris adam tertulis di aquran:

Qs. Al A’raf 7:22-25
22. Maka syaitan membujuk keduanya (untuk makan memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah baginya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupi dengan daun-daun surga. Kemudian Rabb mereka menyeru mereka: “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua”
23. Keduanya berkata: “Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi”.
24. Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan”.
25. Allah berfirman: “Di bumi itu kamu hidup dan di di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.

Lihat @IPO,..

Menurut quran, adam “DIUSIR” dari sorga gara-gara makan buah (MELANGGAR)
Setuju ?

Good!

Kau tentu bingung mengenai dosa waris ini.
Contoh, Emaknya IPO yang main gila kawin lagi,.. ehh.. si IPO yang disuruh bayar dosa emaknya itu. NGga adil dong..

Dosa waris beda dgn dosa perbuatan.
Yang dilakukan emaknya IPO itu itu namanya dosa perbuatan.

Dosa perbuatan ini kaitannya dengan Yeheskiel 18:20
“Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya.”

Jadi Yehezkiel itu bukan berbicara mengenai dosa waris, melainkan berbicara mengenai dosa perbuatan. sehingga tidak benar jika @ipo berkata alkitab berkontradiksi mengenai masalah ini.

Mengenai dosa waris.
===================
1. Adam dan Hawa telah melakukan perbuatan dosa/ pelanggaran di surga atau Taman Eden- Firdaus. (baca Qs. Al A’raf 7:22-25 )
2. Karena dosanya, keduanya (Adam dan Hawa) dikeluarkan dari surga atau Taman Eden tersebut.
3. Sebagai akibat dari dosa ini, maka selama Adam dan keturunannya berada di dunia fana ini, akan mengalami:
a) Datangnya maut (dosa kematian rohani) dan hilangnya kehidupan kekal di alam surgawi (sebab seketika Adam dan Hawa memakan buah larangan tersebut, mereka telah dinyatakan mati, yaitu kematian rohani, jatuh ke dalam dosa). Baca Kejadian 2:17 pada kalimat terakhir.
b) Sebagai pengganti dari kehidupan kekal surgawi yang hilang itu, Adam dan Hawa serta keturunannya diganti dengan kehidupan fana di bumi dan kematian fisik (maut), dan kebangkitannya kemudian (baca Q.7:25).
c) Akan timbul permusuhan diantara para keturunan Adam, satu dengan yang lain (sebagaimana diterangkan oleh Q. s. Al A’raf 7:24; s. Al Baqarah 2:36; Alkitab Kejadian 4:8-11)
d) Selama di bumi akan didatangkan juga tandingan-tandingan hidup bagi keturunan Adam berupa godaan setan, sehingga kehidupan kita selalu dalam godaan (Q. 7:27; Kejadian 3:15)
e) Bagi perempuan akan mengalami kesusahan-kesusahan di waktu mengandung dan bersalin, takluk di bawah kewibawaan suami (Kejadian 3:16)

Kita kebagian dosa waris sebab kita ini keturunan, anak cucu adam.

Tuh@n itu sumber kehidupan. Siapapun yg hidup di dekatnya akan memperoleh kehidupan kekal.
Karena adam yg berbuat dosa,.. maka ia tidak lagi hidup dekat dengan Tuh@N (adam di usir dari surga).

Akibat dari hidup jauh terlepas dari Tuh@n, adam mengalami kematian (badan dan roh)

Jika Adam waktu itu tidak berbuat dosa. Maka kematian (baik badan atau roh), tidak akan ada. Karena hidup adam ditopang oleh Tuh@n. (bayangkan hubungan tsb seperti bayi yang masih di kandungan ibu, sehingga kehidupan bayi tergantung kehidupan sang ibu)

Adapun dosa yang hendak ditebus oleh Jesus [dalam kaitan dengan “dosa waris”] adalah dosa maut (kematian rohani) yang menyebabkan terputusnya hubungan persekutuan dengan Allah dan hilangnya hak hidup kekal di alam surgawi, sebagai Dosa Warisan dari Adam.

Jadi kamu @IPO, jika kamu tidak mau mengakui YESUS sebagai juruselamatmu, ketika kau mati jasmani, maka roh ngga tau nyasar ke mana ….


.
….
..
.

Oke @IPO,.

sudah jelas sekarang mengenai dosa waris.
(cuman butuh niat untuk mencari dan google aja kok!)

trimakasih om jel atas pemjelasannya kpd diriku yg bodoh ini.
bukamkah yg dilakukan adam itu dosa perbuatan???
hanya saja yg lucu,adam kan berdosa kpd Allah maka juru selamatnya/yg mengampuni seharusnya ya Allah itu sendiri.kenapa harus dg penyaliban yesus???
apa ngga kasihan ke yesus????
anda berkata:
Jadi kamu @IPO, jika kamu tidak mau mengakui YESUS sebagai juruselamatmu, ketika kau mati jasmani, maka roh ngga tau nyasar ke mana

lantas kemana nyasarnya roh adam,nuh,ibrahim,musa dan orang2 yg ada sebelum yesus???
bukankah mereka juga tidak mengakui yesus sebagai juru selamatnya.
lain lagi ceritanya kalau penyaliban yesus itu terjadi sebelum adam.
jadi siapa yg menyelamatkan mereka dari dosa waris?iitupun kalo memang ada lho)

bukamkah yg dilakukan adam itu dosa perbuatan???

Jawab: Betul. Itu dosa perbuatan. tapi harus diingat, si adam kan bukan anak siapa-siapa. Adam manusia pertama. Jadi untuk adam tidak ada dosa perbuatan atau dosa waris. Yang ada hanya DOSA (SAJA).

hanya saja yg lucu,adam kan berdosa kpd Allah maka juru selamatnya/yg mengampuni seharusnya ya Allah itu sendiri.kenapa harus dg penyaliban yesus???
apa ngga kasihan ke yesus????

Jawab: Karena setiap kesalahan yg kita buat, ada harga yang harus di bayar.

Baca di sini :
https://jelasnggak.wordpress.com/2011/05/14/apakah-tuhn-tidak-bisa-memaafkan-jika-tidak-ada-penebusan/

lantas kemana nyasarnya roh adam,nuh,ibrahim,musa dan orang2 yg ada sebelum yesus???
bukankah mereka juga tidak mengakui yesus sebagai juru selamatnya.
lain lagi ceritanya kalau penyaliban yesus itu terjadi sebelum adam.
jadi siapa yg menyelamatkan mereka dari dosa waris?iitupun kalo memang ada lho)

Jawab: Mereka semua, orang-orang benar yang mati sebelum Yesus datang ke dunia, ada di dalam apa yang di sebut sebagai tempat penantian.
Makanya ketika YESUS mati, Yesus turun ke tempat penantian ini untuk membebaskan mereka.

@ jel
jel Jawab: Karena setiap kesalahan yg kita buat, ada harga yang harus di bayar.

ipo:apakah dosa waris itu kesalahan kita???

@ jel Jawab:
Mereka semua, orang-orang benar yang mati sebelum Yesus datang ke dunia, ada di dalam apa yang di sebut sebagai tempat penantian.
Makanya ketika YESUS mati, Yesus turun ke tempat penantian ini untuk membebaskan mereka.

ipo:
wah…utk yg ini saya baru tau.boleh tau di ayat berapa ya kisah ini?

trims atas waktunya.

ipo:apakah dosa waris itu kesalahan kita???

jawab: dosa waris itu bukan kesalahan kamu atau kesalahan saya secara pribadi. Tetapi itu kesalahan manusia.

Kamu dan saya keturunan adam.
Adam berdosa sehingga dia di usir dari surga dan mengalami kematian.
Otomatis kita sebagai keturunan adam juga akan mengalami hal yang sama. warisan dari kesalahan adam itu.

Dosa waris itu kesalahan Bapa
Penyalipan itu,cuma kegoblokan yesus
Akibat garam di gunung asam di laut..
Nggak nahan..!

Orang Islam menganggap diri mereka manusia sempurna maka mereka tidak mempercayai dosa warisan.

Dosa warisan hanya ada jika ada manusia tidak sempurna/penuh dosa wong dosa itu kan akibat dari pemberontakan Adam dan Hawa melawan kepenguasaan Allah.

Kenyataannya tidak ada seorang pun manusia yg sempurna/tak berdosa, ya semua termasuk para nabi dan para rasul baik dulu, sekarang mahupun yg akan datang adalah orang berdosa/tidak sempurna.

Jadi jelas, orang muslim bukan saja menipu diri sendiri tetapi juga semua manusia. Mungkin ini juga alasan mengapa mereka dengan sewenang2nya membunuh wong membunuh itu bagi mereka bukan berdosa dong!

Wah bahaya itu ajaran bahwa manusia sempurna/tak berdosa. Ajaran bahaya tidak berasal dari Tuh@n karena ajaran yang benar tidak membahayakan penganutnya.

ajaran yg benar adalah yg yg tidak mendakwa sesorang sebagai pendosa sebelum orang tersebut melakukan dosa.

@ ibg,

Sila bedakan dosa asal/dosa Adam/dosa warisan dengan dosa perbuatan.

kalo masalah kematian bukan monopoli keturunan adam kok.
yg bukan keturunan adam juga mengalami kematian kok.

jel berkata:

Mereka semua, orang-orang benar yang mati sebelum Yesus datang ke dunia, ada di dalam apa yang di sebut sebagai tempat penantian.
Makanya ketika YESUS mati, Yesus turun ke tempat penantian ini untuk membebaskan mereka.

ipo:
di ayat yg mana ya yg menerangkan hal itu???

Ipo: kalo masalah kematian bukan monopoli keturunan adam kok.
yg bukan keturunan adam juga mengalami kematian kok.

Jawab: Memangnya menurut quran/bible ada yang bukan keturunan adam ?
setahu saya menurut bible/quran semua manusia keturunan adam.
kalau monyet tentu bukan keturunan adam.

~~

IPO:di ayat yg mana ya yg menerangkan hal itu???

Jawab:
Banyak ayatnya.
Gerbang Kerajaan surga belum dibuka sebelum YESUS mati di kayu salib menebus dosa manusia. Itu karena dosa waris adam .
Ketika YESUS mati di salib YESUS pergi ke “tempat penantian” untuk membebaskan orang-orang benar yang hidup di jaman sebelumnya.
Berapa ayat bisa di lihat :

Matius 27:51-53

[51]Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

[52]dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.

[53] Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

yg bangkit dari kubur itu yg di tempat yesus aja apa juga dibelahan dunia lain.
orang suci juga banyak lho di india,china dsb.
apa kuburan mereka jg terbuka dan mereka jg keluar dari kubur??
coba tanya ke orang india dan china.
kalo ga ada berarti peristiwa tsb perlu dipertanyakan.ok??

Semua orang kudus yang meninggal dunia sebelum YESUS mati di kayu salib.

ketika peristiwa itu terjadi sudah banyak manusia suci di dunia ini.
sekarang coba tanya orang india atau mesir pada tahun 30an masehi apa ada kuburan2 yg terbuka dan mayatnya keluar?
trus kalo mayat yg keluar berada di china atau mesir mereka berjalan kemana???
ada2 saja….

Semua orang kudus yg mati di kayu salib sebelum jesus itu, kasih tau donk.. ?

Orang kudus maksudnya orang yang “dekat” dengan TuH@n.
Contoh : Abraham, daud dst.

Ada lagi pertanyaan yang LEBIH berbobot ?
kalau ngga saya mau tutup saja.

Karena udah banyak yang melantur,.

Mau nanya dosa waris atau orang kudus di cina sih…?

Matius 27:51-53

[51]Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

[52]dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.

[53] Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

wah itu ayat2 yang memberi inpirasi pembuat pehlem2 zombie ye

kena moderasi nih kayaknya, tapi kagak ppalah

postingan yang bagus.
kalau tidak ada dosa waris, maka mestinya semua orang, termasuk saya dan sampeyan, ada di surga saat ini.
toh nyatanya tidak, kita semua masih menunggu hari penghakiman. sambil kethar-kethir karena hakikat manusia adalah dosa (waris).

@mr s

Lha kalau kamu memang iya.
Masalahnya bapa kamu,warisan dosanya buaanyak,seluruh manusiapun di jadikan buat tebusan gak bakal cukup.
Lha kalau bapa saya gak ngewarisin dosa,yang ada juga sawah walau cuma sepetak, lumayanlah buat modal hidup,sambil mengembala domba buat tambahan jajan anak.

@Ibeng..
ntar kalau saya blokir kamu kebakaran jenggot..

Harap komentar jangan kaya muhammad di gua hira dong

@jell
Gue kan ngomong apa adanya.
Lha… Si mister s.. Bawa2 semua orang ngewarisin dosa.
Lha… Bapa guekan gak ngewarisin dosa,jelas gue gak terima donk..! dngn tuduhan si mister s.

@ Ibeng,

Jangan tersinggung ahh..itu cuma ilustrasi.

Katakan ibu anda mengandung.

Sudah dinasihatin sama dokter jangan minum arak dan kecanduan nter bayi dalam kandungan bisa menghadapi kesulitan misalnya cacat. Persentagenya 80.

Nasihat dokter ngga mau diturutinnya. Akhirnya apabila melahirkan anda kacian, anak memang cacat.

Ya sekarang pertanyaannya, apakah itu salah anda? Tidak kan.

Salah siapa?

Nah, kesalahan ibu anda tetapi yang tanggung ialah anda.

Sila banding itu dengan dosa warisan.

Fakta dilapangan jelas, ada kesalahan AKA dosa yang dilakukan orang A tetapi harus ditanggung B.

@ comic boy

Yang minum arak siapa ?
Loe yang minum arak,si jell yang mabuk.
*ngaco*

Ibu anda lho.

Gak ada mas,orang sehat baru satu kali minum arak,tubuh langsung rusak akut.
Kalau mabuk memang iya..
*ngaco*

@ comic boy
Emangnya si adam yang hamil ?

Hamil juga belum si eva,dosa udah di warisin ke si anak.

@ cosmic

ibu minum arak anak BELUM PASTI cacat
sementara…
adam melanggar manusia katanya PASTI menanggung dosa.
itulah bedanya pak cik….

Belum pasti bukan bermakna tidak pasti. Makanya ibu mengandung jangan minum arak kalu tidak anak bakalan cacat kecuali ibu ipo bisa2 saja kalu mau minum arak…

Akibat dari pemberontakan Adam dan Hawa di Taman Eden (Firdaus) maka kedua-duanya dibuang ke bumi.

Bumi ialah keterbalikkan dari sorga/firdaus. Di sana Adam dan Hawa mengalami kesusahan, penderitaan, kemiskinan, sakit-penyakit dan maut.

Di sana juga Adam dah Hawa meurunkan anak cucunya yg adalah kita.

Karena kita anak cucu AKA darah dagingnya di bumi maka kita turut menanggung kesusahan, penderitaan, kemiskinan, sakit penyakit dan maut. Itulah dosa warisan!

@ COSMIC

itu artinya akibat dosa adam atau dosa warisan adam???
tolong sila bedakan antara AKIBAT DOSA ADAM dan DOSA WARISAN ADAM.

kalau pakai analogi anda diatas maka setiap manusia belum tentu menanggung dosa waris.
bukan begitu pak cik???

@ JELL
oke jel…kembali ke laptop.
menurut anda semua orang punya dosa waris dan utk menebusnya harus dg dibaptis dan percaya kepada yesus sebagai juruselamatnya.
apa benar begitu?
kalo ada anak berumur 1 tahun mati dan belum bisa percaya yesus apakah anak tersebut dihukum akibat dosa warisnya yg belum tertebus???
mudah2an anda punya jawaban yg lebih baik dari si firman.

Dosa waris adalah dosa yang dilakukan oleh adam….
Apakah adam melakukan dosa pada saat dia bayi ?
Tentu tidak.

Adam melakukan dosa setelah P.A.D.A… S.A.A.T .. A.D.A.M… D.E.W.A.S.A .
Adam melakukan dosa setelah ia mengerti perintah TuH@n.
Adam melakukan dosa setelah dia bisa memilih dan mengetahui mana yg baik dan mana yang buruk.
Adam melakukan dosa setelah ia mempunyai KEHENDAK BEBAS.

Sedangkan pada bayi,..
Bayi belum bisa menentukan mana yg baik dan mana yang buruk.
Dengan begitu bayi tidak bisa menggunakan pikiran untuk memilih.
Bayi belum memiliki kehendak bebas.

Menurut saya, semua bayi yang mati baik itu anaknya orang kristen, islam, yahudi, budha, hindu, dll,.. masuk surga.
Namun demikian kita hanya bisa berharap atas kemurahan Tuh@n.
Dan saya pikir TUh@n maha adil dan maha pemurah.
Dia tidak akan menghukum manusia yang belum bisa memilih untuk berbuat dosa.
Contoh sederhana:
Ketika rambu lalu lintas belum di pasang, tidak ada orang diberikan hukuman surat tilang.
Hukuman surat tilang diberikan kepada mereka yang SUDAH TAHU ada rambu lalu tetapi tetap melanggar.
Demikiian juga manusia. Ketika bayi tidak ada hukuman buat bayi karena bayi belum melanggar peraturan Tuh@n.
(bagaimana mau melanggar,…?? mengerti saya belum….! )

Paulus (orang yg elu benci itu) juga mengatakan dalam surat Roma

Roma 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka,

    tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.

Roma 5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Kedua ayat itu mengatakan dengan jelas: Dosa tidak akan diingat oleh TuH@n, jika tidak ada hukum (baca : larangan)

Catatan:
Kalau menurut Umat Katolikbayi harus cepat-cepat di baptis setelah lahir (mungkin biar afdol)
Sedangkan kalau menurut iman kristen non-katolik, bayi cukup di serahkan pada TuH@n.
Keduanya sama saja.
Membabtis bayi adalah wujud penyerahan bayi kepada Tuh@n oleh orangtuanya.

Jadi jawaban saya jelas.
Bayi masuk surga, karena dosa waris itu dosa adam yang dilakukannya ketika dewasa (ketika adam sudah tahu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh di lakukan)

Mudah-mudah-an jelas.

@ Jel
Kalau dosa waris itu ada kenapa masih tidak tertebus setelah kematian yesus.Buktinya manusia tetap saja cenderung berbuat dosa tidak mengira sama ada dia itu kristian atau non kristian.Katanya disebabkan dosa waris manusia terpisah dari Tuhan dan cenderung berbuat dosa.Kan dosanya telah tertebus dengan kematian Yesus.Secara kasat mata dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia setelah penebusan jauh lebih banyak sebelum penebusan.Menurut saya,kecenderungan manusia berbuat dosa tidak ada kena mengena dengan dosa waris.Kecenderungan manusia berbuat dosa itu ialah karena adanya nafsu yang dicipta oleh Tuhan semenjak Adam disurga lagi.Buktinya Adam memakan buah larangan semasa disurga menunjukkan sejak semula Adam sudah ada kecenderungan berbuat dosa padahal Adam belum mewarisi dosa dari siapa-siapa.

@ilham.

Kan sudah saya katakan. Dosa perbuatan berbeda dengan dosa waris.

Dosa perbuatan adalah dosa kau ketika berzinah atau dosa saya ketika mencuri.
Dosa waris itu dosa akibat dosa perbuatan yg dilakukan adam.

Kalau adam tidak berdosa, tetapi anak adam yang berdosa,.. tentu adam masih di surga dan anaknya yang di usir dari surga.

Kalau adam dan anak cucunya tidak berdosa, tetapi kau yg berdosa,… tentu adam dan anak cucunya itu masih di surga,.. sedangkan kau di usir dari surga (dan anak cucu kau juga pasti berada di luar surga)…

Iyalah..Tapi katanya disebabkan dosa waris manusia terpisah dari Tuhan dan cenderung berbuat dosa.
1)Kenapa Adam ada kecenderungan berbuat dosa walaupun dia tidak mewarisi dosa dari siapa-siapa?
2)Karena mewarisi dosa dari Adam anak cucunya terpisah dari tuhan dan cenderung berbuat dosa.Bukankah kecenderungan itulah yang melahirkan dosa perbuatan.Sepatutnya apabila Yesus sudah menebus yang namanya dosa waris itu maka sepantasnyalah kecenderungan berbuat dosa juga hilang hingga tidak ada lagi dosa perbuatan.

Jawab:
1. adam itu dosa perbuatan (bukan dosa waris)
2.semua manusia termasuk adam mempunyai kecenderungan berbuat dosa. Dari dulu sampai sekarang, itulah manusia. kecenderungan ada karena manusia memiliki kehendak bebas.

La..kalau gitu tidak ada bedanya samada selepas atau sebelum Adam berdosa karena memang pada hakikatnya manusia cenderung berdosa dan mengikuti keinginan daging.Jadi mengapa dikait-kaitkan kematian rohani dan cenderung mengikuti keinginan daging itu dengan perlanggaran Adam?

Yang mengaitkan itu kamu.

jadi kesimpulan anda adalah bayi tidak punya dosa waris.
benar begitu jel?
kalo benar maka sama dengan islam.
berarti dosa waris tidak menjalar ke semua orang.
jadi kalo ada ayat yg mengatakan SEMUA MANUSIA menanggung dosa adam adalah ayat sampah……

JAWABAN ANDA LEBIH BAGUS DARI SI FIRMAN KOPLO.
TAPI…….UTK MASALAH PENTING INI ANTARA UMAT KRISTEN KOK BEDA PENDAPAT YA?

jadi kalo ada ayat yg mengatakan SEMUA MANUSIA menanggung dosa adam adalah ayat sampah……

jawab: tergantung definisi MANUSIA.

Manusia = dari bahasa latin saja berarti HOMO SAPIENS, yg berarti “WISE MAN” atau “KNOWING MAN”

Jadi yang dimaksud SEMUA MANUSIA di ayat itu tentulah SEMUA MANUSIA yang demikian…

~~

Perbedaan menghasilkan persatuan (BUKAN PERPECAHAN )

seharusnya muslim BELAJAR dari kami.

@ jel
anda memang pintar sekali bermain kata.
he he he
emang bayi bukan termasuk manusia ya??
tapi jujur jel…..kamu satu2nya yg berpendapat sama dg muslim ttg hal ini.
yaitu bahwa bayi itu tidak dihukum dg hukuman apapun.
jel…
aku ada pertanyaan dikit
tapi rada oot walaupun masih ada kaitannya sma dosa waris.
begini…
menyurut anda ketika adam makan buah terlarang maka dia langsung mati.
mati disini menurut anda adalah mati rohani.
kemudian yesus datang utk menebus kematian rohani tersebut.
yg saya tanyakan
penebusan yesus di tiang salib itu merupakan kematian rohani apa jasmani??
logikanya
kalo adam mengalami kematian jasmani maka tebusannya adalah kematian jasmani juga.
kalo adam mengalami kematian rohani karena makan buah terlarang maka tebusannya juga kematian rohani.
kematian rohani manakah yg dilakukan yesus utk menebus kematian rohani keturunan adam???

bayi memang termasuk manusia.
Tetapi tentu “manusia” yg dimaksud di ayat alkitab adalah “manusia yg sudah memiliki pikiran dan hati”

Tidak ada bermain kata di sini.

~~

Kamu tanyakan:

yg saya tanyakan
penebusan yesus di tiang salib itu merupakan kematian rohani apa jasmani??
logikanya
kalo adam mengalami kematian jasmani maka tebusannya adalah kematian jasmani juga.
kalo adam mengalami kematian rohani karena makan buah terlarang maka tebusannya juga kematian rohani.
kematian rohani manakah yg dilakukan yesus utk menebus kematian rohani keturunan adam???

Yesus Mati di kayu salib tentu kematian jasmani.

Pada saat saya katakan “kematian” itu artinya “manusia TERPISAH dari sumber kehidupan.”
Sumber kehidupan di sini maksudnya adalah TuH@n itu sendiri.

Manusia itu sebenarnya sudah mati (meskipun masih hidup).

Kan sudah saya katakan : adam disuruh memilih antara HIDUP atau MATI. Ternyata adam milih MATI (adam milih berpisah dari TUh@n dengan memakan buah larangan).

Jadi, adam dan seluruh keturunannya, termasuk kamu dan saya…….sudah mati.

Kematian badan hanyalah DELAY…alias penundaan…

Setelah kematian badan,… roh kita semua berakhir di sebuah tempat antah berantah…ngga tau dimana… (yang pasti bukan di surga bersama Tuh@n).
Inilah yang akan kita dapat JIKA YESUS tidak datang ke dunia untuk menebus dosa kita.

Jadi bukan seperti yang kamu fikirkan itu, bahwa kalau jasmani harus tebus jasmani,.. kalau rohani harus tebus rohani.
Bukan seperti itu.

Inti dari penebusan YESUS adalah KE-TAAT-AN.

Yang YESUS lakukan adalah KEBALIKAN dari yang adam lakukan.

Adam TIDAK TAAT…. mengakibatkan kematian.

Yesus sebaliknya,
Dia TAAT sampai mati… Agar manusia (kamu dan saya) … bisa memperoleh kehidupan.

Karena kesalahan satu orang (adam) semua manusia binasa.
Tuh@n melihat ketaatan satu manusia (YESUS) sehingga semua manusia diselamatkan.

Jadi kamu, IPO, jika kau ingin selamat setelah mati rohani,.. segera lupakan Muhammad, ingat YESUS.

Saya juga heran, ada yang lebih besar dari muhammad, tapi kau malah memilih muhammad.

@ ilham,

Sudah anda protes ke pemerintah UMNO menyangkut nama Allah? Dimana kejantanan anda?

@ ilham,

Sebaiknya orang bodoh seperti anda banyak membahas di situs2 UMNO ketimbang sini, tuntas kan dulu nama Allah anda yang sakral itu. Munapik…!

@ Comic boy
Bumi di ciptakan untuk ujian buat manusia.
Makanya ada surga dunia dan neraka dunia.
Nanti setelah kamu mati,baru kamu dapat merasakan surga dan neraka yang sebenarnya,dan kekal selamanya.
Jadi nanti gak ada orng yang berada di surga merasa seperti di neraka,begitu juga sebaliknya bos..

Bumi di ciptakan untuk ujian buat manusia.
——————————————————-

Emangnya bumi itu sekolahan…………. he heehee

@ jell

Kenyataannya memang iya.
Untuk mengetahui surga yang sebenarnya,kamu mulai belajar di bumi tentang keindahan.
Kamu ingin tahu nerakapun di mulai di bumi,kamu tahu api dan penderitaan dari bumi.
Yesus aje belajar menderitanye di bumi.

@ Comic boy

Yang menderita di bumi entu si pastur(di kebiri).
Lha…gue alhamdulillah hingga detik ini bahagia bersama keluarga.

@ jell
disini aja jell…
aku tertarik dg komenmu bahwa:
apa yg dilakukan adam adalah ketidaktaatan kepada perintah tuhan.
dan apa yg dilakukan yesus adalah kebalikannya yaitu ketaatan kepada perintah tuhan.
apakah panyaliban yesus itu merupakan ketaatan atas perintah tuhan??
dimanakah tuhan memberikan perintah penyaliban yg akhirnya ditaati oleh yesus tersebut??
kalo dilihat dari cerita peristiwa penyaliban apakah yesus keliatan sbg orang yg taat kepada tuhan yg pasrah thd nasibnya tanpa ada indikasi keberatan??

Yohanes 8:42 mengatakan:

Aku datang bukan atas kehendakku sendiri, melainkan Dialah yang mengutusku.

Jadi DIA (Bapa) yang mengutus YESUS datang ke dunia.
Buat apa YESUS datang ?

Jawabnya ada di sini :

Matius 20:28
sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

semoga jelas.

Yohanes 8:42 mengatakan:
Aku datang bukan atas kehendakku sendiri, melainkan Dialah yang mengutusku.
Jadi DIA (Bapa) yang mengutus YESUS datang ke dunia.

ipo:
aku itu setuju jell bahwa yesus datan kebumi karena diutus sang bapa bukan kok bapa yg mengutus dirinya sendiri ke bumi seperti tulisan si firman koplo itu.

Jawabnya ada di sini :
Matius 20:28
sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

ipo:kalo kalimat yg ini ucapan yesus apa ucapan matius?
kalo ini adalah ucapan yesus langsung maka sangat mustahil ada nada ketakutan dalam diri yesus ketika mau disalib.kenapa?
karena yesus tau persis bhw kematiannya akan menyelamatkan banyak orang.
misalnya begini:
jell tangannya mau dipotong.
jell tau potongan tangannya akan dibeli seribu trilyun dan akan dipakai utk bayar hutang indonesia.
jell adalah orang yg baik shg menyediakan tangannya utk dipotong agar indonesia bisa bayar hutang.
ketika detik2 pemotongan akan terjadi,si jel takut apa malah senang karena berhasil menyelamatkan indonesia???
kamu pasti faham analogiku diatas.

Sayangnya hutang duit berbeda dengan hutang dosa yaah…?

@ jell
Di dunia aja loe gak bayar hutang bisa masuk penjara.
Yang jelas harta gak di bawa mati,kalau hutang biar loe udah mampus masih gue caci maki.

Ibeng.
Makanya saya katakan hutang dosa beda dengan hutang duit.
Kalau hutang duit masuk penjara, hutang dosa masuk neraka.

..

Udah..

kepinggir dulu…

(nanti ada kesempatan melawak)

bagusnya di islam ga ada hutang dosa.
kenapa???
karena Allah maha adil.
hebat kan???

pointnya adalah kalau yesus tau bahwa kematiannya akan menyelamatkan banyak orang dan dia ikhlas melakukannya maka tidak akan ada nada ketakutan pada dirinya.
yg ada justru kebanggaan…..

ipo:kalo kalimat yg ini ucapan yesus apa ucapan matius?
kalo ini adalah ucapan yesus langsung maka sangat mustahil ada nada ketakutan dalam diri yesus ketika mau disalib.kenapa?
karena yesus tau persis bhw kematiannya akan menyelamatkan banyak orang.

Jawab:
Kau mau ngomong apa IPO…?

Itu adalah ucapan YESUS yg dituliskan oleh Matius ke dalam Injil.

Kalau ngga percaya ya sudah, gpp kok.
Tapi kayaknya tak ada hubungannnya antara YESUS tahu kematianNYA akan menyelamatkan banyak orang,…. dengan…. yang nulis kalimat itu bener2 YESUS atau matius.

Yang bener dong kalau nanya..

kalo itu ucapan yesus yg ditulis matius pasti ada keterangan bahwa kalimat tersebut keluar dari mulut yesus yg kemudian di tulis matius.
lihat narasinya dong….
jel berkata:jam lima aku makan bakso
ipo berkata:aku lihat jam lima jell makan bakso.
atau
ipo mengatakan bahwa dia melihat jell makan bakso jam lima.
bisa bedain ngga??

nanti saya sampaikan kumplain mu pada si pembuat injil.

Dia(bapa) yang mengutus yesus datang ke bumi…he he he…si bapa di paksa si jell datang.
Ya… Terserahlah..
Ngemeng2 si yohanes lupa ya ?

@ibeng.

Sabar…

nanti ada waktu buat melawak..

bagusnya di islam ga ada hutang dosa.
kenapa???
karena Allah maha adil.
hebat kan???
————————

Iya koq…

herannya si adam DI USIR dari surga gara-gara melanggar.

24. Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan”.

Sehabis makan buah terlarang langsung di suruh turun…

@ jell
Daripade,,, udh di usir dari surga, masih juga mikul2 dosa ampe bongkok tujuh turunan gak kebayar juga.
*kasihan*
Kalau saya masih boleh mencicipi kesenangan duniawi,udah gitu dosa gue di ampunin lagi.
Yang terpenting gue menjaga diri dari perbuatan dosa selagi hidup di bumi,dan matipun pasti masuk surga.
*enak nggak*

Panggul tuh dosa,biar ampe bongkok tujuh turunan.he he he hu.

makanya saya suruh kau minggir dulu ke pojokan…haha ha…

Intinya dari tulisan saya : ADAM ITU DIHUKUM dgn cara diusir.. ha ha ha ha

ketangkap lagi tolol..ha ha ha

apakah kalo diusir berarti dosanya diturunin ke anak cucunya????
makanya bedain antara akibat dosa adam dan warisan dosa adam.
payah juga nih anak……

eh jel kamu pernah bilang yg dimaksud manusia yg mewarisi dosa adam adalah menusia yg sudah dewasa dan bisa berfikir sehingga bayi tidak termasuk dalam katagori manusia tersebut.
tapi di kitab ente kan disebut dosa itu menjalar ke semua manusia.
adakah ayat yg menyebutkan bahwa bayi bukan termasuk manusia spt yg dimaksud kitab ente??
atau cuma tafsiran ente aje??

Lho? kan sudah saya jawab. koq balik lagi ??
Kalau di lihat dari spesies, tentu bayi manusia.
Tapi “manusia” yg dimaksud di alkitab itu manusia yg secara definisi telah memiliki tingkat kecerdasan (telah bisa memilih mana yg baik dan mana yg buruk)

makanya yg aku tanya itu ada ngga ayat yg mengatakan bahwa yg dimaksud manusia disini adalah manusia yg sudah ounya tingkat kecerdasan.
karena dalam alkitab setahuku cuma dosa itu menjalar kesemua manusia.ngga ada keterangan bhw yg dimaksud manusia disini adalah yg punya kecerdasan atau ngga.bayi atau dewasa,gila atau waras….dsb.
kamu faham maksudku khan?

Baca di kisah adam.
Waktu adam berdosa, dia itu anak-anak atau bayi.

ya tentu saja kalo dilihat dari sisi rohani jelas masih bayi. Belum melewati pasang surut hidup dan tidak punya pengalaman menghadapi godaan . ^_^ ya mirip2 bayi itulah yang kamu kasih pisau lalu kamu larang bermain pisau. Kalo bayi itu terluka bahkan mati kayaknya perlu ditimbang2 juga kesalahan ortunya yang ngasih pisau yang membuat bayi itu mati. Kecuali jika yang dikasihkan bukan pisau itu urusannya lain lagi. Memberikan benda dengan sengaaja kepada pihak2 yang berpotensi membahayakan dirinya sendiri dan orang lain bisa dianggap merencanakan kejahatan. Apalagi jika kita tahu persis hasilnya bakal seperti itu.

coba saja kamu kasihkan pisau dapur pada anak kecil, suruh mereka liat2 saja gak boleh disabet2kan. Kamu bisa dilaporin polisi atau paling enteng ya dimaki2 saama orang tua anak itu.

“Lho pak, kan sudah saya larang , saya minta supaya dilihat doang, jangan ditusukkan, kalo kemudian mati ya salah dia sendiri dong. Mengapa gak nurut sama larangan saya”

Bisa digebukin orang sekampung kamu cah..hiks ^_^

ya tentu saja kalo dilihat dari sisi rohani jelas masih bayi.
————–
Siapa yg suruh you melihat dari sisi rohani..

Ha ha ha ha ha

bodo bener nih anak….

hukuman adam saja juga rohani. …gak konsisten ni anak. hiks .

…Aku berlari menjauhi kasihmu …..
seperti elang menantang matahari
tegak kepalaku sang penguasa bumi
siapakah aku di matamu ?

Bumi gonjang ganjing langit kelap kelip
nalikane ing ngalengka di raja …
dung dung der……

maksudnya gimana mas??

aku lagi mau latihan jadi dalang. Gak usah ditanya maksudnya… Piye toh … ^_^

@ jell
Presiden aje di suruh turun.
Turun tangan,emang tanganlu mulur ke kepala.
Yang lucu; Yohanes 8:42 mengatakan:
Aku datang bukan atas kehendakku sendiri,melainkan dialah yang mengutus aku.
Jadi dia(bapa yang mengutus datang ke bumi.
Sudah di jelasin para atase datang dan tinggal di negara lain atas kehendak presiden.

memangnya presiden = Tuh@n….????
(yg maha kuasa)

Ha ha ha ha… ketangkep lagi dehh oon-nya..

Sudah.. sudah…

mendingan kau ke pinggir dulu…

mojok…

dengerin music

sambil baca tulisan di blog ini.

ok boy…?

good.

@ jell
Nah… Itu dia bos.. kenyatannya Presiden lebih berkuasa daripada si yesus tuhan anakan.
Yang jelas,Duit gak di bawa mati,kalau loe punya hutang duit,biar loe udah matipun gue caci maki.
Jadi begini bolod,duit/harta bisa menjadi berkah,pahala atau bencana. jika hartamu,udah boleh ngutang loe buat pakai poya-poya sambil minum arak,di dunia bisa masuk penjara dan berdosa kepada tuhan.
Jadi loe bisa masuk neraka karna duit/harta.
Makanya jangan di biasaken cari yang gratisan.
Ape lagi tuhan mampus buat jaminan.

@ibeng.

Yup (biar cepetan dikit)

jika dosa bisa diwariskan apakah keselamatan juga bisa diwariskan ? 😉

jika dosa bisa diwariskan apakah keselamatan juga bisa diwariskan ?

jawab: nanti aja buka topik baru.

😉 ^_^

mengapa sih hanya yang jelek2 yang diwariskan, emangnya gak bisa ngasih warisan yang lebih mak nyoss gitu, selain dosa. Kalo misalnya nenek kamu selamet, kamu diwarisi selamet juga gak jell ? Kalo misalnya warisan ditolak boleh gak jel ? Kan suka2 ahli warisnya mau nerima atau nolak warisan . Coba tanya pak hakim deh ^_^

Kalau kamu monyet tentu kamu tidak akan memiliki dosa waris.
Hanya manusia yg memilik dosa waris. Sebab semua manusia keturunan adam. (kecuali monyet)

Kalau dosa pertama dilakukan cucu saya, tentu saya tetap di surga bersama nenek saya, adam.

Pilihan cuma 2 : selamat atau mati.

apa ada ayatnya bahwa yang punya dosa waris itu cuma manusia dan bukan monyet ?

Pilihan cuma 2 : selamat atau mati.===> kalo mati dalam keadaan selamat gak bisa ya ? ^_^

apa ada ayatnya bahwa yang punya dosa waris itu cuma manusia dan bukan monyet ?

JAWAB:

kalau monyet bisa baca, tentu monyet juga akan terkena dosa waris itu.
sebab ayat2 tertulis hanya UNTUK MANUSIA

~~
~~

Pilihan cuma 2 : selamat atau mati.===> kalo mati dalam keadaan selamat gak bisa ya ? ^_^

JAWAB:

Kalau pakai logika arab, tentu bisa.

Logika arab : suka-suka gw dong….

srimulat.

ya gak gitu2 amit lah. Binatang peliharaan orang Amalek gak bisa membaca juga ikut dibantai juga .^_^ ….hik hiks 🙂

LP:knpa yg diwariskan dosa saja?
Jawab: ya karena kita manusia keturunan adam (bukan keturunan monyet)

LP: apa ada ayatnya yg mengatakan itu?
Jawab:Alkitab hanya untuk manusia.

LP: Mengapa binatang peliharaan amelek ikut dibantai

Ternyata sampai di sini terjadi salah sambung alias bad connection.

@jelasnggak : logikanya tuh gini cah, pembantaian itu kan konteksnya di situ hukuman. Jika kamu bilang Alkitab atau anggaplah ajaran agama untuk manusia dan burung beo gak bisa baca Alkitab apalagi domba2, kambing, unta, atau manuke manuke cecak rowo apapun binatang milik Amalek itu, ya apa relevansinya mereka ikut2an dibantai tempes kelor. Wanita dan anak2 dibantai, binatang gak bisa baca Alkitab juga dibantai. Gicu lho cah. Jadi bagusnya kamu banyak2 belajar supaya lebih mudengan. Sambungannya banyak itu .

Saya serius Lovepassword.
Mending kamu belajar lagi berdebat dengan teman-teman atheismu itu.

Ini bukan saya ngeles2 atau apa.

Cuman saya kasihan saja padamu.

Kemampuan nalarmu berantakan.. ngga fokus.

Kalau saya sering berkata : “minum cerebrovit”,.. itu bukan becanda… itu saya sungguhan lho.

terimakasih atas sarannya cah……diberkatilah mereka yang mengecup ubun ubunmu , anakku …. que sera sera selama ada holcim…..la la la la la la

kapan juga ada makhluk hidup ngeles terus ngaku …la la la la …..^_^😉

kalau monyet bisa baca, tentu monyet juga akan terkena dosa waris itu.
sebab ayat2 tertulis hanya UNTUK MANUSIA

===> jangan2 ternaknya Amalek itu bisa baca Alkitab semua sehingga mereka harus menanggung akibat dosa ….^_^. Ada juga tho Cah ayat2 tertulis yang perlu diajarkan kepada binatang ternak, domba, kambing, onta, burung onta, burung nuri, burung apa lagi ya …. entahlah…

Ternak mereka itu milik bangsa amelek.
Jadi bukan ternak bisa baca…
tapi ternak milik bangsa amalek.
Bangsa amalek yg bisa baca.

(mudah2an nanti nyambung)

ooo jadi karena bangsa Amalek bisa membaca maka ternak perlu dibantai. Jika bangsa Amalek gak bisa membaca ternaknya gak perlu dibantai ? gicu maksudmu ?

ngomong2 yang ngajarin bangsa Amalek membaca siapa cah ? ^_^. Mengapa juga ternak kaum yang bisa membaca perlu dibantai ? Karena dianggap ketularan pinter ya ?

Sory
Percakapan sudah tidak bermutu lagi.
Tidak menarik untuk dipikirkan jawabannya.

lho kan aku cuma menanggapi jawabanmu cah, Makanya kalo menjawab jangan ke kanan kiri….^_^.

Sebenarnya yang ngomong teori dosa waris di Alkitab siapa sih cah ? Itu ada di Alkitab bagian yang mana, pasal berapa ayat berapa ?

Sebaiknya dipikir dulu kalau ngomong.
Takutnya nanti kau bertanya “ayat dosa waris” tiba-tiba bersambung ke “hewan peliharaan amalek”.

Di konsep dulu baru di tanyakan.

..
..

Plus jangan lupa cerebrovit.. biar siip

katanya kamu pengin ditanyai soal dosa waris, eh ditanya kamu malah ribut soal cerebrovit. Emangnya beneran manjur ya cah. Kamu merasa tambah pinter gicu, setelah minum cerebrovit ? ah masak….

Cerebrovit khusus buat orang yg kurang bisa fokus.
Kalau saya sih ngga perlu yaa… kira-kira gitu..

oo jadi kamu cuma jualan kecap saja, kamu sendiri nggak merasa meningkat gitu ? hi hi hi ….Pagi cah…

Tuhh….kann..
ngga nyambung lagi.
CPD

makanya jangan ngomongin cerebrovit aja. Kalo pengin cepat pinter ya banyak2 latihan. Dijawab dulu tuh pertanyaannya….

LP:apa ada ayatnya bahwa yang punya dosa waris itu cuma manusia dan bukan monyet ?

Jawab: Semua isi alkitab itu diperuntukan untuk manusia. (bukan untuk monyet atau binatang lain)

LP:logikanya tuh gini cah, pembantaian itu kan konteksnya di situ hukuman. dst..bla..bla

Jawab: Iya, hukuman untuk manusia. Karena manusia melanggar. Monyet tentu tidak melanggar,.. yaah .. baca saja tidak bisa.. gimana mau melanggar.

kamu itu emang hobi muter2, katanya jangan ngomongin Amalek, eh sudah kuturuti kamu kembali lagi ke topik itu itu lagi. Piye toh ? Kok malah ngomongin monyet ki piye ? Kamu mau kita ngomongin itu lagi ? Serius ki ? hi hi hi… 😀

Maksudku yang perlu dijawab itu pertanyaan yang terakhir , kalo yang masalah monyet mah biarpun kamu ngefans juga, gak perlu dibahas terlalu panjang. Nanti kamu tambah capek.

Itu lho dipikirkan yang ini : Sebenarnya yang ngomong teori dosa waris di Alkitab siapa sih cah ? Itu ada di Alkitab bagian yang mana, pasal berapa ayat berapa ? Gicu lho maksudku …..

Google saja dulu sebelum bertanya.

Kerjakan PR mu dulu… baru tanya pada guru..

jangan belum-belum sudah nanya… dikit-dikit nanya…

suseh suseh….kalo tanyanya sama paman gober eh paman google terus kerjaan elo ngapain. Lha ngapain juga kamu buka threat forum diskusi. Antik juga ni anak…hiks ^_^..ngeles ya ngeles tapi ya jangan banget2 cah. ^_^

@jelasnggak nan imut : wah wah sarapan pagi lagi ya, baguslah aku juga belum sarapan. ^_^. Sarapan pagi emang keren, kamu harus banyak2 belajar dari mereka cah. Jangan cuma bisanya kopi pasta gigi my style ..hik hiks…

Kamu paham gak cah, sama apa yang ditulis di sarapan pagi ? Apa cuma pasang bemper doang. Coba kuuji sebentar.

Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut….ada ayat begitu di sarapan pagi. Coba kamu jelaskan dosa apa yang tidak mendatangkan maut yang lebih ringan daripada makan papaya mangga pisang jambu di taman. Mengapa dosa itu dianggap tidak mendatangkan maut sedangkan makan buah-buah bisa mendatangkan maut .

Gimana cah? Bisa menjawab gak ?

Dalam hal ini, “dosa yg tidak mendatangkan maut” jelas tidak ada hubungannya dengan topik dosa waris.

Yg jelas dosa waris itu Bukan termasuk dosa yg tidak mendatangkan maut.

Jadi buat apa di bahas di topik ini.

..
.
cerebrovit bro,..

jell jell, gini lho cah ceritanya : kamu kan kutanya soal ayat dosa waris , kamu gak menjawab kamu cuma menunjukkan link yang ada isinya ayat itu. Jadi link itu kan jawabanmu atas pertanyaan mana ayat yang menunjukkan dosa waris. Gimana sih ente…? duh duh…kalo gak pake ngeles menclok pager apa gak bisa tho cah ?
Jadi karena duhai dikau yang ngasih link yang isinya ayat itu ya coba saja jelaskan link yang kamu kasihken sendiri. Kalo mampu sih. Kan ya gicu .

Carilah jawaban atas pertanyaan mu (yang masih ada hubungannya dengan topik ini)… di dalam link yg saya berikan.

Suruh minum cerebrovit ngga mau ya sudah.

@jelasnggak nan imut : Wuih wuih bakat ngelesmu emang tingkat tinggi…hiks ^_^. Kan sudah kubilang kalo mencantumkan link itu mesti tanggung jawab. Kalo sekedar minum kopi tiru tiru ya anak pra TK juga bisa , tetapi kalo ditanya terus muter gak tahu mau menjawab apa ^_^. Ya sudah kamu kirim email dulu sana ke BP atau tanya kemana kek gitu, minta dia menjelaskan kamu . Kutungguin di sini ya ? Hati-hati di jalan cah…jangan disambi mampir mampir….bisa ngantuk aku ntar ….

Siapa bilang saya tidak bertanggung jawab.

Kalau bertanya hal yg TIDAK ADA HUBUNGANNYA,.. yaa ngapain juga saya jawab.

CPD.

..
..
Cerebrovit bro..

@ jell
Sory gue lagi sewot,, gara-gara tetangga sebelah nagih hutang.
Tolong bilangin pak yesus dong jell,bayarin hutang gue.
*nanti dia gue anggap saudara deh*

ibeng,
YESUS datang bukan untuk membayar hutang yg begitu.
tapi YESUS datang untuk membayar dosamu.

Mengerti tidak cucuku?

@ jell
Harta bisa menjerumuskan ke perbuatan dosa.

Ya,terserahlah…saya cuma mengingatkan kok..!
Ngemeng-ngemeng,jadi hutang si adam si bapa ape si anak yang bayarin ?

@Ibeng.

“hutang” yg di maksud di sini,.. BUKAN “hutang HARTA”…

Sudah-sudah…

Mending kau melawak saja lah.

jel….
kalo pahala waris bentuknya gimana???
masak dosa doang yg diwariskan!!!

Pahala waris tentu kebalikan dari dosa waris.
Kalau adam tidak berdosa,.. semua anak cucuknya jg tak berdosa (sampai anak cucu itu memutuskan untuk berbuat dosa)

@ jell
Lha…harta itu bisa menjerumuskan kepada perbuatan dosa..
Jadi begini pak !, kalau memang kata kamu dosa saya sudah di bayarin oleh pak yesus,lalu bagaimana dengan hutang saya kepada tetangga,apakah saya berdosa jika saya tidak membayarnya ?
Padahal saya terpaksa ngutang kepada tetangga, demi anak cucu saya buat jajan di sekolah ?
* traktir dong*

yaa hutang lagi sama tetangga yang lain buat bayar hutangmu pada tetangga itu.
gampang kan..?

cuman hutang duit kok mikirnya susah.

@ jell

Hu ha ha ha…!
Kamu memang pandai melawak.
Sembahanmu ternyata pandai melucu.
Sama seperti adam,akibat satu orang (gue),anak cucu gue harus menanggung hutang,“begitulah tetangga gue bilang”.
Bedanya, anak cucu gue ikut makan pohon pengetahuan di sekolah.

Bodoh benar ini anak.

“gue” bukan adam.

semoga mengerti.
Kalau tidak ya sudah lah.

@ Jell

Perbuatan siapa

Dia anak siapa

Walaupun si bapa tahu,dia/eva belum hamil… Sudah…
Perbuatan siapa
Dia anak siapa ?

@ jell
Kasusnya sama kok..!
Kamunya saja yang tolol.

disini aja jell

gimana sih kamu ini jell??
aku tanya dalilnya malah kamu suruh baca kisah adam.
sekarang tunjukin aja deh ayat yg mengatakan bahwa bayi itu bukan termasuk manusia yg punya dosa waris.
……TELAH MENJALAR KE SEMUA MANUSIA(KECUALI BAYI,TARZAN,DAN ORANG GILA.)
yg dalam kurung tambahan gue sendiri he he he

Kan sudah saya jelaskan di atas.
Dosa waris itu dosa akibat putusnya manusia dari sumber kehidupan (TuH@n)

Apakah waktu bayi lahir itu di surga atau bumi…?

ya udah intinya kamu ngga bisa nunjukin dalilnya.
kirain ada dalilnya ternyata kagak ada.
berarti…….

Itu cuma ASUMSI /Perkiraan/anggapan mu saja.

Kalau BACA benar2 semua tulisan di atas tentu akan terlihat kebenaranya.

apa ngga kebalik tuh jell?
justru yg menjelaskan bahwa bayi tidak punya dosa waris itu adalah asumsimu sendiri
buktinya kamu ngga bisa nunjukin dalilnya.
pantas jawabanmu ngga sama dh si firman gurumu itu.

Makanya baca dulu semua tulisan saya.

Di print..

Kemudian kalau kau naik bis, di kantor, merokok, atau sedang buang (maap) air…. … kau keluarkan tulisan saya, lalu baca pelan2..

nanti juga ngerti..

pelan-pelan saja.

wah wah…
masih ramai juga di sini…
saya udah ketinggalan sampai mana ya?:mrgreen:

Ha pak dokter.
Kita sudah sampai dengan pertanyaan muslim yg …aduh.. bodohnya.. minta ampun.. ha ha ha hah a

hai mas jel
mereka bukan bodoh, hanya saja belum tahu
kita harus maklum, bagaimana mereka bisa tahu kalau baca Alkitab saja tidak pernah, he he..

mungkin kalau pakai istilah Dosa Waris mereka agak keberatan/kesulitan.
bagaimana kalau istilahnya saya ganti biar lebih dipahami..

“semenjak Adam dan Hawa (nenek moyang manusia) jatuh ke dalam dosa (berbuat dosa untuk pertama kalinya), maka untuk selanjutnya semua keturunan Adam akan dilahirkan dengan Kecenderungan untuk Berbuat Dosa.”

Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23)

sampai di sini ada yang tidak setuju?:mrgreen:

@ mikhael

Yang bodoh itu kamu,bapa dan yesus serta para nabi terdahulu tidak pernah ngomongin dosa waris kok..!
Kamunya saja yang kegoblokan,bualan paulus buat agunan..

ya kalo yang diwarisken itu dosa ya siapa juga yang mau. Kalo ngasih warisan itu yang bagus : Bemo kek, sepeda kumbang, atau silverqueen juga masih mendingan bisa diemut.

Lovepassword,..
kadang komentar kau kok terasa bodoh yaa…

saya jadi bingung..

gimana kalau bicara lawan atheis..

pasti kau ditertawai terus..

makanya kalau baca tulisan dimaknai baik-baik..

ya kalo ada yang mau menertawaiku ya baguslah. Mau Ateis boleh, mau Teis boleh mau Mbak Is ya boleh. Suka-suka kalianlah . Ngomong2 kenapa malahan kamu yang lupa tertawa cah. …Mbok ya ketawa diikit , mesem gitu kan ya rada manis… ^_^.

Diberi tahu demi kebaikanmu kok terkesan ngga mau terima..
Ya udahh.

duh duh begitu besar cintamu pada guru TKmu cah..Daku sampai terharu …hik hiks….Mataku berkaca-kaca..hiks

katenye surga itu tempat yang bebas dari keinginan daging, kok adam sampe bisa tergelincir dosa

Sudahlah jack.. kau sudah ketahuan bolod, saya tak berniat bicara dengan kau.

urus saja muslimah teman seakidahmu itu yg di pancung di negara arab.

Negara arab memang biadab.

nggak berniat apa kagak mampu jell???

mosok cume segitu kemampuan sampeyan

lha emangnya kamu pernah baca Alkitab pak dokter ? Sering ya ? ^_^. Punya ayat favorit ?

sama jel….
kamu print tulisanku
trus dibca sblm bobo…..

ternyata pake email sembarangan ga bisa masuk ya???
he he he ngetes doang
kirain bebas kayak blognya mas edy…..

Testing.

@ jell

Maksa niye..!
Padahal dalm Alquran telah di jelasin,bahkan sebelum adam d ciptakanpun,Allah telah berkata kepada para malaikat, kalau Allah hendak menciptakan adam manusia pertama sebagai khalifa di bumi.
Lucuna sebegitu pentingnya kematian yesus bagi kresten,beritanya gak jelas dalam PL maupun PBnya si Markus,matius,lukas dan yohanes,kecuali si paulus.
Kalau tidak sedang membual,pastinya si paulus ingin di anggap ? …Oleh para si pembual.

Dalam Islam hanya satu saja kemungkinan adanya dosa waris.Yaitu seorang bapa yang mengajari anaknya berbuat dosa lalu ajaran bapa itu diikuti oleh si anak.Dalam hal ini si bapa telah mewariskan dosa kepada anaknya tadi.

Masakan sepanjang Nabi Adam tinggal di taman eden baginda tidak pernah berbuat kebaikan walau sekali.Pasti ada.Mengapa kebaikan itu tidak diwariskan sehingga kita semua menerima ‘pahala waris’?Mengapa yang diwariskan hanya dosa saja?

Kitab Kejadian 1: 26 – 29
26) Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
(27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
28) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
(29) Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

berdasarkan ayat-ayat ini, manusia ditakdirkan untuk hidup di bumi.

ada sedikit pertanyaan tentang dosa waris: apakah Bunda Maria juga menanggung dosa waris ini?

@jelasnggak menulis:
Roma 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.

Roma 5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

ini sih pidato Paulus. Adakah pidato Yesus tentang dosa waris?

YESUS MENGAJARKAN DOSA WARIS

Yoh. Dalam 3:6 Yesus berkata: “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.”

Paulus sangat mengerti ajaran Yesus Kristus mengenai sinful nature (tabiat dosa atau sifat kedagingan) manusia.

Adam telah menjadi manusia daging sepenuhnnya ketika dia berdosa. ketelanjangan dan rasa takut yg dialami olehnya adalah indikasi awal hilangannya KEMULIAAN Allah dalam dirinya.

seperti yg dikatakan oleh Yesus Kristus,
apa yg dilahirkan dari sifat daging/flesh adalah daging/flesh.
sifat daging yg identik dengan tabiat dosa akan melahirkan juga tabiat dosa.

Kain dapat membunuh Habil, itu karena dorongan tabiat dosa dalam hatinya sendiri. dan kejahatan ditimbulkan dari dalam hati seseorang dan Iblis lah yg mencobai manusia.

Allah adalah sempurna, dan segala ciptaan-Nya adalah baik.
kejahatan dan dosa berasal dari sikap hati yang meninggikan diri dan menolak kasih karunia Allah.

Alkitab secara konsisten menyatakan bahwa semua manusia sejak dari dalam kandungan telah kehilangan kemuliaan Allah dan hatinya telah menjauh dari Allah.

by fajar yehuda

di sini dibahas kekonyolan DOSA WARIS …. kristen haris tahu !!!

http://xucinxgaronx.wordpress.com/2011/12/09/dosa-waris-gara-gara-bujukan-ular/

ANUGERAH KESELAMATAN DARI ALLAH kepada Manusia Adalah Dogma atau JUSTRU INISIATIP ADIL DARI ALLAH?

MISSI utama yang dilakukan IBLIS melalui ajaran agama Islam sesudah ALLAH menyelesaikan penebusan/penyelamatan manusia dari Kutuk Maut ALLAH adalah menggaungkan DUSTA bahwa kelepasan/keselamatan dari kutuk maut Allah yang diberikan ALLAH kepada mansia adalah sebagai Dogma.

Ajaran Umat Islam menjadi ALAT UTAMA IBLIS melakukan penyangkalan pengorbanan Allah kepada manusia.Padahal DASAR untuk HARUS adanya pengorbanan ALLAH adalah karena tidak seorang makhluk pun mampu membebaskan diri manusia dari KUTUKAN Maut ALLAH yang ditularkan IBLIS kepada manusia.

Apakah itu KUTUKAN MAUT ALLAH ?

KUTUKAN MAUT ALLAH adalah : Sebuah KUTUKAN yang diperuntukkan ALLAH kepada IBLIS Sebagai Hukuman untuk BINASA KEKAL dineraka akibat pemberontakan IBLIS!!.

Kutuk Maut ALLAH timbul bukanlah karena DOSA PRIBADI manusia.Melainkan hasil dari Murka ALLAH yang menghukum IBLIS untuk BINASA dineraka!

A.Kitab Matius 25 : 41

25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Perhatikan :

** Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk,

** enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

*******************************
Ayat ini menjelaskan posisi manusia seperti ini TETAP dikategorikan sebagai manusia yang masih TERKUTUK sebagaimana IBLIS TETAP TERKUTUK!!,

Karena manusia seperti ini merasa tidak pernah TERTULAR KUTUKAN MAUT ALLAH dari IBLIS!!Manusia seperti ini merasa tidak perlu dibebaskan dari Kutukan Maut tersebut karena dirinya merasa tidak mungkin menerima dosa warisan dari ADAM.

Padahal KUTUKAN MAUT ALLAH adalah KEBINASAAN KEKAL bagi IBLIS.Dan makhluk mana saja yang terbukti pernah bersekutu dengan IBLIS itu PASTI akan TERTULAR KUTUKAN MAUT tersebut.Ini adalah PERSOLAN KUTUKAN MAUT yang ditularkan IBLIS kepada manusia.Ini bukan soal DOSA pribadi Adam.Allah JELAS lebih tahu apa AKIBAT KUTUKAN MAUTNya kepada IBLIS dan yang akhirnya juga menular kepada manusia!!.
******************************

B.QS 15 Al Hijr

34. Allah berfirman: “Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk,

35. dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat.”

**********************************

Dalam Sura ini dipastikan adanya KUTUKAN MAUT kepada IBLIS.Kutukan Maut itu kekal dan punya kuasa mengikat sampai hari kiamat.Kutukan ini bukan sekedar ucapan gertakan.Melainkan sebuah hukuman kepastian kebinasaan Kekal yang akan diterima IBLIS.

**************************************

B. QS 7 Al A’raaf

18. Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.”

*****************************************

Dalam Sura ini dipastikan juga adanya “Hukuman Kutukan untuk Binasa dineraka “bagi siapa pun yang terbukti mengikuti IBLIS.Sekalipun yang TERKUTUK adalah IBLIS,,…namun barang siapa yang bersekutu dengan IBLIS pada jaman Adam,maka semua mahkluk yang mengikuti IBLIS tersebut juga akan menerima atau WAJIB TERKENA KUTUKAN MAUT ALLAH.( Tertular KUTUKAN MAUT )

QS 20 20. Thaahaa

115. Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan[947] kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat.

***********************************

Manusia (Adam) terbukti mengikuti IBLIS.Manusia (Adam) pun TERTULAR KUTUK MAUT ALLAH.Manusia dan KETURUNAN nya menjadi GOLONGAN yang PASTI MASUK NERAKA bersama IBLIS!

***********************************
C.QS 19 19. Maryam

68. Demi Tuhanmu, sesungguhnya akan kami bangkitkan mereka bersama syaitan, kemudian akan kami datangkan mereka ke sekeliling Jahannam dengan berlutut.

71. Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

Jadi KEPASTIAN KEBINASAAN GOLONGAN MANUSIA DINERAKA AKIBAT TERTULAR KUTUK MAUT ALLAH SUDAH TIDAK TERBANTAHKAN Lagi!

*********************************

Apakah Allah tidak Dapat MEMBEBASKAN MANUSIA DARI KUTUKAN MAUT dengan Memberikan Pengampunan kepada manusia?

Tentu saja Allah bisa melakukan itu hanya dengan Ucapan atau hanya dengan berfirman.!!

>>>>Tetapi perlu diingat bahwa:…………

QS 95. At Tiin

8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Kalau Allah membebaskan manusia dari KEPASTIAN UNTUK BINASA Di NERAKA hanya melalui ucapan,maka WAJIB pula hal yang sama dilakukan kepada IBLIS.Maka WAJIB pula IBLIS dibebaskan dari KUTUKAN MAUT ALLAH untuk BINASA di NERAKA!

Tetapi Allah Abraham bukanlah ALLAH Plintat Plintut.

Sekali ALLAH Abraham Ishak dan Yakub berfirman,maka FirmanNya tidak akan Ditarik KEMBALI.Hukuman Allah harus DITEGAKKAN demi Kemuliaan ALLAH sendiri!

Jadi MANUSIA dan IBLIS WAJIB MENERIMA KEBINASAAN DINERAKA!

Apakah ada manusia yang akan mampu melepaskan dirinya dari IKATAN KUTUKAN MAUT Allah UNTUK BINASA di NERAKA..????

Tak SEORANG Makhluk pun mampu membebaskan dirinya terhadap sesuatu yang sudah ditetapkan Allah dalam keputusan HukumNya.Putusan Hukum sudah dengan jelas ditetapkan dari semula.SEMUA WAJIB BINASA bagi Makhluk yang SUDAH TERKENA KUTUKAN MAUT ALLAH.

** QS 7 Al A’raaf

18. Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.”

Perhatikan :

**Barang siapa diantara mereka mengikuti kamu ( IBLIS Yang Sudah TERKUTUK dan WAJIB BINASA Dineraka )

** benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.”( sebuah KEPASTIAN )

**Sebab yang mengikuti IBLIS ….PASTI akan TERTULAR KUTUK MAUT Allah !Karena KUTUKAN MAUT yang sudah menimpa IBLIS inilah makanya ALLAH sudah mewanti wanti ADAM karena Allah tidak menginginkan Kewbinasaan ADAM!!!Makanya kemudian dipastikan kalau akibat perbuatan manusia yang mengikuti IBLIS maka manusia WAJIB BINASA!

** Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.( QS 19 19. Maryam : 71 )

Seiring Waktu yang SINGKAT dalam TAKARAN WAKTUnya Allah,maka manusia dan keturunannya sedang berjalan beriringan bersama IBLIS untuk menuju NERAKA.

MANUSIA WAJIB BERTANGGUNGJAWAB bersama IBLIS untuk menerima HUKUMAN Kematian kekal yaitu BINASA dineraka!

Kalau ALLAH membiarkan Kebinasaan manusia ,maka tidak akan ada lagi manusia yang SELAMAT.

Tidak akan ada manusia yang mampu menyelamatkan Diri dari Hukuman Kutukan ALLAH!

Hukum ALLAH harus TEGAK!!!!!!!

Makhluk yang sudah TERKUTUK dan Yang TERTULAR KUTUKAN Maut Allah WAJIB MATI BINASA!

Bukan sekedar Mati makhluk biasa.!! Tetapi sudah Dipastikan semua akan Masuk Neraka!

Apakah KUTUKAN MAUT ALLAH YANG MENULARI SEMUA MANUSIA MERUPAKAN DOSA WARISAN Dari ADAM ?

Ada kekeliruan pemahaman yang dilakukan manusia ketika beralibi,bahwa dosa ditanggung masing masing pihak.Dan tidak ada Dosa warisan kepada keturunan manusia!

Ya…….Hal itu memang Benar!

Tetapi perlu anda menyadari kalau KUTUKAN MAUT Allah tidak sama dengan Dosa warisan!

**Ada perbedaan POSISI Kedudukan Akar DOSA PRIBADI MANUSIA dengan Kedudukan AKAR KUTUKAN MAUT ALLAH kepada IBLIS.!!

Kedudukan akar dosa manusia akibat perbuatan jahatnya berada didalam diri masing masing manusia.Dan allah TIDAK pernah mengutuk manusia.Allah bisa mengampuni manusia dan menghapuskan semua kesalahan manusia!

Tetapi kedudukan “ AKAR KUTUKAN MAUT ALLAH“ berada didalam diri IBLIS.Karena IBLIS adalah satu satunya makhluk yang dikutuk Allah dengan sumpah murkaNya.IBLIS sudah ditetapkan Allah untuk BINASA dineraka.Dan Allah Abraham Ishak dan Yakub tidak akan merubah itu!

>>>>>>>>>>>>>>Sudah DITETAPKAN!!<<<<<<<<<<<<<<>KETETAPAN dari Allah untuk manusia atas pelanggaran Perintah hukumNya adalah :<>>>>>>>>>>>>>>>>>>

IBLIS tidak menyukai INISIATIP Allah yang menggantikan posisi manusia untuk menerima KUTUKAN MAUT ALLAH.Tetapi IBLIS tidak punya celah untuk mendakwa Allah Abraham Ishak dan Yakub sebagai Allah yang TIDAK ADIL.!!

Karena Allah justru memberikan pertaruhan yang lebih besar…yaitu,KemuliaanNya sendiri sebagai ALLAH Yang Maha Kuasa yang RELA menanggung KUTUKAN MautNya sendiri dan RELA menjalani KEHINAAN manusia demi keselamatan manusia dari Kebinasaan dineraka!

IBLIS tidak suka pembelaan Allah terhadap manusia,karena iblis akan merasa sendirian menanggung hukuman maut Allah diNERAKA!

>>>>Karena itulah :………….<<<<<<<<<<>>>>>>JELAS SEMUA FAKTANYA???<<<<<<<<

Pelanggaran Adam menyebabkan dia berpindah dari KEHIDUPAN kepada KEMATIAN dan KUTUK.

Beberapa kosekuensi dari 1 pelanggaran Adam:
1. Dia menjadi manusia yg fana.
2. Hidup dalam kutuk dan penderitaan.
3. Secara otomatis menjadi musuh Allah.
4. Kehilangan kemuliaan Allah.
5. Mengalami kematian Rohani.
6. Menjadi budak Iblis.

Adam yang memiliki kehidupan, berkat-berkat dan persekutuan dengan Allah di taman Eden MENJADI Adam yang kehilangan segalanya dan hidup dalam keterasingan. Dalam keadaan yg telah jatuh maka secara otomatis semua keturunan Adam adalah manusia yg hidup dlm keadaan yg sama seperti Adam yg telah berdosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yang nggak Seneng Poligami :

  • 198,551 orang
%d bloggers like this: